Wajib Diketahui, 10 Tanda-Tanda Haid Akan Datang

Tanda-Tanda Haid Akan Datang

Tanda-tanda haid meliputi gejala fisik seperti muncul jerawat, payudara terasa nyeri, hingga perubahan suasana hati.

Menstruasi yang terjadi setiap bulannya kerap memiliki gejala atau tanda-tanda pada wanita. Namun, tidak semua wanita mengalami gejala yang sama. Bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur mungkin akan mudah untuk memperkirakan kapan haid berikutnya akan tiba namun tidak bagi wanita yang mengalami siklus tidak teratur.

BACA JUGA : Kenali Ciri-Ciri Haid Wanita Penderita Kista

Tanda-tanda menstruasi dapat memudahkan wanita mengetahui kapan jadwal menstruasi akan datang. Meski hal ini cukup umum terjadi, jika Anda mengalami menstruasi tanpa persiapan tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, tanda-tanda datangnya menstruasi ini perlu Anda ketahui.

Tanda-Tanda Haid yang Umum Terjadi

Tanda-tanda menstruasi yang akan terjadi biasa juga disebut sebagai premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini umumnya akan dialami wanita sekitar 1 – 2 minggu sebelum haid datang. Berikut adalah tanda-tanda haid yang perlu diketahui.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Muncul jerawat

Salah satu ciri-ciri haid yang umum terjadi adalah munculnya jerawat. Hal ini disebabkan kadar hormone progesteron yang meningkat sehingga memicu produksi sebum yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya jerawat.

2. Kram atau nyeri pada perut bagian bawah

Tanda-tanda haid lainnya adalah perut bagian bawah terasa nyeri. Kondisi ini bisa terjadi sebelum 

maupun saat awal-awal menstruasi. Kram pada perut bagian bawah terjadi karena adanya kontraksi pada rahim. Gejala ini akan muncul paling tidak 24 – 48 jam sebelum menstruasi dan 3 hari pada saat menstruasi berlangsung.

3. Nyeri pada payudara

Jika payudara Anda terasa nyeri atau kencang maka kemungkinan ini menjadi salah satu tanda-tanda jelang menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang meningkat jelang menstruasi datang. Umumnya, gejala ini terjadi sebelum menstruasi dan akan mereda dengan sendirinya saat menstruasi berlangsung.

4. Diare atau sembelit

Bagi beberapa wanita mungkin mengalami diare atau sembelit sebelum menstruasi datang. hal ini diakibatkan meningkatnya hormon prostaglandin yang bisa memicu kontraksi pada usus sehingga menyebabkan diare. Sementara itu, jika kadar hormon progesteron yang mengalami peningkatan maka bisa menyebabkan sembelit.

5. Meningkatnya nafsu makan

Tanda-tanda ini mungkin akan dialami oleh sebagian wanita. Meskipun tidak semua wanita mengalami gejala ini namun kondisi ini merupakan hal yang cukup umum terjadi jelang haid tiba.

Menurut jurnal International Journal of Nutrition of Metabolism, kadar hormone yang meningkat saat haid pada wanita bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan yang lebih tinggi.

6. Sakit kepala

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami sakit kepala jelang menstruasi. Kondisi ini merupakan hal umum yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar hormon estrogen pada tubuh yang dapat mengganggu kondisi otak.

7. Perubahan suasana hati

Salah satu tanda-tanda haid ini mungkin paling umum dialami oleh wanita. Jelang menstruasi, suasana hati lebih mudah berubah atau sering disebut sebagai mood swing.

Sebelum menstruasi datang, emosi Anda akan menjadi lebih mudah marah atau tiba-tiba menangis. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon.

8. Perut kembung

Perut kembung bisa terjadi meskipun pola makan Anda teratur. Hal ini disebabkan akibat adanya perubahan hormon dan makanan yang dikonsumsi. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi lebih banyak air, makan dalam porsi kecil, serta menghindari makanan yang mengandung gas. Jangan lupa untuk olahraga teratur untuk membantu meringankan gejala ini.

9. Tubuh lebih mudah kelelahan

Perubahan hormone jelang menstruasi juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lelah. Tidak jarang, kondisi ini bisa menyebabkan sulit tidur. Keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya pada saat menstruasi telah dimulai. Untuk meningkatkan kualitas tidur, Anda bisa melakukan olahraga menjadi lebih rutin.

Baca Juga : Bukan Hamil, Kenali 8 Penyebab Haid Tidak Teratur

10. Sensitif terhadap cahaya hingga sentuhan

Kondisi ini bisa membuat wanita tidak nyaman dengan kondisi cahaya yang terlalu silau, gelisah saat berada di tempat yang ramai atau berisik, hingga tidak nyaman jika disentuh oleh orang lain.

Menurut jurnal yang diterbitkan Journal Archives of Gynecology and Obstetrics, beberapa wanita yang mengalami premenstrual syndrome, menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, suara, dan sentuhan.

Cara Mengatasi Tanda-Tanda Haid

Beberapa gejala di atas merupakan hal normal yang terjadi jelang menstruasi. Namun, jika kondisi ini menyebabkan Anda tidak nyaman maka dapat diatasi dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan, seperti:

1. Olahraga rutin

Selain baik untuk Kesehatan, melakukan olahraga secara rutin juga dapat membantu Anda untuk meringankan gejala menstruasi. Olahraga dapat membuat tubuh melepas hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit saat premenstrual syndrome, membuat tubuh lebih rileks, hingga memicu perasaan senang.

BACA JUGA : 4 Jamu Pelancar Haid untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur

Rutin berolahraga juga bisa membantu menurunkan stress, depresi, hingga mengatasi susah tidur. Anda dapat melakukan olahraga ringan, seperti berjalan cepat, jogging, atau berenang. Lakukan olahraga selama 30 menit sehari dan rasakan manfaatnya.

2. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan gejala premenstrual syndrome (PMS) yang berat. Kebiasaan ini bahkan bisa menyebabkan gangguan menstruasi hingga memicu menopause dini. Jika Anda ingin meringankan gejala PMS maka berhenti merokok dan mulai menjalani pola hidup sehat.

3. Istirahat yang cukup

Jika Anda lebih mudah kelelahan atau perubahan suasana hati yang membuat rasa tidak nyaman maka atasi dengan istirahat yang cukup. Normalnya, waktu istirahat untuk dewasa adalah 7-9 jam sehari. Cara ini dapat membantu menurunkan gejala PMS yang mengganggu setiap bulan.

4. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat kompleks

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat mengatasi nafsu makan yang meningkat jelang menstruasi. Cara ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh stabil. Biasakan untuk mengonsumsi jenis makanan ini lebih sedikit namun sering. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari sumber makanan seperti beras merah, roti gandum, dan kacang-kacangan.

Anda juga bisa memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh untuk menurunkan keluhan perut kembung, nyeri pada payudara, hingga perubahan suasana hati (mood swing). Kalsium bisa didapatkan dari sumber makanan seperti sayuran hijau, ikan salmon, dan susu.

5. Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Mengonsumsi kafein dan alkohol bisa menyebabkan susah tidur dan perut terasa kembung sebelum menstruasi. Oleh sebab itu, kurangi asupan kafein dan alkohol seperti kopi dan teh agar tidak menimbulkan gejala yang buruk.

Jika Anda mengalami tanda-tanda haid di atas, tidak perlu khawatir. Namun, jika gejalanya berlangsung hingga menstruasi berakhir dan berkepanjangan maka segera periksakan diri ke dokter.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Matsuura, Y., et al. (2020). Change in appetite and food craving during menstrual cycle in young students. Abbreviation: Int. J. Nutr. Metab. Vol.12(2), pp. 25-30, July 2020. 
  • Farage, M. A., et al. (2008). Cognitive, sensory, and emotional changes associated with the menstrual cycle: a review. Gynecol Obstet. 2008 Oct;278(4):299-307. 
  • Balaha, M. H., et al. (2010). The phenomenology of premenstrual syndrome in female medical students: a cross sectional study. Pan Afr Med J. 2010; 5: 4.
Avatar photo
Share:

 

2 Responses

  1. Saya haid dari umur 9 tahun dari kelas 4 saya mengalami sering marah marah kalau lagi haid

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Humaira arsila Zahra,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter ya bunda

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji