Tes Kesuburan Demi Keturunan

Tes Kesuburan Demi Keturunan

Bagi Ayah Bunda yang sedang merencanakan melakukan program hamil, tes kesuburan merupakan salah satu prosedur yang penting dilakukan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penyebab masalah kesuburan.

Pemeriksaan kesuburan tidak hanya dilakukan oleh salah satu melainkan kedua pasangan. Pasalnya, untuk mencapai terjadinya pembuahan, sperma dan sel telur harus memiliki kualitas yang baik. Oleh sebab itu, pentingnya melakukan pemeriksaan kesuburan oleh kedua belah pihak.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Program Hamil ke Dokter?ย 

Berikut Waktu yang Tepat Nih Bun untuk Periksa Kesuburan

Pemeriksaan kesuburan ini bisa dilakukan bagi pasangan suami istri yang belum mendapatkan kehamilan setelah menikah selama 1 tahun atau lebih dan melakukan hubungan suami istri tanpa alat kontrasepsi.

Namun, bagi Bunda yang telah berusia 35 tahun atau lebih maka dapat melakukan pemeriksaan ini setelah 6 bulan menikah. Hal ini lantaran, semakin bertambahnya usia wanita maka cadangan sel telur juga semakin sedikit dan kualitas sel telurnya menurun. Maka dari itu, pemeriksaan kesuburan diperlukan bagi wanita yang berusia di atas 35 tahun sesegera mungkin.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Bagi pasangan yang baru akan menikah tidak wajib melakukan tes kesuburan melainkan dapat melakukan skrining kesehatan secara umum.

@bocahindonesia ayah bunda yang lagi puasa jangan galau dan bimbang ya kalo mau promil di bulan puasa, pemeriksaan bisa dilakukan kok untuk bunda yang haid dan pemeriksaan ayah dilakukan di jam seteah berbuka puasa hinggan 22:00 WIB ๐Ÿ˜‡ #menstruasi #haid #promil #promilalami #pemeriksaan #programhamil #berjuangbersama #promilivf #bocahindonesia #bocahindonesia #sadarsubur #pejuangduagaris #ramadan2023 โ™ฌ Milk Tea - Official Sound Studio

Langkah-Langkah Pemeriksaan Kesuburan

Pemeriksaan kesuburan perlu dilakukan oleh pria maupun wanita. Pemeriksaan wanita dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi ke dokter spesialis obstetri dan kandungan (obgyn). Sedangkan pria akan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis andrologi. Berikut rangkaian pemeriksaan kesuburan pria dan wanita.

Pemeriksaan wanita

Pemeriksaan kesuburan wanita dilakukan untuk mengetahui kondisi rahim dan sekitarnya.

  • Wanita disarankan melakukan pemeriksaan USG transvaginal. Pemeriksaan ini dilakukan pada hari kedua hingga kelima menstruasi
  • Konsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn)

Pemeriksaan pria

Pemeriksaan kesuburan pria dilakukan untuk mengetahui kondisi kualitas sperma, pergerakan, ukuran, dan bentuk sperma.

  • Melakukan analisis sperma. Pada prosedur ini, pria disarankan untuk melakukan masturbasi di ruangan yang telah disediakan. Cairan semen tersebut kemudian akan dianalisis oleh tim andrologi
  • Konsultasi dengan dokter spesialis andrologi

Jika terdapat masalah pada rahim maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan merencanakan pengobatan berdasarkan penyebabnya. Masalah kesuburan yang dialami wanita beragam, mulai dari gangguan ovulasi, PCOS, miom, endometriosis, hingga infertilitas yang tidak diketahui penyebabnya.

Sedangkan jika ada masalah pada kondisi sperma maka dokter akan memberikan resep obat-obatan atau merencanakan metode perawatan lainnya. Prosedur pengobatan atau perawatan disesuaikan dengan penyebabnya. Masalah kesuburan pada pria juga beragam, mulai dari gangguan hormon, adanya penyumbatan di saluran sperma, maupun masalah pada pembuluh darah.

Baca juga: Kenali Promil yang Terbukti Berhasil dan Tips yang Bisa Anda Cobaย 

Tips Agar Pemeriksaan Kesuburan Berjalan Lancar

Jika Anda dan pasangan ingin melakukan pemeriksaan kesuburan, ada beberapa tips untuk mengatasi masalah kesuburan.

  • Segera melakukan pemeriksaan secara berkala dan konsultasikan masalah kesuburan Ayah Bunda ke tempat atau klinik yang terpercaya dengan dokter spesial berpengalaman yang berkecimpung di bidang fertilitas.
  • Ikuti langkah-langkah yang disarankan oleh dokter.
  • Jangan pernah takut untuk bertanya pada dokter sebelum maupun sesudah melakukan pemeriksaan kesuburan.
  • Mulai jalani pola hidup sehat dengan mengubah pola makan sehat dan melakukan olahraga teratur.

Nah, beberapa penjelasan di atas menjelaskan betapa pentingnya melakukan pemeriksaan kesuburan. Sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk periksa kesuburan? Yakin masih mau nunda lagi?

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami diย (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • American Society for Reproductive Medicine. Female Fertility Resources.ย 
  • Girum, T., Wasie, A. (2018). Return of fertility after discontinuation of contraception: a systematic review and meta-analysis. Contracept Reprod Med. 2018 Jul 23;3:9.ย 
  • The American College of Obstetricians and Gynecologists. Infertility Workup for the Womenโ€™s Health Specialist.ย 
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji