5 Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil, Sudah Coba?

manfaat-edamame-untuk-ibu-hamil

Kacang kedelai edamame merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung nutrisi penting. Teksturnya yang lembut membuat kacang kedelai ini cocok dikonsumsi anak-anak hingga dewasa.

Edamame merupakan kacang kedelai yang berasal dari Jepang. Kacang ini biasanya diolah dengan cara direbus atau dijadikan campuran salad.

Kandungan Nutrisi Edamame

Edamame memiliki warna hijau yang khas. Mungkin banyak yang mengira jika edamame merupakan kacang polong. Nyatanya hal ini salah. Edamame memiliki bentuk menyerupai kacang kedelai namun warnanya hijau.

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas ? 

Meski bentuknya kecil, edamame ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kandungan protein di dalamnya lebih banyak daripada jenis kacang lainnya.

  • Protein: 10,59 gram
  • Karbohidrat: 8,24 gram
  • Serat: 4,7 gram
  • Energi: 106 Kkal
  • Lemak: 4,71 gram
  • Kalsium: 59 mg
  • Zat besi: 2,12 mg
  • Kalium: 482 mg
  • Sodium: 6 mg

Manfaat Edamame untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada edamame membuat jenis kacang kedelai ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Karbohidrat, protein, dan mineral pada kacang edamame dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi Anda.

Berikut manfaat kacang edamame untuk kesehatan.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin dan antioksidan tinggi yang terdapat pada edamame dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini disebutkan pada sebuah jurnal yang diterbitkan Aging and Disease jika nutrisi memiliki peranan penting untuk menjaga kekebalan tubuh, terutama pada lansia.

Jika Anda mengkonsumsi edamame secara rajin dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit serta infeksi.

  • Menurunkan risiko penyakit jantung

Jenis kacang ini juga dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan pada edamame dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh yang menumpuk. Jika dibiarkan terus menerus maka dapat memicu penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Sampai Kesuburan

Selain itu, kacang ini juga memiliki manfaat sebagai antiinflamasi untuk mempercepat pemulihan pegal, nyeri, hingga peradangan pada tubuh.

  • Menjaga kesehatan tulang

Edamame memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang. 

Dalam jurnal yang diterbitkan Therapeutic Advances in Musculoskeletal Disease, menyebutkan adanya korelasi antara makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai dengan kesehatan dan kepadatan tulang.

Penelitian tersebut membuktikan jika makanan yang terbuat dari kacang kedelai dapat membantu meningkatkan serta menjaga kesehatan tulang.

  • Menjaga kesehatan kulit

Edamame mengandung zat antioksidan yang dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan kulit.

Pada jurnal yang diterbitkan British Journal of Pharmacology, studi yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan jika kandungan isoflavon pada edamame bisa mencegah penuaan kulit.

Manfaat Edamame untuk Ibu Hamil

Selain untuk kesehatan, edamame juga memiliki manfaat yang baik untuk jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan asam folat, vitamin B, zat besi, dan zinc di dalamnya baik untuk para ibu hamil. Berikut manfaat edamame untuk ibu hamil yang dapat Anda rasakan.

  • Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi umum yang sering dialami oleh ibu hamil. Biasanya gejala yang dirasakan seperti sakit kepala, lesu, serta tubuh mudah lelah.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi edamame dapat mengatasinya. Hal ini lantaran kandungan zat besi yang dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia.

  • Sumber folat untuk ibu hamil

Salah satu nutrisi yang penting oleh ibu hamil adalah folat. Folat memiliki peranan penting dalam menjaga kehamilan yakni mencegah adanya cacat tabung saraf atau spina bifida pada bayi.

Spina bifida sendiri merupakan kondisi cacat lahir yang biasanya disebabkan defisiensi folat pada masa kehamilan. Folat bisa didapatkan dari sumber makanan lain, seperti sayuran hijau, buah-buahan, alpukat, asparagus, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada edamame dapat membuat sistem kerja pencernaan pada tubuh lebih optimal. Biasanya, keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil adalah pencernaan yang tidak lancar atau sembelit. Mengkonsumsi edamame dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini.

  • Menjaga kadar gula darah

Manfaat lain yang Anda dapatkan jika mengonsumsi jenis kacang ini adalah dapat menjaga kadar gula darah. 

Salah satu resiko apabila ibu hamil memiliki kadar gula darah yang tinggi akan memicu diabetes gestasional dan kolesterol. Diabetes gestasional sendiri merupakan kondisi yang cukup riskan bagi ibu hamil.

  • Menjadi sumber protein vegetarian

Kandungan protein yang tinggi membuat kacang kedelai ini menjadi sumber protein nabati. Apalagi pada saat hamil, protein nabati sangat diperlukan untuk meningkatkan nutrisi selama kehamilan. Asupan nutrisi tersebut dapat dibantu terpenuhi dengan mengkonsumsi edamame.

Mengkonsumsi Edamame Saat Hamil Berbahaya?

Salah satu jenis kacang kedelai ini memang memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil, Anda perlu mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Perlu dipahami, mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

Jika Anda mengkonsumsi edamame secara berlebihan, dapat menyebabkan Anda kurang asupan nutrisi dari sumber makanan lain. 

Hal ini lantaran efek kenyang yang berlebihan karena mengkonsumsi edamame, perut kembung, serta jika terlalu banyak garam maka dapat meningkatkan tekanan darah.

Mengenai berbagai manfaat tersebut, masih diperlukan penelitian lebih lanjut karena studi masih sebatas pada hewan bukan manusia. 

Efek samping yang dialami oleh ibu hamil pun bisa terjadi jika mengkonsumsi edamame dalam jumlah tertentu. Penuhi asupan nutrisi selama hamil dari sumber makanan sehat lainnya agar tercukupi.

cheer

Pelajari tentang risiko dari Edamame bagi ibu hamil untuk membantu Anda lebih memahami kondisinya.

Konsultasikan dengan kami untuk mengetahui dari segi medis. Tim kami akan menghubungi Anda segera.

Polito, F., et al. (2012). Genistein aglycone, a soy-derived isoflavone, improves skin changes induced by ovariectomy in rats. Br J Pharmacol. 2012 Feb;165(4):994-1005.

Pae, M., Meydani, S. N., Wu, D. (2012). The Role of Nutrition in Enhancing Immunity in Aging. Aging Dis. 2012 Feb; 3(1): 91–129.

Edamame. (2021). Retrieved 25 February 2021, from 

Lanou, A. J. (2011). Soy foods: are they useful for optimal bone health? Ther Adv Musculoskelet Dis. 2011 Dec; 3(6): 293–300.

Applegate, C., et al. (2018). Soy Consumption and the Risk of Prostate Cancer: An Updated Systematic Review and Meta-Analysis. Nutrients. 2018 Jan 4;10(1):40.

Ajdzanovic, V., et al. (2019). Prostate cancer metastasis and soy isoflavones: a dogfight over a bone. EXCLI J. 2019 Feb 19;18: 106-126.

Miller, J. B., Buyken, A. E. (2020). The Relationship between Glycemic Index and Health. Nutrients. 2020 Feb 19;12(2):536.

Su, L., et al. (2021). Current Management Guidelines on Hyperlipidemia: The Silent Killer. J Lipids. 2021; 2021: 9883352.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime