Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Tes Hamil?

Text Pack

Tes hamil dapat dilakukan ketika Anda telah mengalami telat menstruasi setidaknya lebih dari seminggu serta ciri-ciri fisik yang menandakan kehamilan.

Bagi pasangan suami istri yang menginginkan kehadiran buah hati, tentu tanda-tanda kehamilan menjadi hal yang paling dinantikan. Perlu diketahui, gejala kehamilan yang dialami bisa berbeda lho setiap individu.

Salah satu yang paling mudah dirasakan adalah menstruasi yang tidak kunjung datang. Tidak hanya itu, agar Anda lebih yakin melakukan tes kehamilan maka ada beberapa ciri fisik yang dapat Anda rasakan, seperti payudara bengkak, flek, kram pada perut, hingga mual.

Tes kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan alat test pack. Test pack merupakan alat uji yang digunakan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Hasil pemeriksaan test pack cukup akurat jika dilakukan pada waktu yang tepat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Tes Hamil

Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan alat test pack bisa dilakukan ketika calon ibu mengalami menstruasi yang terlambat. Cara penggunaannya dengan mengecek kadar hormon Chorionic Gonadotropin (hCG) yang dapat dideteksi melalui darah atau urin.

Kadar hCG umumnya akan mengalami peningkatan pada masa-masa awal kehamilan. Kadar hormon ini dapat diukur melalui test pack yang akan dideteksi melalui cairan urin.

Waktu yang tepat menggunakan test pack bisa dilakukan 1 – 2 minggu setelah melakukan hubungan intim. Anda juga disarankan melakukan pengecekan pada pagi hari saat kadar hormon hCG cukup tinggi.

Tes urin dapat dilakukan jika Anda mengalami tanda-tanda berikut:

1. Keluar bercak darah atau flek

Selain menstruasi yang telat, keluarnya bercak darah atau flek bisa menjadi pertanda kehamilan, lho. Bukan hal berbahaya, terjadinya flek menandakan proses implantasi yakni penempelan embrio pada dinding rahim. Ketika Anda mengalami implantasi maka dapat dinyatakan jika proses pembuahan berhasil.

Berbeda dengan darah menstruasi, jumlah bercak darah implantasi hanya sedikit. Begitu pula dengan tekstur dan warna darah yang juga berbeda.

2. Payudara bengkak

Selain keluar bercak darah, gejala hamil lainnya yang umum dialami adalah payudara yang membengkak dan terasa nyeri. Hal ini terjadi ketika hormone estrogen dan progesteron yang diproduksi lebih banyak pada awal kehamilan untuk mendukung pertumbuhan calon janin.

Kondisi nyeri pada payudara juga bisa dialami pada wanita yang akan mengalami menstruasi sehingga Anda perlu cermat lagi saat menyadari gejala kehamilan ini.

3. Kram pada perut

Salah satu gejala lainnya yang menandakan awal kehamilan adalah kram pada perut. Jika perut mengalami kram dan menstruasi tidak kunjung datang, bisa jadi Anda mungkin hamil. Hal ini terjadi karena proses implantasi sedang terjadi pada rahim.

4. Menstruasi terlambat

Salah satu tanda yang paling mudah disadari saat awal kehamilan adalah menstruasi yang terlambat. Jika Anda mengalami terlambat menstruasi lebih dari seminggu bisa jadi ini pertanda awal kehamilan. Namun, menstruasi terlambat juga bisa terjadi akibat adanya gangguan hormon. Anda harus memahami penyebab dari telat haid ini.

Tips Agar Hasil Test Hamil Akurat

Meski hasilnya cukup akurat terkadang test pack belum tentu memberikan hasil yang optimal. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun jika Anda ingin hasil tes kehamilan Anda akurat, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

  • Pastikan test pack dalam keadaan baik. Penyimpanan test pack juga perlu diperhatikan mengingat tempat penyimpanan bisa memengaruhi hasil pemeriksaan. Selain itu, hasil tes hamil bisa kurang akurat apabila test pack telah kadaluarsa.
  • Gunakan test pack sesuai tata cara. Penggunaan test pack yang tidak sesuai dengan tata cara bisa menyebabkan hasilnya kurang akurat.  
  • Waktu yang tepat menggunakan test pack disarankan pada pagi hari. Kadar hormon hCG pada pagi hari cukup tinggi sehingga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan tes hamil hingga hasilnya lebih optimal.

Bagaimana Agar Program Hamil Berhasil dan Tes Hamil Positif?

Program hamil yang berhasil adalah ketika mendapatkan dua garis positif. Hasil tes kehamilan positif tentu menjadi dambaan bagi pasangan suami istri yang menanti buah hati. Sayangnya, tidak semua pasangan langsung berhasil mendapatkan dua garis positif tersebut.

Berikut beberapa tips agar program hamil yang Anda jalani mendapatkan tes kehamilan dua garis positif.

  • Ubah pola makan menjadi lebih sehat

Pola makan sehat dapat membantu program hamil Anda berhasil. Anda disarankan mengonsumsi makanan kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan tubuh.

Makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti sayuran hijau, buah-buahan, salmon, telur, Greek yoghurt, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Olahraga rutin

Jika Anda telah menerapkan pola makan sehat, jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga secara rutin. Olahraga rutin penting agar tubuh dapat mempersiapkan kehamilan. Olahraga yang teratur juga baik untuk tubuh serta calon janin kelak.

  • Melakukan hubungan saat masa subur

Berhubungan saat masa subur dapat meningkatkan keberhasilan program hamil. Masa subur wanita yang terjadi sekitar hari ovulasi merupakan peluang tinggi Anda mendapatkan kehamilan. Hal ini lantaran ovulasi merupakan waktu yang paling subur untuk terjadinya pembuahan.

  • Hindari stres berlebihan

Jika Anda ingin hasil program hamil optimal maka sebaiknya hindari stres berlebihan. Stres yang berlebihan bisa memengaruhi kualitas sperma dan sel telur sehingga proses kehamilan sulit terjadi. Kelola stres dengan baik, Anda bisa melakukan kegiatan favorit Anda untuk mengatasinya.

  • Pemeriksaan kesuburan

Jika semua cara telah dicoba namun belum berhasil, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesuburan. Pemeriksaan kesuburan penting untuk mengetahui kondisi kesuburan Anda dan pasangan agar segera mendapatkan dua garis positif.

Dalam rangka meningkatkan keromantisan dalam rumah tangga Anda dan pasangan, Bocah Indonesia mempersembahkan layanan Bocah 4 Langkah (B4L).

Apa Itu Layanan Bocah 4 Langkah?

Layanan ini merupakan langkah awal pemeriksaan komprehensif bagi Anda dan pasangan yang belum pernah melakukan pengecekan kondisi kesuburan.

Pemeriksaan ini terdiri dari:

  • Konsultasi bersama dokter spesialis obgyn.
  • USG transvaginal.
  • Konsultasi bersama dengan dokter spesialis andrologi.
  • Analisa sperma.

Pemeriksaan ini dianjurkan bagi Anda dan pasangan yang belum pernah melakukan pemeriksaan kesuburan sebelumnya.

Layanan ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin melengkapi keromantisan dalam rumah tangga. Memulai langkah optimis menuju dua garis. Segera periksakan kondisi kesuburan Anda dnegan layanan Bocah 4 Langkah (B4L).

Baca selengkapnya untuk info lebih lanjut di sini atau hubungi melalui WhatsApp.

cheer

Jika tes hamil masih belum berhasil, kami memiliki layanan yang tepat untuk pemeriksaan Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda!

Tes hamil negatif bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya masalah kesuburan. Segera periksakan diri Anda!

  1. Gnoth, C; Johnson, S. Strips of Hope: Accuracy of Home Pregnancy Tests and New Developments. Geburtshilfe Frauenheilkd. 2014 Jul; 74(7): 661–669. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4119102/

  2. Boxer, Jackie; Weddell, Sarah; Broomhead, David. Home pregnancy tests in the hands of the intended user. J Immunoassay Immunochem. 2019; 40(6):642-652. https://sci-hub.se/10.1080/15321819.2019.1671861

  3. Gnoth, C; Johnson, S. Strips of Hope: Accuracy of Home Pregnancy Tests and New Developments. Geburtshilfe Frauenheilkd. 2014 Jul;74(7):661-669. https://sci-hub.se/10.1055/s-0034-1368589

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime