Alat Tes Kehamilan Demi Hadirnya Keturunan

Alat Tes Kehamilan

Untuk mendapatkan hasil tes yang tepat dan akurat, Bunda perlu tahu cara kerja dan waktu yang tepat untuk menggunakan tes kehamilan. Cari tahu di sini! 

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Bunda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Jika tes kehamilan positif, itu menandakan jika Bunda hamil. Sebaliknya, jika hasil tesnya negatif maka berarti Bunda tidak hamil. Tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi human chorionic gonadotropin (HCG), hormon yang dibuat tubuh saat seorang wanita hamil. 

Secara umum ada 2 jenis tes kehamilan, yakni tes urine dan tes darah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tes kehamilan, cara menggunakan, mana yang lebih akurat dan waktu yang tepat cari tahu informasinya melalui artikel ini.

Baca juga: Cara Menggunakan Test Pack yang Benar untuk Tes Kehamilan 

Cara Kerja Alat Tes Kehamilan yang Akurat

Pada umumnya, ketika Bunda menjalani tes kehamilan, alat tes kehamilan akan mengidentifikasi jumlah human chorionic gonadotropin (HCG) yang ada di dalam tubuh. HCG dapat ditemukan dalam urine atau darah. HCG memerlukan waktu untuk terakumulasi dalam tubuh. 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Pada awal kehamilan, produksi HCG dalam tubuh Bunda akan meningkat setiap hari. Seiring berjalannya waktu, jumlah HCG dalam tubuh akan bertambah sehingga membuat hasil tes kehamilan lebih cenderung positif. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu untuk melakukan tes kehamilan, jika tes dilakukan terlalu dini, hasilnya mungkin akan menunjukkan hasil negatif.

Untuk mengetahui kehamilan pertama kali kebanyakan pasangan suami istri melakukan tes kehamilan menggunakan urine di rumah dengan menggunakan test pack atau alat tes kehamilan mandiri. 

Dalam tes urine, suatu strip reaktif akan mengidentifikasi adanya HCG. Tes ini bisa menunjukkan tanda plus (+), dua garis vertikal, atau bahkan kata “hamil.” Berbagai jenis tes memiliki cara unik dalam menunjukkan hasil positif.

Sebelum menggunakan test pack ada baiknya Bunda membaca petunjuk yang disertakan dalam tes untuk mengetahui bagaimana hasil positif akan ditampilkan. Perlu diingat bahwa merek tes yang berbeda mungkin memerlukan waktu yang berbeda untuk menunjukkan hasilnya.

Test pack dapat dibeli di apotek tanpa perlu resep dokter dan biasanya ditawarkan dalam variasi harga yang beragam. Test pack dapat digunakan secara mandiri tanpa perlu bantuan orang lain. 

Pemeriksaan kehamilan lainnya yaitu melalui tes darah yang dilakukan di fasilitas penyedia layanan medis dan melibatkan pengambilan sampel darah. Jika Bunda melakukan tes darah untuk kehamilan, dokter akan mengambil sampel darah dan mengirimkannya ke laboratorium. Di laboratorium, jumlah HCG dalam darah akan diukur. Dokter akan menghubungi Bunda untuk memberikan hasil tes tersebut.

Kemudian, jika test pack atau tes darah menunjukan hasil positif, metode lain untuk memverifikasi kehamilan selanjutnya adalah melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG). Penyedia layanan medis akan menjalankan pemeriksaan USG di rumah sakit atau klinik.

Baca juga: Testpack Positif Samar, Apakah Tanda Hamil? dan Apa yang Harus Dilakukan 

Kapan Waktu yang Tepat Gunakan Tes Kehamilan?

Untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang tepat dan akurat maka perlu dilakukan di waktu yang tepat. Seringkali para Ayah Bunda mendapatkan hasil yang tidak akurat karena terlalu dini dalam menggunakan tes kehamilan. 

Dalam banyak kasus, untuk mendapatkan hasil tes kehamilan yang akurat maka Bunda disarankan melakukan tes di rumah paling cepat 10 hari setelah pembuahan atau tunggu sampai tanggal menstruasi terlewat untuk menggunakan tes. 

Ingat, jika melakukan tes terlalu cepat, hasil tes bisa menunjukkan negatif meski Bunda sedang hamil. Jika Bunda mendapatkan hasil negatif dan kemudian tidak terjadi menstruasi di bulan itu maka cobalah lakukan tes lagi.

Ayah dan Bunda juga mungkin bertanya-tanya tentang waktu yang tepat menggunakan tes kehamilan di rumah, apakah pagi hari atau malam hari? 

Secara umum, waktu terbaik dalam penggunaan tes kehamilan adalah pada saat pertama kali buang air kecil di pagi hari. Namun, beberapa tes kehamilan cukup sensitif untuk mendeteksi HCG kapan pun Bunda melakukan tes. 

Jika memungkinkan, cobalah menunggu hingga tiga jam sejak terakhir kali Bunda buang air kecil sebelum mengikuti tes. Bunda juga dapat melakukan dua tes kehamilan di satu hari untuk memastikan hasil yang sama.

Cara Menggunakan Tes Kehamilan di Rumah

Sebagian besar tes kehamilan di rumah 99% efektif bila digunakan dengan benar. Tes ini juga mudah digunakan dan relatif tidak mahal. Agar mendapatkan hasil yang akurat penting untuk membaca instruksi pada label kemasan. 

Pada umumnya ada 3 cara untuk melakukan tes kehamilan di rumah:

  1. Kencing dalam cangkir bersih. Kemudian, letakkan satu hingga beberapa tetes kencing bunda di atas test pack.
  2. Tempatkan strip tes kehamilan di aliran urine saat buang air kecil.
  3. Kencing dalam cangkir bersih lalu celupkan strip tes atau test pack ke dalam kencing saat masih di dalam cangkir.

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika bunda melakukan tes kehamilan di rumah, termasuk:

  • Gunakan kencing pagi pertama, jika bisa. Ini adalah waktu ketika tingkat HCG bunda akan menjadi yang paling terkonsentrasi dan mudah dideteksi. Jika melakukannya di waktu lain, pastikan kencing bunda sudah berada di kandung kemih setidaknya selama tiga jam.
  • Jangan minum cairan dalam jumlah berlebihan sebelum melakukan tes kehamilan. Ini dapat mencairkan atau mengencerkan kadar HCG.
  • Periksa tanggal kedaluwarsa pada alat tes kehamilan.
  • Bacalah petunjuk secara menyeluruh sebelum memulai tes dan ikuti setiap langkah dengan tepat.

Baca juga: Waduh, Alami Gejala Hamil Tapi Test Pack Negatif? Ini Dia Penyebabnya! 

Mengetahui Cara Kerja Tes Darah untuk Deteksi Kehamilan

Tes kehamilan jenis ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sedikit sampel darah dari pembuluh darah di lengan. Tes darah ini tidak hanya mendeteksi apakah hormon kehamilan ada di dalam tubuh, tetapi juga dapat menentukan seberapa banyak hormon tersebut ada. 

Tes darah untuk kehamilan mungkin dilakukan dalam keadaan khusus, seperti untuk orang yang menjalani perawatan kesuburan atau ketika penyedia layanan kesehatan berpikir mungkin ada masalah.

Tes darah ini sedikit lebih sensitif daripada tes urine karena dapat mendeteksi kadar HCG yang sangat kecil. Itu berarti mereka dapat memberikan jawaban yang lebih akurat sejak awal kehamilan dalam waktu tujuh hingga 10 hari setelah pembuahan. 

Untuk melakukan tes ini, dokter akan mengambil sampel darah, kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Hasil mungkin berlangsung dari beberapa jam sampai dua hari.

Keunggulan dan kekurangan tes kehamilan

Kesimpulannya, baik tes kehamilan urine mandiri maupun tes darah memiliki potensi untuk memberikan hasil yang akurat, asalkan digunakan dengan benar. Jika Ayah Bunda sedang melakukan program hamil maka sebaiknya ikuti berbagai langkah yang diperlukan untuk memastikan kehamilan yang sehat.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • American Pregnancy Association. Pregnancy Tests. Diakses 2023. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/are-you-pregnant/pregnancy-tests/
  • Gnoth C, Johnson S. Strips of Hope: Accuracy of Home Pregnancy Tests and New Developments. Diakses 2023. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4119102/
  • Planned Parenthood. Pregnancy Tests. Diakses 2023. https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests
  • US Department of Health and Human Services, Office on Women’s Health. Pregnancy tests. Diakses 2023.  https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/pregnancy-tests
  • US Food and Drug Administration. Pregnancy. Diakses 2023.  https://www.fda.gov/medical-devices/home-use-tests/pregnancy
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji