Apakah Payudara Kecil Mempengaruhi Kesuburan? Mitos atau Fakta?

apakah payudara kecil mempengaruhi kesuburan_

Umumnya, payudara setiap wanita berbeda, baik ukuran maupun bentuknya. Pada beberapa kasus, banyak wanita yang merasa tidak percaya diri mengenai ukuran payudara miliknya. Padahal, ukuran dan bentuk payudara tidak akan memengaruhi fungsinya. Jika banyak yang beranggapan ukuran payudara besar sebagai tolak ukur kesuburan. Lantas, apakah payudara kecil mempengaruhi kesuburan?

Fakta Ukuran Payudara Kecil

Wanita akan mengalami pertumbuhan payudara pada saat memasuki masa pubertas. Hal ini merupakan bentuk alami tubuh dalam memproduksi hormon estrogen sehingga memengaruhi lemak pada jaringan ikat di payudara sehingga membuat ukuran payudara membesar.

Meski mengalami pertumbuhan selama masa pubertas, bukan berarti setiap wanita memiliki ukuran payudara yang sama. Ada yang memiliki ukuran besar, ada pula yang memiliki ukuran payudara kecil.

Memiliki ukuran payudara kecil maupun besar termasuk ke dalam kategori payudara normal sehingga payudara kecil tidak selalu menandakan sebuah kondisi medis tertentu.

Apakah Payudara Kecil Mempengaruhi Kesuburan?

Mengenai anggapan masyarakat mengenai apakah payudara kecil mempengaruhi kesuburan tentu hanya mitos belaka. Pasalnya, ukuran payudara baik besar maupun kecil tidak akan berpengaruh pada kondisi kesuburan. Hingga kini belum adanya penelitian lebih lanjut mengenai kondisi tersebut.

Hal yang memengaruhi kondisi kesuburan adalah wanita yang memiliki tubuh terlalu kurus. Hal ini menandakan jika tubuh kurus memiliki indeks massa tubuh (IMT) di bawah normal. Kondisi ini yang menyebabkan wanita bertubuh kurus memiliki risiko masalah kesuburan yang tinggi. Hal ini pula yang memengaruhi ketidakseimbangan hormon.

Meski wanita kurus identik memiliki ukuran payudara yang kecil namun bukan berarti payudara kecil menyebabkan seorang wanita menjadi sulit memiliki keturunan.

Apa Penyebab Ukuran Payudara Kecil?

Ukuran payudara kecil tidak selalu menandakan kondisi medis tertentu. Pasalnya, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi seorang wanita memiliki ukuran payudara kecil. Meski begitu, berbagai ukuran payudara baik kecil maupun besar adalah kategori normal.

Berikut beberapa penyebab ukuran payudara kecil.

Berat badan rendah

Salah satu penyebab payudara kecil adalah berat badan seorang wanita berada di bawah ideal. Wanita yang memiliki berat badan di bawah normal menyebabkan tubuhnya kurus, hal ini pula yang menjadi pemicu ukuran payudara seorang wanita kecil.

Terdapat beberapa jaringan, seperti jaringan pendukung, saluran susu, kelenjar, dan lemak pada payudara. Jika payudara terbentuk lebih banyak oleh lemak maka hal ini dapat memengaruhi ukuran payudara tersebut terutama jika Anda mengalami penurunan berat badan.

Faktor genetik

Jika Anda memiliki ukuran payudara yang kecil, hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki payudara kecil maka hal ini juga bisa terjadi pada Anda.

Hipoplasia payudara

Salah satu penyebab ukuran payudara Anda kecil adalah hipoplasia payudara. Hypoplasia payudara adalah kondisi di mana jaringan payudara terhambat sehingga tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Pada kondisi ini, payudara kekurangan kelenjar sehingga menyebabkan payudara berbentuk tabung serta berukuran kecil.

Wanita yang mengalami hipoplasia payudara tidak perlu khawatir karena hal ini tidak memengaruhi kondisi kesuburan. Hanya saja bisa menyebabkan seorang wanita sulit menghasilkan ASI atau bahkan tidak bisa sama sekali.

ukuran payudara wanita

Ciri-Ciri Masalah Kesuburan

Jika Anda khawatir dengan masalah kesuburan maka hal ini bukan disebabkan ukuran payudara kecil. Anda perlu mengetahui beberapa ciri-ciri yang menandakan masalah kesuburan. Berikut tanda-tanda gangguan kesuburan yang perlu Anda pahami.

Siklus menstruasi tidak teratur

Siklus menstruasi setiap wanita umumnya berbeda. Jika Anda mengalami siklus menstruasi tidak teratur, hal ini patut dicurigai. Pasalnya, siklus haid tidak normal bisa menjadi salah satu ciri masalah kesuburan. Hal ini lantaran adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Anda perlu curiga jika menstruasi berlangsung pada kurang dari 21 hari atau lebih dari 38 hari.

Nyeri haid

Nyeri haid biasanya berlangsung pada beberapa hari pertama menstruasi. Namun, jika Anda mengalami nyeri haid menstruasi berlebihan hingga mengganggu aktivitas Anda maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan.

Terlebih jika nyeri haid disertai dengan volume darah haid yang berlebihan serta periode yang lebih lama dari biasanya. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus makan Anda dapat segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Nyeri pada saat melakukan hubungan seks

Jika Anda merasakan nyeri pada saat melakukan hubungan intim dengan pasangan bisa jadi ini salah satu ciri masalah kesuburan. Hal ini lantaran bisa disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti endometriosis, infeksi, atau fibroid rahim.

Memiliki kondisi penyakit tertentu

Masalah kesuburan bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu, seperti: endometriosis, tiroid, sindrom ovarium polikistik (PCOS), polip, atau miom.

Tidak kunjung hamil selama 1 tahun

Jika Anda telah menikah dan belum juga hamil padahal telah melakukan hubungan tanpa alat kontrasepsi selama 1 tahun ini adalah masalah infertilitas. Terlebih jika usia Anda dan pasangan telah menginjak usia lebih  dari 35 tahun di mana kualitas sel telur akan menurun seiring pertambahan usia.

Kesimpulan

Ukuran payudara kecil yang dikaitkan dengan masalah kesuburan adalah hanya mitos belaka. Pasalnya, tidak ada penelitian ilmiah mengenai ukuran payudara wanita dengan masalah fertilitas. Ukuran payudara yang kecil disebabkan oleh beberapa faktor genetik, berat badan, hingga hipoplasia payudara.

Namun, jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri di atas, hal tersebut patut dicurigai lantaran bisa menjadi masalah kesuburan bagi sistem reproduksi Anda.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Eriksson, Nicholas; Benton, Geoffrey M; Do, Chuong B. Genetic variants associated with breast size also influence breast cancer risk. BMC Medical Genetics volume 13, Article number: 53 (2012). 
  2. Jasieńska, Grazyna; Ziomkiewicz, Anna; Ellison, Peter T. Large breasts and narrow waists indicate high reproductive potential in women. Proc Biol Sci. 2004 Jun 22; 271(1545): 1213–1217. 
  3. Bulletti, Carlo; Coccia, Maria Elisabetta; Battistoni, Silvia. Endometriosis and infertility. J Assist Reprod Genet. 2010 Aug; 27(8): 441–447. 
  4. Walker, Matthew H; Tobler, Kyle J. Female Infertility. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime