Nyeri Perut Bawah Saat Berhubungan? Jangan Anggap Sepele!

Rasa sakit saat melakukan hubungan seks merupakan hal umum yang sering terjadi pada wanita. Hal ini disebut dispareunia atau nyeri saat berhubungan. Namun bagi beberapa wanita kerap merasakan nyeri perut bawah saat berhubungan. Lantas, apa penyebabnya?

Penyebab Nyeri Perut Bawah Saat Berhubungan

Melakukan hubungan bagi pasangan suami istri merupakan hal yang wajar.  Namun jika pada saat berhubungan menyebabkan rasa sakit, tentu akan mengganggu aktivitas seksual Anda. Sakit perut saat melakukan hubungan seks disebut dengan istilah medis dispareunia. Tidak jarang, para wanita merasakan sakit pada perut bawah sehingga enggan melakukan hubungan intim lagi.

Nyeri perut bawah saat berhubungan bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Endometriosis

Endometriosis adalah jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim atau bukan tempatnya. Pertumbuhan yang berlebihan di endometrium dapat menyebabkan rasa sakit pada perut, panggul, punggung pada saat melakukan hubungan seks.

2. Kista ovarium

Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang berkembang di dalam ovarium. Kista ovarium pada dasarnya bersifat jinak namun kista dapat berkembang menjadi ganas (kanker). Jika ukuran kista makin besar, hal ini bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bawah saat berhubungan.

3. Penyakit radang panggul

Penyakit radang panggul merupakan infeksi pada saluran genital bagian atas wanita termasuk rahim, saluran tuba, dan ovarium. Penyakit radang panggul disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebar dari vagina atau leher rahim ke organ reproduksi yang lebih tinggi. Hal ini yang menyebabkan rasa nyeri pada perut bawah saat berhubungan seks.

4. Fibroid Rahim

Fibroid adalah pertumbuhan sel abnormal atau massa yang bersifat non-kanker di dalam atau luar rahim. Gejala fibroid yang dialami wanita ditandai dengan nyeri pada saat menstruasi, sakit perut bagian bawah, hingga sakit pada saat melakukan hubungan seks.

5. Adhesi uterus

Adhesi uterus adalah pita jaringan parut yang dapat terbentuk di dalam rahim. Adhesi uterus dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Hal ini bisa membuat pada saat melakukan hubungan seks terasa nyeri pada perut bagian bawah.

6. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih terjadi akibat infeksi bakteri yang dapat memengaruhi beberapa bagian tertentu di saluran kemih. Infeksi inilah yang bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan.

7. Salah posisi

Posisi saat berhubungan yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab nyeri perut bagian bawah saat berhubungan. Beberapa posisi seks yang kurang tepat bisa menyebabkan penetrasi penis yang lebih dalam sehingga membuat rasa tidak nyaman.

nyeri perut bawah

Cara Diagnosis Penyebab Nyeri Perut Bawah Saat Berhubungan

Untuk mengetahui penyebab sakit perut bagian bawah pada saat berhubungan, Anda dapat melakukan sejumlah pemeriksaan.

Anamnesis

Pada tahapan pemeriksaan ini, dokter akan menanyakan riwayat sakit yang dirasakan Anda selama melakukan hubungan intim. Amnesis dilakukan sebagai tahapan awal untuk mengetahui penyebab rasa sakit yang Anda alami.

Pemeriksaan fisik

Setelah pemeriksaan anamnesis, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada panggul, perut, dan punggung bawah Anda. Dokter juga akan meminta Anda untuk mengarahkan letak rasa sakit yang Anda rasakan.

Prosedur lanjutan

Jika dokter menemukan kecurigaan mengenai penyebab rasa sakit tersebut, Anda akan direkomendasikan untuk melakukan USG panggul, CT scan atau MSI panggul.

Dokter juga dapat melakukan prosedur urethrogram dan sistogram yang merupakan prosedur untuk memeriksa kondisi kandung kemih.

Cara Mengatasi Nyeri Perut Bagian Bawah Saat Berhubungan

Aktivitas seksual yang seharusnya menjadi momen membahagiakan untuk Anda dan pasangan menjadi terganggu akibat rasa sakit. Anda bisa mencoba beberapa cara untuk mengatasinya.

Ganti posisi

Jika Anda merasakan sakit yang disebabkan salah posisi maka carilah posisi berhubungan yang membuat Anda dan pasangan nyaman. Cobalah posisi woman on top, di mana Anda yang akan mengendalikan pasangan saat berhubungan seks.

Melakukan hubungan secara santai

Anda dapat melakukan hubungan secara lembut dan perlahan. Pasalnya, melakukan hubungan dengan buru-buru dan berlebihan dapat menimbulkan nyeri pada perut bagian bawah. Lakukan foreplay terlebih dahulu agar vagina tidak mengalami iritasi saat berhubungan.

Mengatasi infeksi saluran kemih (ISK)

Salah satu penyebab nyeri perut bagian bawah saat berhubungan adalah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih dapat dicegah dengan banyak minum air putih. Hal ini bertujuan agar bakteri yang mungkin masuk saluran kemih akan terbawa bersama urine.

Membersihkan vagina dengan tepat

Membersihkan vagina dengan cara yang tepat juga bisa mengatasi infeksi saluran kemih. Pastikan untuk selalu membersihkan area vagina setiap selesai melakukan buang air kecil atau buang air besar. Cara membasuh vagina yang tepat adalah dari arah vagina ke anus. Hal ini agar bakteri yang terdapat pada anus tidak pindah ke vagina.

Hindari penggunaan sabun pembersih vagina

Hindari penggunaan sabun pembersih vagina yang mengandung alkohol atau pewangi. Hal ini bisa menyebabkan pH pada vagina tidak seimbang dan menyebabkan bakteri baik pada vagina berkurang. Pada dasarnya vagina sudah memiliki bahan alami untuk membersihkan sendiri. Selain itu, sabun pembersih vagina juga bisa menyebabkan kulit vagina menjadi sensitif, iritasi, hingga terinfeksi.

Rutin berolahraga agar otot menjadi rileks

Rutin olahraga dapat membantu melemaskan otot sehingga pada saat berhubungan lebih rileks. Otot vagina yang tegang dapat menyebabkan rasa sakit pada saat melakukan hubungan intim.

Cara Pengobatan Nyeri Perut Bagian Bawah Saat Berhubungan

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati nyeri perut bagian bawah:

Obat-obatan

Anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter untuk mengatasi rasa sakit. Jika rasa sakit disebabkan akibat infeksi maka dokter akan memberikan antibiotik. Jika harus mengonsumsi obat-obatan, pastikan harus berdasarkan resep dokter.

Melakukan tindakan medis

Jika pada saat pemeriksaan, dokter menemukan penyebab nyeri sakit perut akibat kondisi medis tertentu maka Anda dapat mengatasinya dengan melakukan tindakan medis yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar ketika Anda melakukan hubungan suami istri dengan pasangan Anda, tidak ada lagi rasa sakit yang melanda.

Jika Anda sudah melakukan cara alami diatas namun belum berhasil, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan.

  1. James Sorensen. Evaluation and Treatment of Female Sexual Pain: A Clinical Review. Cureus. 2018 Mar 27;10(3): e2379. 
  2. Simone Ferrero. Deep dyspareunia: causes, treatments, and results. Curr Opin Obstet Gynecol. 2008 Aug;20(4):394-9.
  3. Kate J Wahl MSc. Deep Dyspareunia, Superficial Dyspareunia, and Infertility Concerns Among Women with Endometriosis: A Cross-Sectional Study. Sexual Medicine. Volume 8, Issue 2, June 2020, Pages 274-281.
  4. Stephanie S Faubion. Sexual Dysfunction in Women: A Practical Approach. August 2015American Family Physician 92(4):281-8.
  5. Dean A Seehusen, MD, MPH. Dyspareunia in Women. Am Fam Physician. 2014 Oct 1;90(7):465-470.
  6. Natasha Orr, MSc. Deep Dyspareunia: Review of Pathophysiology and Proposed Future Research Priorities. Sexual Medicine Reviews. Volume 8, Issue 1, January 2020, Pages 3-17.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi