Manfaat Kelapa Ijo untuk Kesuburan

manfaat-kelapa-ijo-untuk-kesuburan

Kelapa ijo memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisinya. Mengkonsumsi air kelapa hijau dapat membantu mengatasi dehidrasi. Kelapa hijau memiliki karakteristik yang khas, yakni dagingnya lebih sedikit dibandingkan kelapa matang.

Meski begitu, air kelapa hijau paling banyak dicari untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan. berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada kelapa hijau ini.

Kandungan Air Kelapa Hijau

Berikut kandungan nutrisi per 100 milimeter (ml) yang terdapat pada air kelapa hijau

  • Kalori: 18 Kal
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Zat besi: 2 persen dari AKG
  • Tembaga: 2 persen dari AKG
  • Magnesium: 6 persen dari AKG
  • Fosfor: 2 persen dari AKG
  • Kalium: 7 persen dari AKG
  • Natrium: 4 persen dari AKG.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Kandungan mineral penting di dalam air kelapa hijau membuat buah ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

  • Mencegah dehidrasi

Salah satu manfaat air kelapa hijau adalah dapat mencegah dehidrasi. Hal ini karena air kelapa hijau mengandung gula dan zat elektrolit yang setara dengan larutan rehidrasi oral (oralit) yang membuat minuman ini bisa mengatasi diare untuk mengganti cairan yang hilang.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 8 peserta bersepeda, mengkonsumsi air kelapa dapat membantu peserta berolahraga lebih lama meski dalam kondisi panas. 

Dalam penelitian ini juga menyebutkan jika peserta hanya sedikit mengalami dehidrasi dibandingkan dengan peserta lainnya yang mengonsumsi air putih maupun minuman olahraga lainnya.

  • Mengatasi peradangan

Kandungan fenolik pada kelapa hijau dapat membantu meredakan peradangan. Fenolik merupakan antioksidan yang dipercaya dapat mengatasi kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh serta mampu mengatasi peradangan.

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin dan mikronutrien, seperti zinc, mangan, selenium, dan tembaga yang dapat membantu meningkatkan sistem antioksidan alami pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi air kelapa hijau dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini lantaran air kelapa dapat membantu mengatasi sindrom metabolic, yakni kondisi yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tanda-tanda sistem metabolik, seperti kadar gula darah meningkat, tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL) rendah, trigliserida, dan berlebihannya lemak pada perut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, menguji hewan yang menderita sindrom metabolik akibat banyak mengkonsumsi fruktosa, penurunan tekanan darah, kadar gula yang rendah, serta memiliki kadar insulin tinggi.

Setelah mengkonsumsi air kelapa selama 3 minggu, para peneliti menemukan tingginya aktivitas pada tubuh hewan tersebut. Sifat antioksidan inilah yang dapat membantu tubuh menjaga pembuluh darah dan kerusakan oksidatif.

  • Mengontrol tekanan gula darah

Air kelapa hijau juga dapat memberikan manfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medicinal Food, melakukan uji coba terhadap tikus yang mengalami diabetes.

Baca Juga : Manfaat buah kiwi untuk promil

Hasil penelitian menunjukkan jika tikus yang minum air kelapa mengalami penurunan kadar gula darah secara keseluruhan.

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih mendalam terhadap untuk manusia untuk membuktikan manfaat mengkonsumsi air kelapa hijau tersebut.

  • Membantu mengurangi tanda penuaan dini pada kulit

Air kelapa hijau juga dapat diaplikasikan langsung ke kulit untuk meningkatkan kelembaban kulit. Sebuah jurnal yang diterbitkan Journal of Biochemistry Research & Review mengungkapkan jika air kelapa dapat mencegah kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas pada objek penelitian yang digunakan, yakni tikus.

Sama seperti manfaat lain, belum ada penelitian mendalam terhadap manusia mengenai manfaat tersebut.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesuburan

Tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi air kelapa hijau dipercaya dapat mengatasi gangguan kesuburan yang dialami wanita maupun pria. Meski begitu, hingga kini penelitian yang dilakukan masih sebatas pada hewan.

Berikut beberapa manfaat air kelapa hijau bagi kesuburan:

  • Meningkatkan kualitas air mani

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap kelinci menyebutkan jika air kelapa dapat meningkatkan kualitas air mani.

Hasil penelitian menunjukkan jika air kelapa mampu mengencerkan air mani pada kelinci yang efektif untuk melakukan inseminasi buatan di peternakan.

Baca Juga : Cara meningkatkan kualitas sperma

Hingga kini belum ada penelitian medis yang menunjukkan manfaat ini untuk pria. Penelitian masih sebatas pada hewan sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

  • Meningkatkan jumlah dan motilitas pada sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asian Journal of Pregnancy and Childbirth menunjukkan jika jumlah dan motilitas sperma dapat meningkat jika mengkonsumsi kelapa hijau.

Penelitian dilakukan pada 30 ekor tikus wistar jantan. Tikus-tikus tersebut diberi air kelapa hijau selama lebih dari 10 hari. Hasil penelitian mengungkapkan jika air kelapa hijau dapat meningkatkan jumlah serta pergerakan sperma pada tikus.

Namun penelitian ini baru dilakukan pada tikus bukan terhadap manusia sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut.

  • Meningkatkan kadar testosteron

Penelitian lain yang juga dilakukan pada tikus menyatakan bahwa air kala dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dan kualitas air mani pada tikus wistar jantan.

Tidak hanya itu, air kelapa juga disebut memiliki zat yang mirip dengan hormon estrogen, salah satu hormone reproduksi pada wanita sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi kesuburan.

Lagi-lagi perlu diingat jika penelitian ini masih dilakukan sebatas pada hewan saja sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

Meningkatkan kesuburan tidak hanya didapatkan dari air kelapa hijau saja namun harus didukung dengan asupan makanan lainnya seperti sayuran, buah-buahan, hingga vitamin penunjang.

cheer

Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan, kami memiliki layanan untuk pemeriksaan Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda.

Meningkatkan kesuburan tidak hanya dari air kelapa hijau namun Anda juga harus melengkapinya dengan asupan nutrisi lain. Segera periksakan kesuburan Anda!

  • Pinto, I. F. D., et al. (2015). Study of Antiglycation, Hypoglycemic, and Nephroprotective Activities of the Green Dwarf Variety Coconut Water (Cocos nucifera L.) in Alloxan-Induced Diabetic Rats. J Med Food. 2015 Jul;18(7):802-9.
  • Agbafor, K. N., et al. (2015). Antioxidant Property and Cardiovascular Effects of Coconut (Cocos nucifera) Water. International Journal of Biochemistry Research & Review 5(4):259-263.
  • Bhagya, D., Prema, L., Rajamohan, L. (2012). Therapeutic effects of tender coconut water on oxidative stress in fructose fed insulin resistant hypertensive rats. Asian Pac J Trop Med. 2012 Apr;5(4):270-6.
  • Laitano, O., et al. (2014). Improved exercise capacity in the heat followed by coconut water consumption. Motriz: rev. educ. fis. 20 (01), Jan-Mar 2014.
  • Airaodion, A. I., et al. (2020). Consumption of Coconut (Cocos nucifera L.) Water Improved Fertility Parameters in Male Wistar Rats. Asian Journal of Pregnancy and Childbirth, Page 1-7.
  • Kunle-Alabi, O., et al. (2015). Effects of Coconut Water on Reproductive Functions in Danazol Treated Wistar Rats. The FASEB JournalVolume 29, Issue S1 685.1.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?