Adakah Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan?

Jamu menjadi salah satu minuman tradisional yang berasal dipercaya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Hal ini lantaran tanaman herbal yang digunakan sebagai komposisi jamu. Salah satu jamu yang dikenal memiliki sejumlah manfaat adalah beras kencur. Namun, adakah manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan?

Kandungan Beras kencur

Kebiasaan mengonsumsi jamu bukan hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal ini menjadi pilihan asupan bagi untuk kesehatan tubuh.

Salah satu ramuan jamu tradisional yang dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan karena bahan-bahan herbal yang digunakan. Seperti namanya, minuman jamu ini terbuat dari bahan beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pandan. Kandungan dari bahan-bahan yang digunakan memiliki khasiat bagi tubuh.

Kandungan dalam beras kencur terdiri dari:

Antioksidan

Minuman yang terbuat dari beras dan kencur ini memiliki antioksidan yang tinggi. Di dalam beras kencur terkandung komponen bioaktif yang memiliki senyawa fenolik.

Senyawa fenolik ini dapat membantu mencegah penyerapan glukosa pada tubuh di saluran pencernaan sekaligus mencegah penyerapannya di ginjal.

Selain itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan toleransi terhadap glukosa dan mencegahnya melakukan pembentukan glukosa baru.

Antioksidan dipercaya bisa mencegah radikal bebas. Hal ini pula yang dapat membantu mencegah kerusakan pankreas dari efek radikal bebas tersebut.

Flavonoid

Selain antioksidan, ramuan tradisional ini memiliki kandungan flavonoid, seperti kaempferol dan apigenin yang bermanfaat untuk meningkatkan sekresi hormon insulin. Selain itu, kedua bahan utamanya, beras dan kencur mengandung senyawa polifenol sebagai antioksidan.

Senyawa ini dapat mengurangi kerusakan pada sel-sel jaringan tubuh dengan mengikat radikal bebas dan juga mengurangi stres oksidatif.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Seperti yang diketahui, kandungan yang terdapat dalam ramuan ini membuat jamu beras kencur memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan. Tidak hanya dikonsumsi bagi orang dewasa, minuman ini bahkan bisa dikonsumsi oleh anak-anak.

Berikut sejumlah manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan.

1. Meredakan diare

Salah satu manfaat jamu beras kencur untuk wanita dan manfaat jamu beras kencur untuk laki-laki adalah dapat meredakan diare. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Pharmacy Pharmaceutical Sciences.

Dalam jurnal tersebut, mengungkapkan jika kandungan zat sitotoksik dan antibakteri pada kencur bisa meredakan gejala diare. Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti Bangladesh pada hewan ini menunjukkan jika gejala diare pada hewan berangsur membaik setelah diberikan ekstrak kencur.

Sementara itu, kelompok hewan lainnya yang tidak diberikan ekstrak kencur mengalami gejala diare berkepanjangan. Namun, sayangnya penelitian masih dalam jumlah skala kecil pada hewan saja. Belum ada penelitian ilmiah yang dilakukan terhadap manusia.

2. Menjaga gula darah

Manfaat lainnya yang dimiliki jamu beras kencur adalah dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap normal. Hal ini dibuktikan dalam studi yang dilakukan oleh peneliti Universitas Tanjungpura.

Studi yang dilakukan pada kelompok hewan tikus tersebut menunjukkan tikus yang diberikan ekstrak jamu beras kencur berhasil menurunkan kadar gula darah. Namun, penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil terhadap hewan. Diperlukan penelitian lebih dalam mengenai manfaat ini kepada manusia.

3. Meningkatkan nafsu makan

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, tidak ada salahnya mengonsumsi jamu beras kencur untuk meningkatkan kembali nafsu makan Anda. Manfaat lain jamu beras kencur ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Universitas Brawijaya, jamu yang terbuat dari beras dan kencur ini memiliki khasiat yang baik dalam meningkatkan nafsu makan.

4. Meredakan batuk

Mengonsumsi ramuan beras kencur dipercaya dapat meredakan batuk berdahak. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Biotropika: Journal of Tropical Biology, mengungkapkan manfaat beras kencur selain meningkatkan nafsu makan yakni dapat meredakan gejala batuk. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

manfaat kencur untuk kesehatan

Apakah Ada Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan?

Menggunakan bahan herbal yang memiliki sejumlah kandungan nutrisi membuat ramuan beras kencur digemari oleh berbagai kalangan. Tidak sedikit bagi pria dan wanita yang tengah menjalani program hamil mengonsumsi beras kencur agar cepat hamil.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada rimpang kencur memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Hal ini juga yang memengaruhi sirkulasi darah menjadi lancar dan kondisi tubuh berfungsi secara optimal.

Selain itu, kandungan antioksidan juga dapat mencegah stres oksidatif yang bisa menyebabkan pasangan susah hamil.

Sayangnya, belum ada bukti ilmiah secara medis mengenai manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan tersebut. Meski dalam ramuan beras kencur terdapat kandungan antioksidan yang tinggi tetapi belum ada penelitian yang membuktikan secara spesifik mengenai manfaat tersebut dan juga efek sampingnya.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Jika Anda ingin mengonsumsi jamu beras kencur caranya cukup mudah. Pasalnya, jamu beras kencur dapat ditemukan dengan mudahnya pada penjual jamu keliling. Tidak hanya itu, seiring perkembangan teknologi, jamu beras kencur bahkan dijual di supermarket, baik dalam kemasan tinggal seduh maupun kemasan siap minum.

Namun, jika Anda ingin membuat sendiri ramuan tradisional tersebut di rumah, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Bahan-bahan:

  • 200 gram beras putih
  • 1 buah rimpang kencur
  • 1 buah jahe ukuran sedang
  • 300 gram gula jawa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdm asam jawa
  • Air matang secukupnya

Cara membuat:

  • Cuci beras hingga bersih dan merendamnya selama 3 jam.
  • Cuci bersih bahan-bahan lainnya, seperti kencur, jahe, dan daun pandan.
  • Masukkan beras yang telah direndam, kencur, jahe, daun pandan, gula jawa, dan asam jawa ke dalam air. Kemudian rebus hingga mendidih. Pastikan semua bahan matang.
  • Saring air rebusan tersebut. Pisahkan dari bahan-bahan tadi.
  • Tumbuk atau blender ampas dari ramuan tersebut. Kemudian saring dan peras hingga keluar airnya.
  • Ramuan beras kencur siap disajikan.

Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan hangat maupun dingin.

Kesimpulan

Ramuan jamu tradisional beras kencur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat mencegah stres oksidatif yang bisa menjadi penyebab pasangan susah hamil. Sayangnya, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan secara medis manfaat beras kencur untuk kesuburan.

Jika Anda ingin mengonsumsi beras kencur untuk kesehatan disarankan agar tidak mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, jika Anda ingin mengonsumsi dalam bentuk kemasan yang terjual di toko-toko, pastikan tidak ada kandungan obat atau bahan kimia lainnya.

Jangan lupa untuk melakukan beberapa cara agar cepat hamil, seperti:

  • Istirahat yang cukup.
  • Kelola stres.
  • Mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah.
  • Olahraga secara teratur.
  • Hindari mengonsumi alkohol dan merokok.
  • Berhubungan secara rutin tanpa alat kontrasepsi.

Setelah membaca sejumlah uraian di atas, selain konsumsi jamu beras kencur, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat ya Ayah Bunda agar impian untuk cepat hamil segera tercapai.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Latifah, Nur Jannatul. Uji Aktivitas Jamu Gendong Beras Kencur (Oryza Sativa L.; Kaempferia Galanga L.) Sebagai Antidiabetes pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Streptozotocin.
  2. Shetu, Hosne Jahan; Trisha, Kaniz Taskina; Sikta, Shishir Ahmed. Pharmacological importance of Kaempferia galanga (Zingiberaceae): A mini review. May 2018. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences 3(3):32-39. 
  3. Wulandari, Rahmy Ayu; Azrianingsih, Rodiyati. Etnobotani Jamu Gendong Berdasarkan Persepsi Produsen Jamu Gendong di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Jurnal Biotropika | Vol. 2 No. 4 | 2014. 
  4. Kiptiyah, Sakina Yeti; Harmayani, Eni; Santoso, Umar. Study of Microbiological Quality and Antioxidant Activity Beras KencurDrink with Heating Process. Indonesian Food and Nutrition Progress, 2017, Vol. 14, Issue 2.
  5. Preetha, Thankappan Suvarna; Hemanthakumar, Achuthan Sudarsanan; Krishnan, Peringatulli Narayanan. A comprehensive review of Kaempferia galanga L. (Zingiberaceae): A high sought medicinal plant in Tropical Asia. Journal of Medicinal Plants Studies 2016; 4(3): 270-276.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi