Manfaat Buah Kiwi untuk Promil

manfaat-buah-kiwi-untuk-promil

Manfaat buah kiwi untuk promil dapat menangkal radikal bebas, mendukung tumbuh kembang otak janin, hingga menjaga tekanan darah tetap stabil.

Buah-buahan merupakan salah satu sumber mineral dan vitamin yang dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Tidak heran jika buah menjadi salah satu asupan yang harus dikonsumsi baik pada saat sebelum promil bahkan hingga melahirkan.

Kandungan nutrisi pada buah-buahan memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan, termasuk untuk menjalani program hamil. Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat menjalani program hamil adalah kiwi.

Kiwi mengandung nutrisi tinggi yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Hal ini lantaran kandungan antioksidan pada buah ini dapat membantu meningkatkan kesuksesan program hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah yang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah yang memiliki warna daging yang khas yakni hijau ini memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, hingga antioksidan.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kiwi:

  • Serat: 3 gr
  • Protein: 1,14 gr
  • Energi: 61 Kal
  • Vitamin C: 92,7 mg
  • Vitamin E: 1,46 mg
  • Vitamin K: 40,3 mg
  • Kalsium: 34 mg
  • Glukosa: 4,11 gr
  • Fruktosa: 4,35 gr
  • Magnesium: 17 mg

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang melimpah pada buah kiwi memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah kiwi dapat memberikan manfaat seperti:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah kiwi yang tinggi dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini lantaran vitamin C dapat melawan infeksi akibat bakteri dan virus.

Baca Juga : Buah untuk Promil yang bisa meningkatkan kesuburan

Kebutuhan nutrisi vitamin C pada tubuh dapat terpenuhi seharian dengan 1 gelas buah kiwi. Menurut jurnal yang diterbitkan Canadian Science Publishing, mengkonsumsi buah kiwi dapat mengurangi jangka waktu flu yang dialami oleh anak-anak.

  • Menjaga tekanan darah

Manfaat lainnya yang Anda peroleh dari mengkonsumsi buah kiwi adalah menjaga tekanan darah. Hal ini lantaran kandungan kalium tinggi pada buah kiwi dapat membantu melancarkan aliran darah.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Blood Press, mengungkapkan jika mengkonsumsi 3 buah kiwi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Mengkonsumsi buah kiwi secara rutin serta mengurangi asupan makanan yang mengandung garam tinggi dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat, enzim actinidin, dan komponen fenolik dapat membantu mencegah masalah pencernaan, seperti diare dan konstipasi. Selain itu, enzim actinidin dapat membantu mempercepat pencernaan protein.

  • Mengatasi asma

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin juga bisa membantu mengatasi asma. Kandungan vitamin C di dalamnya memberikan manfaat pada fungsi pernapasan. 

Mengingat buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat mengurangi masalah pernapasan yang tersendat pada anak-anak yang menderita asma.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, coba konsumsi buah kiwi secara rutin. Buah kiwi memiliki potensi mengatasi gangguan tidur pada orang dewasa. Hal ini lantaran senyawa antioksidan dan serotonin pada buah kiwi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dari Taipei Medical University, mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur selama 4 minggu dapat memudahkan responden untuk tidur dan meningkatkan durasinya.

  • Mempercepat masa penyembuhan luka

Mengkonsumsi buah kiwi dapat mempercepat waktu penyembuhan luka. Kandungan mikronutrien pada buah kiwi yakni vitamin C dan vitamin K memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C memiliki peran dalam membantu produksi kolagen.

Baca Juga : Manfaat Buah Zuria untuk Promil

Selain itu, vitamin C juga memiliki peranan penting sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan sel yang terjadi.

Tidak hanya itu, vitamin K pada buah kiwi dapat mencegah perdarahan berlebihan dan meningkatkan proses pembekuan darah.

  • Mencegah kanker

Antioksidan memiliki peranan penting pada tubuh untuk mencegah radikal bebas. Hal ini juga yang mempengaruhi buah kiwi dapat membantu mencegah kanker. Hal ini lantaran antioksidan di dalamnya dapat melindungi kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Manfaat Buah Kiwi untuk Promil

Khasiat buah kiwi lainnya juga dapat membantu pasangan suami istri yang sedang menjalani program hamil, lho.

Buah yang memiliki kulit dengan bulu-bulu tipis ini mengandung folat. Folat sendiri memiliki peranan penting bagi pasangan yang menjalani promil maupun yang tengah hamil.

  • Mengurangi risiko bayi cacat lahir

Peran folat pada buah kiwi menjadi nutrisi penting untuk perkembangan janin. Mengkonsumsi satu buah kiwi dapat memenuhi kebutuhan folat harian Anda.

Fungsi folat bisa membantu proses pembentukan sel pada janin yang dapat membantu mencegah terjadinya cacat lahir. Selain itu, mengkonsumsi folat saat promil dapat membantu tubuh menyiapkan kehamilan.

  • Meningkatkan jumlah sperma

Buah kiwi mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, kandungan folat di dalamnya juga membantu meningkatkan jumlah sperma. Kondisi ini tentu juga akan meningkatkan peluang kehamilan Anda ketika Anda memakan dan merasakan manfaat buah kiwi untuk promil.

Efek Samping Buah Kiwi

Buah kiwi memang memiliki manfaat yang melimpah untuk kesehatan namun nyatanya buah kiwi juga bisa memberikan efek samping.

Meski jarang terjadi, kasus alergi buah kiwi bisa dialami oleh seseorang. Beberapa tanda-tanda Anda alergi mengkonsumsi buah kiwi:

  • Sakit perut
  • Mual
  • Rasa gatal di mulut dan tenggorokan
  • Ruam dan peradangan pada kulit

Meski kiwi bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan namun bukan berarti kiwi menjadi sumber utama asupan nutrisi. Anda perlu menyeimbangkan nutrisi dengan mengonsumsi buah dan jenis sayuran lainnya.

Sebaiknya ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang serta lakukan pemeriksaan kesuburan ke dokter.

cheer

Jika Anda ingin meningkatkan program hamil, kami memiliki layanan yang tepat untuk Anda. Silakan isi formulir di bawah ini. Tim kami segera menghubungi Anda.

Program hamil yang sukses merupakan impian suami istri. Segera periksakan kondisi kesuburan Anda ke dokter.

  • Hsiao, H. L., et al. (2011). Effect of kiwifruit consumption on sleep quality in adults with sleep problems. Asia Pac J Clin Nutr. 2011;20(2):169-74.
  • Stonehouse, W., et al. (2012). Kiwifruit: our daily prescription for health. Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, 91(6), 442–447.
  • Svendsen, M., et al. (2015). The effect of kiwifruit consumption on blood pressure in subjects with moderately elevated blood pressure: A randomized, controlled study. Blood Pressure, Volume 24, 2015 – issue 1.
  • Kunzmann, A. T., et al. (2015). Dietary fiber intake and risk of colorectal cancer and incident and recurrent adenoma in the Prostate, Lung, Colorectal, and Ovarian Cancer Screening Trial. Am J Clin Nutr. 2015 Oct; 102(4): 881–890.
  • McRae, M. P. (2017). Dietary Fiber Is Beneficial for the Prevention of Cardiovascular Disease: An Umbrella Review of Meta-analyses. J Chiropr Med. 2017 Dec; 16(4): 289–299.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?