Kenali Ciri-Ciri Keputihan Tanda Hamil, Apakah Normal Terjadi?

keputihan tanda hamil

Salah satu tanda awal kehamilan adalah terdapat keputihan pada organ intim wanita. Namun, salah satu tanda ini hampir mirip dengan tanda menstruasi. Lantas, bagaimana ciri keputihan tanda hamil?

Keputihan Tanda Hamil

Keputihan merupakan hal normal yang dialami wanita. Keputihan merupakan reaksi normal yang terjadi pada tubuh untuk membersihkan kotoran dan sel mati. Banyak yang menganggap bahwa keputihan merupakan tanda awal datangnya menstruasi. Namun, keputihan juga bisa menjadi tanda awal kehamilan, lho.

Umumnya, keputihan terjadi dua minggu setelah pembuahan. Gejalanya yang cukup umum membuat banyak wanita tidak menyadarinya hingga akhirnya mendapatkan siklus haid yang terlambat.

Kondisi ini pun merupakan hal normal terjadi bahkan terus berlanjut selama kehamilan. Cairan keputihan ini biasanya akan lebih banyak keluar pada usia kehamilan trimester akhir.

Meski gejala keputihan tanda hamil merupakan hal umum yang dialami wanita namun tidak semua akan mengalaminya. Bagi beberapa wanita mengalami keputihan lebih banyak daripada sebelumnya namun ada juga yang tidak mengalami hal tersebut.

Apakah keputihan tanda hamil berbahaya? Keputihan menjadi gejala awal kehamilan karena adanya peningkatan kadar estrogen pada tubuh pada awal kehamilan. Meski begitu, banyak yang tidak menyadari mengenai gejala awal kehamilan ini sehingga Anda harus mengetahui perbedaan keputihan tanda hamil dengan keputihan menjelang haid.

1. Volume

Perbedaan keputihan tanda hamil dengan menstruasi bisa dilihat dari volume keputihan itu sendiri. Volume keputihan awal kehamilan lebih sedikit namun jelang persalinan volume keputihan lebih banyak daripada keputihan jelang menstruasi. Tidak heran jika Anda mengalami pakaian dalam Anda lebih cepat basah.

2. Tekstur

Keputihan awal kehamilan memiliki tekstur lebih encer dan lengket. Meski sulit membedakannya namun salah satu hal ini yang bisa membantu Anda membedakan ciri keputihan tanda hamil dan menstruasi.

3. Warna

Dari segi warna, keputihan awal kehamilan memiliki warna putih susu, sementara jika keputihan pada umumnya memiliki warna putih kekuningan.

Ciri Keputihan Tanda Hamil yang Sehat dan Tidak

Meski salah satu tanda kehamilan adalah keputihan namun Anda harus paham mengenai ciri-ciri keputihan tersebut. Pasalnya keputihan yang abnormal bisa menjadi salah satu gejala suatu penyakit tertentu hingga infeksi.

  • Cairan keputihan berwarna kuning pekat atau hijau.
  • Memiliki bau yang tidak sedap.
  • Tekstur lebih kental.
  • Menyebabkan rasa gatal pada area Miss V.
  • Terdapat rasa sakit pada saat buang air kecil.
keputihan memiliki bau tidak sedap

Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan merupakan hal yang normal terjadi namun tidak jarang keputihan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas. Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

  • Melakukan cuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh organ intim, khususnya vagina.
  • Biasakan untuk membersihkan vagina dari depan dari depan ke belakang setelah buang air kecil.
  • Hindari penggunaan celana atau rok terlalu ketat agar organ intim tetap bisa “bernapas”.
  • Jika volume keputihan berlebihan dan terlalu banyak maka rutin mengganti celana dalam dan pantyliner.
  • Pastikan kondisi organ intim dalam keadaan kering sebelum Anda mengenakan pakaian.

Bagaimana Cara Mencegah Keputihan Selama Kehamilan?

Keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada saat kehamilan. Namun, terdapat beberapa cara untuk mencegah agar menghindari terjadinya infeksi.

Jika volume keputihan masih dalam keadaan wajar, Anda tidak perlu menggunakan pantyliner untuk mencegah Miss V iritasi.

  • Hindari penggunaan tampon.
  • Hindari penggunaan sabun pembersih vagina yang mengandung pewangi.
  • Cuci pakaian dalam menggunakan deterjen tanpa pewangi.
  • Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh organ intim.
  • Pakai celana dalam yang berbahan katun agar mudah menyerap keringat.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung probiotik tinggi, seperti yoghurt agar keseimbangan bakteri baik pada vagina terjaga.

Tanda Awal Hamil Selain Keputihan yang Mirip Menstruasi

Selain keputihan, terdapat beberapa tanda kehamilan yang mirip dengan gejala menstruasi. Jika hal ini terjadi, Anda harus memahami cara membedakannya.

Tekstur payudara menjadi lebih lunak

Salah satu tanda bahwa Anda hamil adalah tekstur payudara menjadi lebih lembek. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita hamil. Biasanya perubahan tekstur payudara terjadi pada minggu keempat dan keenam awal kehamilan. Selain itu, puting payudara juga mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dan menjadi lebih besar.

Mual

Tanda awal kehamilan yang paling umum berikutnya adalah mual atau morning sickness. Meski begitu, bagi beberapa wanita mual juga menjadi salah satu tanda akan datangnya siklus haid. Namun, pada saat menjelang haid, mual dirasakan hanya beberapa hari saja. Sementara, mual tanda hamil berlangsung selama usia kehamilan trimester pertama. Namun, ada pula wanita yang hanya mengalami mual pada beberapa minggu saja.

Kram perut

Salah satu tanda hamil yang mirip dengan menstruasi adalah kram perut. Kram perut akan terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan. Hal ini terjadi karena naiknya kadar hormon. Pada saat menstruasi, kram perut hanya berlangsung pada beberapa hari menjelang siklus haid datang.

Perubahan suasana hati

Salah satu gejala yang mirip tanda hamil dengan menstruasi adalah perubahan suasana hati. Biasanya, pada awal-awal kehamilan, wanita akan memiliki perasaan yang lebih sensitif. Hal yang membedakan dengan gejala menstruasi adalah waktu berlangsungnya.

Jika perubahan suasana hati jelang menstruasi hanya berlangsung beberapa hari saja, sementara tanda hamil bisa berlangsung selama beberapa minggu awal kehamilan atau selama kehamilan.

Kesimpulan

Keputihan memang menjadi salah satu tanda kehamilan yang bisa Anda alami. Namun, jika Anda mengalami gejala lainnya, Anda dapat segera melakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat test pack. Hal ini untuk memastikan gejala yang Anda alami adalah gejala kehamilan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Gallova, Z Ulcova. Immunological and physicochemical properties of cervical ovulatory mucus. Journal of Reproductive Immunology. Volume 86, Issue 2, November 2010, Pages 115-121. 
  2. Nazik, Evsen; Eryilmaz, Gulsen. Incidence of pregnancy-related discomforts and management approaches to relieve them among pregnant women. Journal of Clinical Nursing Volume 23, Issue 11-12 p. 1736-1750. 
  3. Becher, Naja; Waldorf, Kristina Adams; Hein, Merete. The cervical mucus plug: Structured review of the literature. Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica Volume 88, Issue 5 p. 502-513. 
  4. Vaginal discharge in pregnancy. (2020). Retrieved 28 January 2020.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi