Cara Mempercepat Haid yang Aman dan Ampuh

Cara Mempercepat Haid

Siklus haid yang tidak teratur bisa menyebabkan masalah tertentu. Anda dapat mengatasinya dengan beberapa cara agar haid datang lebih cepat dengan aman.

Terlambat haid banyak dialami oleh sebagian wanita. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari stres, gangguan hormon, hingga kehamilan. Jika telat haid karena kehamilan maka tentu merupakan hal baik untuk Anda namun jika disebabkan oleh faktor lain maka hal tersebut perlu diwaspadai.

Anda bisa melakukan beberapa cara agar haid datang lebih cepat. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang ingin melakukan ibadah umroh, ibadah haji, atau liburan.

Cara Agar Cepat Haid

Siklus menstruasi setiap wanita berbeda. Bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur tentu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini lantaran jadwal datangnya haid bisa lebih lama dari biasanya. Maka dari itu, banyak wanita yang menginginkan periode haid lebih cepat.

Berikut beberapa cara aman yang dapat dilakukan agar haid bisa datang lebih cepat.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

BACA JUGA : Bukan Hamil, Kenali 8 Penyebab Haid Tidak Teratur

1. Konsumsi obat hormonal

Terlambat haid bisa disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi, terutama hormon estrogen dan progesteron. Kadar hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur bahkan lebih lama dari biasanya.

Konsumsi obat hormonal dapat membantu gangguan hormon yang terjadi namun perlu aturan dokter. Pasalnya, jenis-jenis obat hormonal tersebut bisa terdiri dari obat yang mengandung kombinasi hormon progesteron dan estrogen, metformin, klomifen, atau follicle stimulating hormone (FSH).

2. Konsumsi produk pelancar haid

Anda juga bisa mengonsumsi produk pelancar haid yang mengandung bahan herbal. Biasanya produk tersebut dalam bentuk minuman yang mengandung jahe, kayu manis, atau minyak jarak. Mengonsumsi bahan-bahan tradisional dapat membantu merangsang kontraksi rahim agar cepat haid.

Namun, hingga kini belum ada penelitian terkait efektivitas baha-bahan pada produk tersebut untuk mempercepat datangnya menstruasi. Meski Anda mengonsumsi bahan-bahan herbal dan alami namun hindari untuk mengonsumsinya secara berlebihan sebab bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi di atas batas bertentu.

Jangan sembarang konsumsi obat pelancar haid agar menghindari risiko yang berbahaya. Pilihlah produk yang telah memiliki izin BPOM.

Baca Juga : Cara memperlancar haid secara alami

3. Olahraga teratur

Olahraga menjadi cara alami yang dapat dilakukan agar otot lebih rileks sehingga dapat membantu haid lebih cepat datang. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti berenang, jogging, atau berenang. Hindari melakukan olahraga berat seperti angkat beban yang memiliki intensitas tinggi setiap hari karena bisa menghambat menstruasi.

Usahakan untuk melakukan olahraga rutin paling tidak 30 menit sehari. Anda bisa melakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan olahraga dapat mempercepat menstruasi. Tidak ada salahnya melakukan olahraga agar bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

4. Kurangi stres

Stres bisa menjadi salah satu faktor Anda mengalami terlambat haid. Sistem kerja hormon di otak dan darah dapat terganggu akibat stres, termasuk hormon reproduksi yakni estrogen dan progesteron.

Stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan. Sedangkan hormon ini justru bisa menghambat produksinya estrogen dan progesteron yang memiliki fungsi untuk menjaga siklus haid tetap normal.

Jika Anda ingin haid datang lebih cepat maka kurangi stres. Sebaiknya, alihkan stres Anda dengan melakukan hal-hal yang digemari. Anda juga bisa melakukan meditasi untuk mengatasi stres.

5. Berat badan tetap terjaga ideal

Menjaga berat badan juga memengaruhi siklus menstruasi. Berat badan yang berlebihan atau terlalu rendah bisa memengaruhi proses ovulasi. Jika ovulasi tidak terjadi maka menstruasi tidak akan berlangsung. Maka dari itu menjaga berat badan tetap ideal penting agar cepat haid.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika berat badan Anda rendah dan tidak kunjung naik meski telah makan banyak maka sebaiknya konsultasikan pada dokter.

6. Lakukan relaksasi

Teknik relaksasi yang dapat dilakukan seperti yoga dan latihan pernapasan lainnya untuk membantu meredakan stres. Stres bisa mengganggu siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Melakukan relaksasi dapat membantu tubuh meningkatkan hormon dalam tubuh sehingga membantu melancarkan siklus menstruasi. Selain membuat tubuh lebih rileks, yoga dan latihan pernapasan memberikan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan.

Cara-cara mempercepat haid di atas bisa dilakukan untuk membantu mempercepat datangnya menstruasi. Meski begitu, Anda perlu konsultasikan dan petunjuk dari dokter untuk mengonsumsi obat-obatan maupun alami yang dapat menimbulkan risiko.

7. Periksakan Diri ke Dokter

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menyebabkan adanya gangguan pada tubuh. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter jika ada beberapa kondisi yang menyertai, seperti:

  • Tidak terjadi menstruasi selama 3 bulan berturut-turut
  • Kemungkinan adanya kehamilan
  • Menstruasi terhenti saat berusia di bawah 45 tahun
  • Menstruasi masih terjadi meski sudah berusia di atas 55 tahun
  • Terjadinya perdarahan di tengah siklus menstruasi atau setelah berhubungan
  • Keluarnya darah haid setelah 12 bulan menstruasi berhenti
  • Volume darah haid yang keluar lebih sedikit atau banyak dari biasanya
  • Mengalami perdarahan saat sedang menjalani terapi hormon

Wanita yang sering mengalami haid terlambat atau siklus menstruasi yang tidak teratur perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Pasalnya, jika kondisi tersebut berlangsung berturut-turut maka bisa menjadi gejala kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan sistem reproduksi, salah satunya kesuburan.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui kondisi kesuburan Anda. Bocah Indonesia menyediakan 3 layanan pemeriksaan dasar yang tepat berdasarkan kondisi Anda, seperti:

  • Bocah 4 Langkah (B4L)
  • Fertility Workup (FW)
  • Embryology Counseling (EC)

Kondisi kesuburan setiap wanita berbeda. Kesuburan akan menurun secara signifikan saat menginjak usia 35 tahun.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Jiao, M., et al. (2021). Comparison of Herbal Medicines Used for Women’s Menstruation Diseases in Different Areas of the World. Front Pharmacol. 4;12:751207. 
  • Gilbrech, K. I. (2020). The Impact of Stress on the Menstrual Cycle. University of Arkansas, F ersity of Arkansas, Fayetteville. 
  • American College of Obstetricians ang Gynecologists. Menstruation in Girls and Adolescents: Using the Menstrual Cycle as a Vital Sign. 
  • Ko, K. M., et al. (2017). Association between Body Weight Changes and Menstrual Irregularity: The Korea National Health and Nutrition Examination Survey 2010 to 2012. Endocrinology and Metabolism 2017;32(2):248-256. 
Avatar photo
Share:

 

16 Responses

  1. Dian berkata:

    Saya 2 bulan belum haid ya padahal udah minum ramuan jahe kunyit tapi belum haid haid

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Dian,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter

      Klik disini

  2. Atika berkata:

    Dok…gimana ni saya sudah terlambat haid selama 5 bulan padahal saya baru saja melahirkan usian anak saya 5 bulan 27 hari dok gimana ya…??

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Halo Bunda Atika,
      Telat haid setelah melahirkan merupakan hal wajar karena Bunda aktif memberikan ASI kepada si kecil. Biasanya jika Bunda tidak memberikan ASI eksklusif maka siklus menstruasi akan kembali lebih cepat. Hal ini karena hormon prolaktin yang menstimulasi ASI menekan produksi hormon menstruasi.

  3. Riska septi berkata:

    Kenapa haid saya terlambat padahal saya masih remaja

  4. Sekar harum berkata:

    Maaf Dokter ijin bertanya, saya umur 19 tahun tp udah telat 1 Minggu belom haid juga, bulan lalu telat 2 mingguan baru haid cara mengatasi nyabgimana yah dok saya harusnya dapat tanggal 1 tiap bulan

  5. Tono berkata:

    Hallo dok saya telat mens udah 1 bulan lebih 2 Minggu dan kamrin saya belikan tespek tapi tidak ada tanda garis 2 dok,minta solusinya ya dok

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Kakak Tono,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter

      Klik disini

      • Afifah Fitria berkata:

        halo dok sya haid cuman 3 hari apakah normal

        • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

          Hallo Bunda Afifah Fitria,

          untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter ya bunda dengan klik di bawah ini

          Klik disini

  6. Fidelia Mendonca berkata:

    Pagi dok. mau tanya,, saya mengikuti KB suntik tiga bulan mulai suntik pada 06/03/2023 saya harus suntik lagi dibulan 05/06/2023 kalo ingin melajutkan , tapi saya memutuskan untuk tidak lagi mengikuti KB suntik. masalahnya Dok. sekarang udah memasuki 5 bulan saya belum mestruasi. Apa masalahnya Dok?? dan apa yang bisa dilakukan supaya mestruasi saya bisa kembali normal datang haid setiap bulan?? mohon bantuan dan penjelasanya dok. Terima kasih

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Fidelia Mendonca,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter di Bocah Indonesia, dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

  7. Rahmah sarina berkata:

    Assalamualaikum dokk
    Dokk kenapa saya belumm haid padahal umur saya sudah 15 tahun saya pernah haid tapi telat 12bulan sampai sekarang belum haid apakah wajar dok?

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo kakak Rahmah Srina,

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji