Mengenal Lebih Dalam Spesialis Andrologi, Ahli Masalah Reproduksi Pria

dokter andrologi

Pernahkah Anda atau kerabat diminta mengunjungi dokter spesialis andrologi? Banyak orang yang masih awam dengan spesialis andrologi. 

Padahal salah satu bidang spesialis kedokteran ini merupakan bagian penting untuk permasalah reproduksi pria. Lantas, kapan harus melakukan kunjungan? Masalah apa saja yang bisa ditangani? Berikut simak informasinya.

Apa Itu Dokter Spesialis Andrologi?

Andrologi berasal dari bahasa Yunani, yakni andro dan logos. Andros artinya pria dan logos artinya pengetahuan. Andrologi adalah cabang ilmu kedokteran yang fokus menangani masalah yang berkaitan dengan sistem reproduksi pria.

Dokter spesialis andrologi secara khusus menangani beberapa kondisi yang berkaitan dengan anatomi – fisiologis dan kesehatan sistem reproduksi pria. Perlu diketahui, dokter spesialis andrologi memiliki gelar Sp.And di belakangnya.

Dalam praktiknya, dokter spesialis andrologi dapat bekerja sama dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) untuk menangani pasien yang hendak melakukan program hamil.

Cabang ilmu ini juga berkaitan dengan masalah pada urologis yang ditemukan pada pria. Namun, apa perbedaan dokter spesialis andrologi dan dokter spesialis urologi?

Perbedaan Andrologi dan Urologi

Meski sama-sama berada di bidang masalah reproduksi, nyatanya andrologi dan urologi memiliki keahlian yang berbeda. 

Jika Andrologi fokus pada permasalahan sistem reproduksi pria, urologi secara khusus membahas saluran kemih dan sistem reproduksi, baik yang terjadi pada pria maupun wanita.

Beberapa kondisi kesehatan yang ditangani oleh dokter urologi, seperti gangguan prostat, penyakit ginjal (batu ginjal atau gagal ginjal), disfungsi ereksi, infeksi saluran kemih, inkontinensia, dan prolaps pada wanita.

lambang pria

Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Andrologi

Tidak hanya untuk pria yang mengalami masalah kesuburan, pemeriksaan andrologi dapat dilakukan oleh pria yang memiliki masalah pada penis dan sistem urogenital. 

Hal ini lantaran, dokter spesialis andrologi berkaitan menangani kondisi yang berkaitan dengan anatomi – fisiologis.

Beberapa masalah yang ditangani oleh dokter spesialis andrologi, meliputi:

  • Gangguan kesuburan (infertilitas)

Masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh wanita tetapi juga pada pria. Masalah kesuburan yang ditemukan pada faktor pria mencapai 30 – 50%. 

Beberapa kondisi yang memengaruhi infertilitas pria adalah jumlah sperma yang sedikit, bentuk sperma abnormal, hingga pergerakan (motilitas) sperma. Salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kesuburan adalah tes analisis sperma.

  • Disfungsi ereksi

Gangguan seksual pria berkaitan dengan disfungsi ereksi (impotensi). Kondisi ini merupakan di mana ketidakmampuan pria mendapatkan atau mempertahankan ereksi.

  • Masalah pada penis dan testis

Beberapa masalah yang berkaitan dengan penis dan testis yang ditangani oleh dokter spesialis andrologi adalah varikokel, penyakit Peyronie, balanitis, trauma, dan torsio testis. Nantinya dokter akan memberikan penanganan serta pengobatan yang tepat.

  • Gangguan Pada Sistem Urogenital atau Genitourinari

Kondisi ini berkaitan dengan sistem reproduksi dan sistem kemih pada pria, seperti penyakit kandung kemih dan penyakit prostat.

  • Gangguan Hormon

Salah satu gangguan sistem hormon yang terjadi pada pria. Masalah hormon yang terjadi seperti kekurangan hormon ataupun kelebihan hormon. Melakukan konsultasi dengan dokter andrologi dapat membantu menemukan penyebab hingga perawatan yang tepat.

Kapan Perlu Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Andrologi?

Mungkin Anda penasaran kapan harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi. Anda dapat melakukan konsultasi apabila:

  • Pria yang khawatir dengan masalah kesuburan akibat sulit hamil setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan.
  • Ujung penis terasa sakit seperti terbakar. Kondisi ini biasanya disertai dengan keluarnya cairan putih. Hal tersebut merupakan gejala dari balanitis (infeksi kepala penis) atau gejala penyakit kelamin.
  • Kelainan bentuk penis, misalnya penis bengkok dapat ditimbulkan oleh penyakit Peyronie atau cedera penis.
  • Mengalami ejakulasi dini atau menderita disfungsi ereksi.
  • Testis menimbulkan rasa nyeri yang disebabkan oleh torsio testis, yakni kondisi testis yang terpelintir sehingga aliran darah dan oksigen tidak lancar.
  • Skrotum terasa pegal atau berat. Hal tersebut bisa menjadi sebuah gejala dari varikokel atau pembesaran pembuluh darah vena pada testis.
  • Kompetensi yang Dimiliki Dokter Andrologi

Memiliki keahlian khusus mengenai sistem reproduksi pria, seorang dokter andrologi memiliki kompetensi dalam melakukan berbagai prosedur medis. 

Terdapat beberapa prosedur dan tindakan medis yang dapat dilakukan oleh dokter andrologi :

  • Analisis air mani dan sperma.
  • Kriopreservasi atau metode yang digunakan untuk menyimpan dan membekukan sperma.
  • Perawatan yang dilakukan untuk membantu proses pembuahan.
  • Terapi hormon.
  • Prosedur bayi tabung (in vitro fertilization).
  • Kontrasepsi pria.

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bertemu Dokter Andrologi

Ketika Anda ingin melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar memudahkan dokter andrologi dalam memberikan diagnosis. Berikut hal-hal yang disiapkan, seperti:

  • Surat rujukan dari dokter umum atau dokter kandungan jika ada.
  • Hasil pemeriksaan jika sudah pernah melakukan sebelumnya.
  • Catatan terkait keluhan atau gangguan seputar organ reproduksi yang dialami.
  • Catatan riwayat penyakit yang dimiliki atau penggunaan obat/suplemen yang sedang dikonsumsi.

Kapan Perlu Melakukan Pemeriksaan ke Dokter Spesialis Andrologi?

Mungkin Anda penasaran kapan harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi. Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter andrologi, apabila:

  • Pria yang khawatir dengan masalah kesuburan akibat sulit hamil setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan.
  • Ujung penis terasa sakit seperti terbakar. Kondisi ini biasanya disertai dengan keluarnya cairan putih. Hal tersebut merupakan gejala dari balanitis (infeksi kepala penis) atau gejala penyakit kelamin.
  • Kelainan bentuk penis, misalnya penis bengkok dapat ditimbulkan oleh penyakit Peyronie atau cedera penis.
  • Mengalami ejakulasi dini atau menderita disfungsi ereksi.
  • Testis menimbulkan rasa nyeri yang disebabkan oleh torsio testis, yakni kondisi testis yang terpelintir sehingga aliran darah dan oksigen tidak lancar.
  • Skrotum terasa pegal atau berat. Hal tersebut bisa menjadi sebuah gejala dari varikokel atau pembesaran pembuluh darah vena pada testis.

Cara Dokter Andrologi Melakukan Pemeriksaan ke Pasien

Meski banyak yang masih awam terkait dokter spesialis andrologi ini namun Anda perlu tahu bagaimana cara dokter andrology melakukan pemeriksaan. Terdapat beberapa jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis andrologi. Terkait masalah kesuburan pria, maka beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, yakni:

  • Analisis Semen

Salah satu pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis andrologi adalah analisis semen. Analisis semen merupakan pemeriksaan utama untuk mengetahui kondisi kesuburan pria. Melalui analisis semen, dokter dapat mengetahui jumlah, motilitas, hingga kualitas sperma yang terkandung dalam air mani.

  • Uji Fragmentasi DNA Sperma

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengukur jumlah kerusakan DNA pada sperma yang terkandung dalam air mani. Kerusakan DNA sperma bisa disebabkan oleh stres oksidatif. Pria yang memiliki masalah kerusakan DNA sperma tentu mengalami masalah kesuburan. Setiap pria memiliki sejumlah potensi kerusakan DNA pada sperma namun fragmentasi DNA sperma cenderung lebih tinggi dibandingkan pria yang tidak subur.

  • Uji Stres Oksidatif Sperma

Salah satu penyebab infertilitas pada pria adalah stres oksidatif. Kondisi ini bisa menyebabkan masalah kesuburan terutama pada pria yang memiliki infertilitas tidak dapat dijelaskan. Tidak hanya memengaruhi kondisi sperma, stres oksidatif dapat memengaruhi penurunan kadar hormon testosteron.

  • Pemeriksaan Kelangsungan Hidup Sperma

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara pencucian sperma dari cairan mani. Tes ini bertujuan untuk mengukur fungsi sperma terutama bagi pasangan yang hendak melakukan inseminasi maupun program hamil bayi tabung.

  • Analisis Semen Retrograde

Pemeriksaan ini dilakukan jika seorang pria menghasilkan sedikit air mani dan jumlah sperma yang rendah pada analisis air mani pertama. Kondisi tersebut menunjukkan jika Anda mengalami ejakulasi retrograde. Ejakulasi retrograde terjadi ketika cairan ejakulat yang harusnya keluar melalui penis pada saat orgasme justru masuk ke dalam kemih.

Daftar Dokter Andrologi di Bocah Indonesia

Pusat Fertilitas Bocah Indonesia memiliki dokter spesialis andrologi terbaik yang membantu Anda mengatasi masalah pada reproduksi pria, yakni:

Layanan Andrologi di Bocah Indonesia

Keahlian khusus yang dimiliki dokter spesialis andrologi dapat membantu Anda mengatasi masalah pada reproduksi pria dan terkait kesuburan. Di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia sendiri memiliki layanan konsultasi lanjutan Bernama Fertility Workup.

Layanan ini  merupakan konsultasi yang komprehensif untuk mengevaluasi pemeriksaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Layanan konsultasi ini tersedia dua jenis, yakni secara tatap muka langsung maupun daring (online).

Sudah paham kan peran dokter spesialis andrologi? Tidak perlu khawatir lagi, jika Anda memiliki masalah pada reproduksi pria, segera lakukan pemeriksaan.

Kesimpulan

Pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi tidak hanya dilakukan oleh pria yang mengalami masalah kesuburan namun juga untuk pria yang mengalami gejala atau masalah pada sistem reproduksi. 

Melakukan pemeriksaan sistem reproduksi secara berkala juga penting untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi Anda.

Fertility Workup Andrologi Bocah Indonesia

Fertility workup andrologi merupakan layanan konsultasi untuk cek kesuburan bagi Ayah.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?