5 Tips Hamil Cepat Setelah Menikah

tips-hamil-cepat-setelah-menikah

Peluang kehamilan wanita terjadi jika melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi secara rutin. Apalagi jika Anda dan pasangan melakukan hubungan suami istri pada saat masa subur wanita berlangsung. Pada masa ini waktu Anda memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan kehamilan.

Penyebab Susah Hamil

Namun, bagi beberapa pasangan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kehamilan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Usia

Tahukah Anda? Usia sangat mempengaruhi pasangan yang mendambakan kehamilan. Fungsi tubuh wanita akan mengalami penurunan pada usia 35 tahun, salah satunya sel telur. Kuantitas dan kualitas sel telur yang diproduksi akan menurun secara signifikan ketika wanita memasuki usia 35 tahun.

Tidak hanya terjadi pada wanita, usia juga mempengaruhi pria. Kesuburan pria akan menurun secara signifikan pada usia 38 tahun.

  • Masalah Kesuburan

Pasangan yang sulit hamil bisa disebabkan karena adanya masalah kesuburan pada masing-masing individu atau keduanya. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kondisi medis hingga tanpa sebab tertentu.

Pada wanita, masalah kesuburan bisa disebabkan gaya hidup, usia, dan kondisi fisik. Biasanya, masalah kesuburan pada wanita yang sering dialami yakni gangguan ovulasi, endometriosis, masalah tuba falopi,  infertilitas idiopatik, dan lain-lain.

Sedangkan pada pria, faktor risiko yang menjadi penyebab infertilitas, yakni usia, gaya hidup, paparan zat berbahaya, dan infertilitas tanpa sebab tertentu. Masalah kesuburan pada pria yang biasanya dialami pria, seperti:

Hormonal

Riwayat Medis

  • Infeksi kelenjar dan saluran genital
  • Penyakit sistemik
  • Penggunaan obat tertentu
  • Riwayat tindakan medis
  • Kanker

Fisik

  • Kelainan genetik
  • Testis tidak turun
  • Testis terpuntir
  • Gangguan saluran genital
  • Varikokel
  • Riwayat trauma

Seksual

  • Anejakulasi
  • Gangguan ereksi
  • Ejakulasi retrograde
  • Hormon

Kondisi hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan pasangan sulit mendapatkan keturunan. 

Hormon yang tidak seimbang bisa menjadi faktor beberapa kondisi pada wanita dan pria. Pada wanita, ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan sindrom ovarium polikistik (PCOS), anovulasi, siklus menstruasi tidak teratur, dan lain-lain.

Pada pria, ketidakseimbangan hormon bisa menyebabkan beberapa kondisi, seperti hipotiroid, hiperprolaktinemia, hipogonadisme, dan lain-lain.

Tips Cepat Hamil

Bagi pasangan yang ingin cepat hamil, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan keturunan. Berikut beberapa tips hamil yang bisa Anda lakukan agar kehamilan cepat terjadi.

  • Jalani Pola Hidup Sehat

Gaya hidup bisa mempengaruhi pasangan dalam mendapatkan keturunan. Salah satu tips yang bisa dicoba adalah menjalani pola hidup sehat. Beberapa pola hidup sehat yang bisa dilakukan, seperti:

Olahraga secara teratur. Hal ini penting agar berat badan tetap terjaga ideal. Hal ini lantaran memiliki memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas bisa menyebabkan pasangan sulit hamil. Perlu diingat, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena justru bisa mengganggu kesuburan.

Mengonsumsi makanan bernutrisi. Makanan yang mengandung gizi seimbang dapat membantu pasangan mendapatkan kehamilan. Konsumsi sayuran, ikan, daging, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Istirahat yang cukup. Waktu istirahat yang cukup untuk orang dewasa yakni 7 – 9 jam per harinya. Memiliki waktu istirahat yang kurang bisa mempengaruhi hormon sehingga sulit mendapatkan keturunan.

Kurangi konsumsi kafein. Jika Anda dan pasangan ingin segera hamil maka sebaiknya batasi konsumsi kafein.

  • Berhubungan Secara Teratur

Salah satu tips agar cepat hamil adalah melakukan hubungan suami istri secara teratur tanpa alat kontrasepsi. Agar peluang kehamilan meningkat, Anda disarankan untuk berhubungan pada saat masa subur wanita berlangsung.

Masa subur terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur menuju rahim. Jika pembuahan terjadi pada masa ini maka peluang kehamilan terjadi pun semakin tinggi. Masa subur wanita terjadi pada masa ovulasi.

  • Konsumsi Suplemen yang Mengandung Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan dalam program hamil. Nutrisi asam folat memiliki peran dalam meningkatkan kesuburan, mendukung pertumbuhan, mendukung perkembangan janin hingga mencegah bayi mengalami cacat lahir.

Jumlah nutrisi asam folat yang diperlukan tubuh mencapai 400 – 600 mikrogram asam folat per hari. Nutrisi ini tidak hanya diperlukan bagi wanita yang merencanakan kehamilan namun juga tetap dikonsumsi pada saat kehamilan berlangsung.

Selain dari suplemen, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan folat dari sayuran, seperti bayam, brokoli, kentang, dan buncis.

  • Hentikan Beberapa Kebiasaan Tidak Sehat

Jika Anda ingin segera mendapatkan kehamilan maka ada beberapa kebiasaan yang harus Anda hentikan agar tubuh lebih sehat dalam menyiapkan kehamilan. Berikut beberapa kebiasaan yang harus dihindari, seperti:

Merokok. Zat-zat berbahaya yang terkandung pada rokok dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita maupun pria. Hal ini juga termasuk pada perokok pasif.

Mengonsumsi alkohol. Sebaiknya hindari konsumsi alkohol jika Anda dan pasangan ingin segera memiliki keturunan. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan kesuburan.

Mengkonsumsi makanan mentah. Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi daging, ikan, atau telur yang belum matang sebaiknya hentikan. Hal tersebut memiliki risiko kandungan bakteri, virus, atau parasit yang bisa menyebabkan kondisi medis tertentu.

Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri. Jika Anda mengonsumsi ikan sebaiknya pilihlah jenis ikan yang tidak mengandung merkuri.

  • Periksa Kesuburan

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun belum berhasil mendapatkan kehamilan maka Anda dan pasangan perlu melakukan pemeriksaan kesuburan. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesuburan masing-masing pasangan.

Dalam rangka menyambut yang baru di tahun baru, Bocah Indonesia memiliki layanan yang tepat untuk pemeriksaan kesuburan Anda.

Apa Saja Layanan Pemeriksaan Kesuburan di Bocah Indonesia?

Bocah Indonesia menyediakan 3 layanan pemeriksaan kesuburan untuk Anda, yakni B4L (Bocah 4 Langkah), Fertility Workup, dan Embryology Counseling. Anda bisa memilih salah satu layanan tersebut sebagai langkah awal pemeriksaan kesuburan Anda.

Paket B4l adalah paket pemeriksaan awal yang komprehensif untuk mempersiapkan langkah optimal program hamil Ayah Bunda.

Fertility Workup merupakan layanan konsultasi awal untuk mempersiapkan program hamil atau program fertilitas yang tepat. Layanan ini diperuntukkan bagi individu yang ingin melakukan pemeriksaan kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Sementara Embryology Counseling adalah layanan konsultasi online yang komprehensif untuk mengevaluasi program IVF yang pernah dilakukan oleh Ayah Bunda sebelumnya.

Konsultasi ini dilakukan bersama dr. Maitra Djiang Wen, Sp.And – K(FER), MClin Embryol (Australia), Dokter Spesialis Andrologi dan Kepala Laboratorium Embriologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dengan menelaah hasil laporan medis Ayah, Bunda, maupun embrio pada siklus IVF sebelumnya untuk memaksimalkan keberhasilan program IVF selanjutnya.

Pemeriksaan ini dianjurkan bagi Anda dan pasangan yang merencanakan untuk melakukan program hamil agar mendapat penanganan yang tepat. 

Melalui layanan program hamil tersebut, Ayah Bunda akan mendapatkan kalender ‘Patient’s Journey’. Kalender ‘Patient’s journey’ adalah Kalender ‘Patient’s Journey’ adalah kalender panduan untuk Ayah Bunda agar perjalanan promilnya terencana dan terlaksana dengan baik. Keunggulan kalender ‘Patient’s Journey’ ini dapat membantu Ayah Bunda untuk:

  • Menetapkan dan mengerti timeline serta tahapan yang akan ditempuh.
  • Diskusi terkait perjalanan kesuburan Ayah Bunda (dan apabila perlu penyesuaian).
  • Menjadi reminder dan motivasi untuk Ayah Bunda.

Yuk, mulai promil mantap dengan langkah tepat di tahun baru bersama Bocah Indonesia.

Baca selengkapnya untuk info lebih lanjut di sini atau hubungi melalui WhatsApp.

Promil Mantap dengan Panduan dan Langkah Tepat di Bocah Indonesia

  • Lyngso, J., et al. (2017). Association between coffee or caffeine consumption and fecundity and fertility: a systematic review and dose-response meta-analysis. Clin Epidemiol. 2017 Dec 15;9: 699-719.
  • Schaefer, E., Nock, D. (2019). The Impact of Preconceptional Multiple-Micronutrient Supplementation on Female Fertility. Clin Med Insights Womens Health. 2019; 12: 1179562X19843868.
  • Gude, D. (2012). Alcohol and fertility. J Hum Reprod Sci. 2012 May-Aug; 5(2): 226–228.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Buat Janji?