Manfaat Buah Zuriat untuk Promil, Mitos Atau Fakta?

manfaat buah zuriat untuk promil

Ada banyak hal yang dilakukan pasangan suami istri agar program hamil yang direncanakan berhasil. Tidak jarang, banyak pasangan yang mencoba cara alami dengan mengonsumsi buah zuriat agar cepat hamil. Namun, apakah manfaat buah zuriat untuk promil fakta atau mitos?

Kandungan Buah Zuriat

Buah zuriat atau juga yang dikenal sebagai buah doum memiliki nama latin Hyphaene thebaica ini merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah berwarna cokelat ini memiliki rasa dan aroma yang khas.

Di Indonesia sendiri, buah zuriat dipercaya sebagai salah satu buah yang bisa membantu pasangan agar cepat memiliki keturunan. Namun, apakah mengonsumsi buah zuriat dapat memengaruhi kesuburan?

Meski begitu, terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral pada buah ini, seperti:

  • Vitamin B kompleks (Vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan B12)
  • Kalium
  • Natrium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor

Selain itu, buah zuriat juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan. Buah ini juga mengandung senyawa fenolik dan flavonoid dalam jumlah besar, yaitu senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan antibakteri yang signifikan.

Buah zuriat merupakan sumber asam amino esensial seperti fenilalanin, leusin, valin, dan isoleusin. Kandungan asam amino paling banyak terdapat pada daging buah.

Manfaat Buah Zuriat

Kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah pada buah zuriat membuat buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Penduduk Mesir mengolah buah zuriat sebagai minuman tradisional yang baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan The Internet Journal of Alternative Medicine menunjukkan jika buah zuriat memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling umum. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah serius jika tidak ditangani dengan baik.

Kandungan serat yang tinggi pada buah zuriat membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan antioksidannya dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sehingga meminimalisir risiko hipertensi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah zuriat adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Sifatnya yang bisa menurunkan lemak, buah zuriat bisa mengatasi hipertensi, kolesterol, dan glukosa dara sehingga dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung.

3. Mencegah diabetes

Memiliki kandungan serat yang tinggi, buah zuriat juga dapat mencegah penyakit diabetes. Selain menurunkan tekanan darah, buah doum ini juga membantu mengatasi kadar gula darah yang mana bisa mencegah komplikasi akibat diabetes, seperti diabetes nefropati, yakni penyakit ginjal akibat kontrol gula darah yang buruk pada diabetes tipe 1 dan 2.

4. Mengatasi peradangan

Salah satu manfaat lainnya dari buah zuriat adalah dapat mengatasi peradangan. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam daging buah. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perkembangan yang signifikan pada kondisi irritable bowel syndrome setelah pengobatan dengan ekstrak buah zuriat.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Buah zuriat juga memiliki manfaat untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Kandungan vitamin B kompleks yang larut dalam air dapat meningkatkan pencernaan dan produksi asam klorida. Asam klorida sendiri memiliki fungsi untuk memecah lemak.

Selain itu, vitamin B kompleks juga penting dalam menjaga kesehatan pencernaan sehingga apabila kekurangan asupan vitamin ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang cukup serius, salah satunya sembelit.

Adakah Manfaat Buah Zuriat untuk Promil?

Nyatanya, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan mengenai manfaat buah zuriat untuk promil yang dapat meningkatkan peluang hamil. Namun, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah zuriat dapat mencegah radikal bebas dan bahaya stress oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas di dalam tubuh menumpuk dapat menyebabkan kerusakan pada sel sehingga bisa menurunkan tingkat kesuburan pada pria dan wanita. Kondisi stres oksidatif dapat memengaruhi kualitas sperma, proses pembuahan, hingga kehamilan.

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah zuriat terbukti dapat meregenerasi sel-sel pada tubuh termasuk pada sistem reproduksi. Bisa dikatakan bahwa mengurangi stres oksidatif juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi sehingga secara tidak langsung memberikan peluang kehamilan.

Kandungan vitamin B kompleks pada buah zuriat dapat menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh wanita. Homosistein merupakan molekul yang dibutuhkan untuk menggabungkan protein di dalam tubuh namun jika kadarnya berlebihan justru dapat memberikan masalah bagi kesehatan.

Masalah kadar homosistein yang tinggi di folikel bisa memengaruhi ovulasi. Fungsi vitamin B kompleks dapat membantu menurunkan kadar homosistein sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Jika Anda penasaran ingin mencicipi rasa yang khas dari buah zuriat, terdapat beberapa cara mengonsumsinya.

Anda bisa mengonsumsi buah zuriat dengan cara direbus namun pastikan tidak terlalu lama merebusnya agar nutrisi pada buah tersebut tidak hilang. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi buah zuriat dengan cara menghaluskan daging buahnya lalu rendam dalam air matang selama 8 jam untuk dijadikan minuman tradisional.

Meski khasiatnya belum pasti namun kandungan nutrisi pada buah zuriat baik bagi kesehatan. Pastikan mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar, jangan berlebihan.

Jika Anda ingin mengonsumsinya sebagai obat tradisional, pastikan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Adakah yang Berhasil Hamil dengan Buah Zuriat?

Mengingat belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat langsung buah zuriat terhadap kesuburan namun bukan berarti hal ini tidak benar sepenuhnya. Kandungan nutrisi pada buah zuriat dapat membantu mengatasi permasalahan infertilitas bagi pasangan suami istri.

Meski begitu, jika Anda dan pasangan ingin menjalani program hamil yang berhasil maka Anda dapat melakukan beberapa hal. Ubah pola hidup menjadi lebih sehat, olahraga, hindari stres berlebihan, mengonsumsi suplemen tambahan bila diperlukan, hindari merokok dan mengonsumsi alkohol.

Selain itu, pastikan Anda melakukan hubungan intim 2 – 3 kali dalam seminggu dan pilihlah waktu yang tepat saat berhubungan, yaitu pada saat masa subur wanita berlangsung. Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda dan pasangan yang ingin cepat hamil.

Nah, Ayah Bunda tertarik mengonsumsi buah zuriat? Pastikan mengonsumsi dalam jumlah yang wajar dan jangan berlebihan ya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. El-Gendy, A; El-Mileegy, A; Ghyaty, E. The Beneficial Dietary Hypotensive and Hypolipidaemic Effects of Hyphaene Thebaica (Doum). The Internet Journal of Alternative Medicine. 2008 Volume 7 Number 1. 
  2. Aboshora, Waleed; Lianfu, Zhang. Influence of doum (Hyphaene thebaica L.) flour addition on dough mixing properties, bread quality and antioxidant potential. J Food Sci Technol. 2016 Jan; 53(1): 591–600. Published online 2015 Oct 12. 
  3. El-Beltagi, Hossam S; Mohamed, Heba I. Biological Activities of the Doum Palm (Hyphaene thebaica L.) Extract and Its Bioactive Components. Submitted: December 17th 2017Reviewed: February 1st 2018Published: April 3rd 2018.
  4. El-Moniem, M Abd; Mustafa, H N. The ameliorative potential of Hyphaene thebaica on streptozotocin-induced diabetic nephropathy. Folia Morphol (Warsz). 2015;74(4):447-57.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi