Cara Program Hamil Sendiri yang Tepat untuk Mendapatkan Momongan

Program hamil sendiri

Banyak informasi mengenai cara untuk melakukan program hamil sendiri. Selain melakukan hubungan intim yang rutin, suami istri juga perlu melakukan pemeriksaan kesuburan sebelum memulai promil.

Ketika pasangan suami istri merencanakan program hamil sendiri tentu ada banyak informasi yang dibutuhkan. Mempersiapkan kehamilan bisa menjadi hal yang gampang-gampang mudah. Pasalnya, jika Anda dan pasangan ingin menjalani program kehamilan yang sehat memang memerlukan persiapan yang tidak mudah.

Bagi beberapa pasangan suami istri justtru membutuhkan waktu lebih untuk mendapatkan momongan. Bukan hanya melakukan hubungan intim yang rutin namun Anda juga harus mengetahui beberapa cara yang tepat untuk merencanakan program hamil sendiri.

Tata Cara Program Hamil Sendiri yang Tepat

Agar usaha Anda dan pasangan mendapatkan hasil yang maksimal, terdapat beberapa tata cara agar program hamil yang dijalani berhasil dengan beberapa cara berikut.

1. Ketahui masa subur

Mengetahui masa subur penting untuk mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Masa subur ini penting jika Anda dan pasangan ingin mendapatkan kehamilan. Melakukan hubungan intim di masa subur membantu hasil program hamil sendiri lebih efektif.

2. Hindari penggunaan alat kontrasepsi

Program kehamilan akan berhasil jika Anda dan pasangan berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Sebaiknya hindari penggunaan alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum Anda memulai promil.

Hal ini lantaran tubuh wanita memerlukan waktu beberapa kali siklus menstruasi untuk mulai berovulasi yang teratur agar siap hamil.

3. Meningkatkan frekuensi hubungan intim

Frekuensi hubungan intim memang penting untuk hasil program hamil sendiri Anda berhasil. Disarankan melakukan hubungan intim 2 – 3 kali dalam seminggu. Meski frekuensi berhubungan intim penting namun Anda dan pasangan harus melakukannya tidak dalam keadaan paksaan.

vitamin

Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Kesuburan?

Jika telah melakukan cara-cara di atas namun belum berhasil, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membantu meningkatkan kesuburan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan.

1. Terapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan gizi seimbang. Mengonsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Beberapa sumber makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama program hamil seperti makanan yang mengandung zinc tinggi, folat, vitamin C, vitamin A, dan omega-3.

Zinc bermanfaat dalam produksi sperma serta hormon testosteron yang penting dalam organ reproduksi yang dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Sementara vitamin A memiliki manfaat dalam menjaga sperma agar pergerakan sperma tidak lamban. Sedangkan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma dan lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kualitas sel telur hingga membantu mengatur ovulasi.

Jika Anda tengah merencanakan program hamil maka hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kafein, dan alkohol. Lemak jenuh biasanya terdapat pada makanan cepat saji. Lemak jenuh dapat merusak bentuk dan ukuran sperma. Begitu pula dengan kafein dan alkohol yang bisa mengganggu kesuburan Anda dan pasangan.

2. Konsumsi vitamin

Mengonsumsi vitamin dan suplemen dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa jenis vitamin yang baik dikonsumsi selama program kehamilan seperti vitamin B, C, D, E, zat besi, zinc, koenzim Q10, hingga asam folat.

Asam folat salah satu suplemen yang penting dikonsumsi selama program hamil. Selain untuk meningkatkan kesuburan, asam folat juga baik untuk mencegah terjadinya cacat lahir pada janin kelak.

3. Olahraga teratur

Olahraga menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan. Anda bisa melakukannya dengan intensitas 30 menit hingga 1 jam dalam sehari untuk berolahraga. Namun, pastikan untuk tidak melakukan olahraga berat yang justru dapat membuat Anda kelelahan bahkan bisa mengganggu kesuburan.

Selain itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang berlebihan maupun berat badan rendah dapat memengaruhi kondisi hormon sehingga ovarium tidak melepaskan sel telur dan tidak terjadi ovulasi. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan Anda dan pasangan sulit hamil.

Baca Juga : Cara menentukan program hamil yang tepat

4. Berhenti merokok

Jika Anda ingin program hamil sendiri yang direncanakan bersama pasangan berhasil maka harus berhenti dari kebiasaan merokok. Hal ini lantaran zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu kesuburan.

5. Tes kesuburan

Salah satu cara agar yang dapat membantu agar promil Anda berjalan efektif dengan melakukan tes kesuburan. Tes kesuburan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesuburan Anda dan pasangan.

Terlebih jika Anda telah melakukan hubungan intim secara teratur tanpa alat kontrasepsi namun belum juga berhasil maka bisa jadi hal tersebut disebabkan adanyan gangguan pada kesubruan.

Pemeriksaan kesuburan juga bisa membantu Anda untuk menentukan program hamil sendiri yang tepat dijalani.

Memulai program kehamilan tentu menjadi perjalanan yang tidak mudah. Diperlukan kesepakatan Anda dan pasanagan. Anda dapat menjalani program hamil sendiri dengan menerapkan cara-cara di atas. mSegera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila diperlukan penanganan lebih lanjut.

  1. Pfeifer, S., et al. (2017). Optimizing natural fertility: a committee opinion. Fertility and Sterility, 107(1), 52–58. 

  2. Pound, N., et al. (2002). Duration of sexual arousal predicts semen parameters for masturbatory ejaculates. Physiology & Behavior, Volume 76, Issues 4–5, August 2002, Pages 685-689. 

  3. Lainez, N. M., Coss, D. (2019). Obesity, Neuroinflammation, and Reproductive Function. Endocrinology, Volume 160, Issue 11, November 2019, Pages 2719–2736.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime