Dokter Spesialis Andrologi Tepat Atasi Ejakulasi Dini

Dokter Spesialis Andrologi Tepat Atasi Ejakulasi Dini

Mengatasi ejakulasi dini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang tepat. Cari tahu dokter spesialis untuk ejakulasi dini, di sini! 

Ejakulasi dini adalah kondisi di mana seorang pria mengalami ejakulasi yang tidak terkendali atau terlalu cepat selama aktivitas seksual, seringkali sebelum dia atau pasangannya menginginkannya. Hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan seksual dan dampak negatif pada kehidupan hubungan. 

Ayah yang mengalami ejakulasi dini dapat mencari bantuan dari dokter spesialis untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan solusi yang tepat guna meningkatkan kualitas kehidupan seksualnya serta memperbaiki hubungan intim dengan pasangan.

Baca Juga: Agar ideal, Berapa Kali Seminggu Sperma Harus Keluar?

Kapan Harus ke Dokter?

Keputusan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai ejakulasi dini sebagian besar tergantung pada tingkat ketidaknyamanan atau dampak negatif yang dialami oleh individu atau pasangannya. 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Namun, berikut adalah beberapa situasi di mana sebaiknya Ayah mempertimbangkan untuk mencari bantuan medis mengenai ejakulasi dini:

1. Masalah Berulang

Jika ejakulasi dini menjadi masalah yang berulang dan terus-menerus mengganggu kepuasan seksual Ayah atau pasangan, ini bisa menjadi alasan untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Stres dan Kecemasan

Jika ejakulasi dini menyebabkan tingkat stres atau kecemasan yang signifikan, sebaiknya Ayah dan Bunda, konsultasi dengan dokter yang dapat membantu menentukan penyebabnya dan memberikan solusi.

3. Masalah Hubungan

Jika ejakulasi dini mempengaruhi hubungan Ayah dan Bunda secara negatif, ini bisa menjadi tanda bahwa bantuan profesional diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini.

4. Masalah Kesehatan yang Mendasari

Jika Ayah memiliki kondisi kesehatan yang mungkin berkontribusi pada ejakulasi dini, seperti diabetes atau gangguan hormonal, konsultasi dengan dokter spesialis dapat membantu mengatasi masalah ini.

5. Upaya Sendiri Tidak Efektif

Jika telah mencoba teknik atau metode pengelolaan diri sendiri tanpa hasil yang memuaskan, berkonsultasi dengan dokter dapat membawa pemahaman yang lebih mendalam dan solusi yang lebih efektif.

Penting untuk Ayah ingat bahwa ejakulasi dini adalah masalah umum dan dapat diatasi dengan bantuan yang tepat. Jadi, carilah pertolongan yang tepat untuk atasi permasalahan Ayah. 

Baca Juga: Ejakulasi Retrograde, Ketika Ejakulasi Tidak Keluar Lewat Depan

Dokter Spesialis untuk Ejakulasi Dini

Penyebab ejakulasi dini dapat bervariasi, termasuk faktor psikologis, fisik, atau kombinasi keduanya. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mencari bantuan profesional. Berikut cara menemukan dokter yang tepat untuk ejakulasi dini.

1. Konsultasi dengan Dokter Umum

Langkah pertama yang disarankan adalah berkonsultasi dengan dokter umum. Dokter umum akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi kesehatan secara umum. Jika ditemukan bahwa ejakulasi dini menjadi masalah, dokter umum dapat merujuk pasien ke dokter spesialis yang lebih berkompeten dalam menangani gangguan seksual.

2. Dokter Andrologi

Dokter spesialis yang dapat membantu mengatasi ejakulasi dini termasuk dokter spesialis andrologi. Andrologi adalah dokter yang ahli dalam masalah kesehatan sistem kemih dan organ reproduksi pria. Mereka dapat melakukan evaluasi menyeluruh untuk menentukan apakah ada masalah fisik yang mendasari ejakulasi dini dan memberikan solusi pengobatan yang sesuai.

3. Ahli Seksologi

Ahli seksologi, di sisi lain, memiliki keahlian khusus dalam masalah seksual dan dapat membantu mengidentifikasi faktor-faktor psikologis yang mungkin berkontribusi pada ejakulasi dini. Mereka dapat memberikan terapi atau konseling untuk membantu pasien mengatasi masalah tersebut.

4. Psikolog atau Psikiater

Jika penyebabnya terkait dengan masalah psikologis, seperti kecemasan atau stres, seorang psikolog atau psikiater juga dapat membantu dengan psikoterapi. Terapi ini bertujuan untuk mengatasi faktor-faktor emosional yang dapat mempengaruhi performa seksual.

Dalam beberapa kasus, dokter dapat meresepkan obat-obatan tertentu atau memberikan terapi khusus untuk membantu mengatasi ejakulasi dini. Obat-obatan, seperti antidepresan tertentu, dapat memiliki efek yang menunda ejakulasi dan digunakan sebagai bagian dari rencana pengelolaan.

Pemeriksaan untuk Ejakulasi Dini

Dokter akan memulai pemeriksaan dengan menanyakan tentang pengalaman seksual Ayah. Kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyai:

  • Berapa lama Ayah mengalami masalah ini? 
  • Dalam keadaan apa ejakulasi dini terjadi? 
  • Seberapa sering ejakulasi dini terjadi? 
  • Apakah ejakulasi dini terjadi setiap kali upaya seksual? 
  • Apakah ejakulasi dini juga terjadi saat masturbasi? 
  • Apakah Ayah mengalami kesulitan mempertahankan ereksi? 

Meskipun pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat pribadi, penting untuk menjawab dengan jujur sehingga dokter dapat mendiagnosis sumber masalah dengan baik.

Dokter juga akan menanyakan tentang kondisi medis lain yang mungkin dimiliki, serta segala jenis obat, suplemen, dan produk herbal yang sedang dikonsumsi. Ayah juga akan ditanyai tentang konsumsi alkohol dan gaya hidup.

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat membantu mencegah ejakulasi dini. Dengan melibatkan pasangan dan berkonsultasi dengan dokter yang tepat, maka semakin cepat Ayah menemukan solusi untuk atasi ejakulasi dini. 

Meskipun ejakulasi dini tidak berkaitan dengan fertilitas atau kesuburan Ayah, namun masalah ini bisa menyebabkan ketidakpuasan dalam hubungan yang mungkin bisa menunda Bunda untuk cepat hamil. Baca informasi lainnya mengenai program hamil di Bocah Indonesia. 

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Mulawkar, P.M., Maheshwari, P.N., & Agrawal, S.G. (2021). Clinical Andrologists: Do We Really Need Them in the Era of ART? Journal of Human Reproductive Sciences, 14(2), pp. 105–112. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/34316224/
  • National Institute of Health (2020). National Institute on Aging. How to Prepare for a Doctor’s Appointment.
  • Cleveland Clinic (2019). Sexual Dysfunction in Males.
  • Gurevich, R. Verywell Family (2020). Types of Fertility Doctors and Specialties.
  • WebMD (2021). What is an Erectile Dysfunction Specialist?
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji