Cara Ampuh Buat Ejakulasi Dini Sembuh

Cara Ampuh Buat Ejakulasi Dini Sembuh

Ejakulasi dini adalah masalah seksual paling umum bagi pria tetapi apakah itu permanen atau dapat disembuhkan? Cari tahu jawabannya di sini! 

Ejakulasi dini adalah kondisi di mana Ayah tidak dapat menunda atau mengendalikan ejakulasi. Ini adalah masalah seksual paling umum yang memengaruhi pria dan dapat terjadi pada semua usia, bukan hanya selama masa pubertas. 

Beberapa pria mungkin merasa tidak nyaman atau malu untuk membicarakan hal ini. Namun, pengobatan yang tepat akan membantu menyembuhkan ejakulasi dini secara permanen. Tergantung pada penyebabnya, proses penyembuhan bisa berbeda-beda.

Baca Juga: Terlalu Lama Duduk, Kualitas Sperma Memburuk? 

Jenis-jenis Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini dibagi menjadi dua jenis utama, yakni ejakulasi dini sepanjang hidup (primer) dan ejakulasi dini yang didapat (sekunder)

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Ejakulasi dini sepanjang hidup disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia di bagian otak yang mengontrol ejakulasi, dan meskipun tidak selalu dapat disembuhkan, terdapat perawatan dan obat-obatan yang dapat membantu mengelola kondisi ini. 

Sementara itu, ejakulasi dini sekunder seringkali dipicu oleh faktor psikologis seperti kecemasan, depresi, dan stres, atau faktor fisik seperti diabetes, penyakit prostat, gangguan tiroid, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, atau trauma seksual. 

Faktor gaya hidup seperti konsumsi alkohol berlebihan, dan merokok juga dapat berkontribusi pada ejakulasi dini sekunder. Meskipun kedua jenis tersebut dapat diatasi, pengobatan atau perawatan mungkin berbeda tergantung pada penyebab spesifiknya.

Bisakah Ejakulasi Dini Sembuh Permanen?

Untuk ejakulasi dini bisa disembuhkan secara permanen, jawabannya tergantung pada jenis ejakulasi dini yang dialami dan penyebabnya. Jika Ayah mengalami ejakulasi dini sepanjang hidup, kondisi ini mungkin tidak sepenuhnya disembuhkan. 

Namun, terdapat berbagai perawatan dan obat-obatan yang dapat membantu mengelola gejalanya dan meningkatkan kontrol ejakulasi.

Di sisi lain, jika ejakulasi dini disebabkan oleh faktor-faktor seperti stres, kecemasan, atau masalah hubungan, maka peluang penyembuhan lebih besar. Penanganan yang tepat, seperti terapi psikologis, konseling seksual, dan perubahan gaya hidup, dapat membantu mengatasi faktor pemicu dan mengurangi gejala ejakulasi dini.

Penting untuk berbicara dengan dokter untuk menentukan penyebab spesifik ejakulasi dini yang Ayah alami dan merencanakan perawatan yang sesuai.

Apakah Ejakulasi Dini Bisa Disembuhkan Secara Permanen?

Menyembuhkan ejakulasi dini melibatkan berbagai pendekatan, tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Konseling atau Terapi Seksual

Jika ejakulasi dini disebabkan oleh faktor psikologis seperti kecemasan, depresi, masalah hubungan, maka konseling atau terapi seksual dapat membantu mengatasinya. Konseling dapat membantu mengidentifikasi penyebab akar masalah dan memberikan dukungan emosional.

2. Teknik Pengendalian Ejakulasi

Beberapa teknik seperti start-stop technique (menghentikan stimulasi seksual saat merasa ejakulasi mendekat) atau teknik pause-squeeze (memegang atau meremas kepala penis saat ejakulasi mendekat) dapat membantu meningkatkan kendali ejakulasi.

Baca Juga: Rangkaian Tes Kesuburan Pria yang Harus Kamu Ketahui Untuk Mulai Program Hamil 

3. Senam Kegel

Senam kegel adalah serangkaian latihan untuk menguatkan otot panggul, yang juga dikenal sebagai otot dasar panggul. Meskipun sering kali dikaitkan dengan wanita untuk memperkuat otot-otot panggul bawah, senam kegel juga dapat memberikan manfaat bagi pria, termasuk membantu mengatasi ejakulasi dini.

4. Perubahan Gaya Hidup

Merubah gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, dan mengadopsi pola makan yang sehat yang dapat berkontribusi pada mengatasi ejakulasi dini.

5. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs), dapat membantu menunda ejakulasi. Namun, penggunaan obat-obatan ini harus dengan resep dan diawasi oleh dokter.

6. Pengobatan Topikal

Krim atau gel yang mengandung bahan mati rasa dapat digunakan untuk mengurangi sensitivitas pada penis sehingga membantu menunda ejakulasi. Namun, penggunaannya harus sesuai petunjuk dan dengan pertimbangan yang tepat.

7. Suplemen atau Pengobatan Herbal

Suplemen atau pengobatan herbal dapat menjadi alternatif alami untuk mengatasi ejakulasi dini. Namun, perlu dicatat bahwa efektivitas dan keamanan dari suplemen atau pengobatan herbal  belum sepenuhnya teruji melalui penelitian ilmiah yang kuat. 

Beberapa bahan alami yang sering dikaitkan dengan pengobatan ejakulasi dini melibatkan:

  • Tribulus Terrestris, ekstrak Tribulus Terrestris dapat membantu meningkatkan fungsi seksual termasuk mengatasi ejakulasi dini. Namun, bukti ilmiah yang mendukung klaim ini masih terbatas.
  • Maca root atau akar maca diklaim memiliki sifat adaptogen dan dapat membantu mengatasi masalah seksual, termasuk ejakulasi dini. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengonfirmasi manfaatnya.
  • Ginseng sering dikaitkan dengan peningkatan energi dan fungsi seksual. Beberapa studi menunjukkan potensi ginseng dalam meningkatkan fungsi ereksi, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk menilai pengaruhnya pada ejakulasi dini.
  • Saw Palmetto, beberapa orang mengklaim bahwa ekstrak saw palmetto dapat membantu mengatasi ejakulasi dini, meskipun bukti ilmiahnya masih belum pasti.
  • Daun Ginkgo Biloba dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke daerah genital dan dapat digunakan dalam upaya mengatasi masalah ejakulasi dini.

Meskipun beberapa orang melaporkan manfaat dari penggunaan suplemen atau obat herbal ini, penting untuk diingat bahwa respons tubuh dapat bervariasi dan efektivitasnya belum sepenuhnya terbukti secara klinis. 

Sebelum mencoba suplemen atau pengobatan herbal, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan dan kesesuaian dengan kondisi kesehatan Ayah. Jangan menggantikan pengobatan medis yang mungkin diresepkan oleh dokter tanpa berkonsultasi terlebih dahulu.

Jika Ayah Bunda sedang menjalani program hamil, temukan tips cepat hamil dan informasi seputar fertilitas atau kesuburan melalui artikel di Bocah Indonesia.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Zhang, W., et al. (2022). Poor Sleep Quality is an Independent Risk Factor for Acquired Premature Ejaculation. Nature and Science of Sleep, 14, pp. 255–263. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/35228824/
  • El-Hamd, M. A., Saleh, R., & Majzoub, A. (2019). Premature Ejaculation: An Update on Definition and Pathophysiology. Asian Journal of Andrology, 21(5), pp. 425–432. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6732885/
  • National Health Service UK (2020). Can Premature Ejaculation be Controlled?
  • Flo Health (2021). How to Be Good in Bed for Your Partner: 10 Incredible Tips
  • Scaccia, A. Healthline (2023). 12 Best Home Remedies for Premature Ejaculation.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji