Kapan Waktu yang Tepat untuk Program Hamil ke Dokter?

waktu-yang-tepat-untuk-program-hamil-ke-dokter

Kehadiran buah hati menjadi salah satu yang paling didambakan oleh pasangan yang telah menikah. 

Namun bagi beberapa pasangan, kesempatan mendapatkan keturunan perlu membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini bisa disebabkan akibat adanya masalah kesuburan.

Namun untuk menjawab kekhawatiran Anda, berikut penjelasan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dan program hamil.

Ini Waktu yang Tepat untuk untuk Program Hamil

Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk memulai pemeriksaan kesuburan? Pemeriksaan ini penting dilakukan terutama jika Anda sedang merencanakan program hamil. 

Waktu yang tepat untuk memulai pemeriksaan yakni setelah satu tahun menikah apalagi jika Anda belum mendapatkan kehamilan.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Alasan Harus Melakukan Pemeriksaan Kesuburan

Melakukan pemeriksaan sesegera mungkin setelah usia satu tahun atau lebih usia pernikahan diharuskan karena beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk Anda melakukan pemeriksaan kondisi kesuburan.

  • Kesuburan wanita menurun seiring bertambahnya usia

Semakin bertambahnya usia maka kesuburan wanita pun menurun secara signifikan. Usia kesuburan akan menurun ketika wanita memasuki usia 35 tahun. Tidak hanya itu, semakin bertambahnya usia juga jumlah sel telur semakin menurun.

Baca Juga : Tips Hamil Cepat Setelah Menikah

Jumlah sel telur yang sedikit dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan kehamilan.

  • Mengetahui kondisi kesuburan

Alasan kenapa Anda harus melakukan pemeriksaan adalah untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan kesuburan. Kondisi ini penting diketahui jika Anda dan pasangan berencana melakukan program hamil. Kondisi organ reproduksi harus dalam keadaan sehat dan siap untuk pembuahan. Masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh wanita tetapi juga pria.

Oleh sebab itu, pemeriksaan kesuburan sebaiknya dilakukan berdua bersama pasangan, tidak hanya wanita atau pria saja yang diperiksa kondisi organ reproduksinya.

  • Risiko menopause dini

Salah satu alasan kenapa harus melakukan pemeriksaan setelah satu tahun menikah adalah adanya resiko menopause dini. 

Umumnya, menopause dialami wanita ketika memasuki usia 45 tahun dan selesai pada awal 50 an. Namun pada kasus menopause dini, kondisi ini bisa terjadi pada usia <40 tahun.

Jika menopause dini terjadi maka penderitanya tidak dapat hamil. Maka dari itu, pemeriksaan kesuburan perlu segera dilakukan jika usia pernikahan telah satu tahun dan usia wanita telah di atas 30 tahun.

  • Memiliki kondisi medis tertentu

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu maka pemeriksaan kesuburan harus segera dilakukan.

Hal ini tentu agar kondisi tersebut cepat ditangani oleh ahlinya. Kondisi kesuburan yang diatasi dengan tepat dapat membantu Anda untuk menjalani program hamil. Kehamilan pun lebih mudah didapat.

Beberapa kondisi yang perlu mendapatkan penanganan yang tepat, seperti:

Cara Mengetahui Ciri-Ciri Infertilitas

Masalah infertilitas bisa dialami oleh pria maupun wanita. Pasangan yang memiliki masalah infertilitas perlu melakukan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi. 

Jika permasalahan infertilitas ditangani sesuai kondisinya maka Anda dan pasangan dapat menentukan program hamil yang tepat.

Beberapa kondisi infertilitas yang dialami oleh pria, meliputi:

  • Pernah mengalami operasi hernia
  • Memiliki riwayat cedera pada testis
  • Mengalami disfungsi seksual
  • Mengidap varikokel
  • Menggunakan obat kemoterapi

Sedangkan kondisi infertilitas yang dialami wanita, meliputi:

  • Siklus haid tidak teratur
  • Nyeri haid berlebihan
  • Siklus haid berhenti secara tiba-tiba
  • Mengidap penyakit radang panggul
  • Memiliki riwayat keguguran lebih dari sekali
  • Memiliki riwayat radiasi atau kemoterapi yang menyebabkan cadangan ovarium berkurang

Tips Agar Cepat Hamil

Ada beberapa tips yang bisa Anda dan pasangan lakukan jika ingin merencanakan program hamil. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  • Anda bisa mencoba cara alami melakukan program hamil dengan melakukan hubungan suami istri secara rutin tanpa alat kontrasepsi.
  • Berhubungan di waktu yang tepat, misalnya masa subur wanita. Berhubungan pada masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan.
  • Bagi pasangan yang berusia lebih dari 35 tahun dan telah berhubungan secara rutin namun tidak kunjung hamil maka segera melakukan pemeriksaan.

Untuk lebih lengkapnya untuk mengikuti program hamil, bisa Anda cek disini : Program Hamil

Segera lakukan konsultasi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau memiliki ciri-ciri yang menunjukkan masalah infertilitas.

Jangan tunda-tunda lagi untuk melakukan pemeriksaan jika Anda telah menikah lebih dari satu tahun agar penyebabnya segera mendapat solusi dan penanganan yang tepat.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan, kami memiliki layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini, tim kami segera menghubungi Anda!

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  • Girum, T., Wasie, A. (2018). Return of fertility after discontinuation of contraception: a systematic review and meta-analysis. Contraception and Reproductive Medicine volume 3, Article number: 9 (2018).
  • Practice Committee of the American Society for Reproductive Medicine. (2015). Diagnostic evaluation of the infertile female: a committee opinion. ASRM Pages| Volume 103, Issue 6, E44-E50, June 2015.
  • American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Infertility Workup for the Women’s Health Specialist.
Avatar photo
Share:

2 Responses

  1. Liza oktavia berkata:

    Dok saya ingin program hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji