Jam Berhubungan Agar Cepat Punya Momongan

Jam Berhubungan Agar Cepat Punya Momongan

Bagi pasangan suami istri yang menginginkan kehadiran buah hati tentu akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satunya melakukan hubungan seksual secara rutin. Hal ini dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan Agar Cepat Hamil?

Salah satu waktu terbaik untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah melakukan hubungan seksual pada saat wanita memasuki masa subur. Masa subur wanita terjadi pada sekitar hari ovulasi. Hal ini terjadi dalam rentang 5 hari yakni hari ke-12 hingga 16 sebelum jadwal menstruasi berikutnya.

Ketika wanita memasuki ovulasi, waktu tersebut dipercaya sebagai waktu yang paling subur untuk meningkatkan peluang keberhasilan agar cepat hamil. Oleh sebab itu, dokter akan menyarankan pasangan suami istri untuk merencanakan berhubungan seksual saat masa subur wanita berlangsung.

Perlu diingat, masa subur setiap wanita berbeda. Kondisi ini tergantung pada siklus menstruasi masing-masing wanita. Akan mudah memantau masa subur jika memiliki siklus menstruasi yang teratur. Namun,  bagi wanita yang memiliki siklus tidak teratur maka dapat mencoba menghitungnya dengan kalkulator masa subur.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur untuk Menentukan Senggama Terjadwal

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Namun, tahukah Anda jika melakukan hubungan seksual di pagi hari bisa meningkatkan peluang kehamilan tinggi? Hal ini lantaran hormon pria berada pada tingkat terbaik atau tertinggi saat pagi hari sebelum menjalani berbagai kerjaan yang menyebabkan stres dan lainnya.

Menurut dr. Thomas Chayadi, Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan kandungan Bocah Indonesia, kondisi hormon terbaik pria adalah pagi hari sehingga sangat baik untuk pasangan melakukan hubungan seksual bagi ayah dan bunda yang merencanakan memiliki keturunan.

Pernyataan dr. Thomas Chayadi, Sp.OG ini juga didukung oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International yang menyebutkan jika waktu berhubungan yang paling tepat adalah sebelum pukul 7.30 pagi. Penelitian ini dilakukan pada 12.245 sampel sperma dari 7.068 pria sejak tahun 1994 hingga 2015.

Dari pengamatan tersebut menunjukkan jika konsentrasi, jumlah, dan bentuk sperma yang paling tinggi adalah di pagi hari.

Baca juga: 4 Posisi Berhubungan Intim Kunci Hubungan Makin Harmonis! 

Benarkah Posisi Berhubungan Membantu Agar Cepat Hamil?

Selain jadwal berhubungan, posisi tertentu saat hubungan seksual dipercaya dapat membantu agar cepat hamil. Namun, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan jika posisi seks dapat meningkatkan peluang untuk program hamil yang Anda jalani.

Beberapa posisi berhubungan yang dipercaya dapat membantu terjadinya pembuahan adalah misionaris dan doggy-style. Kedua posisi ini dianggap sebagai salah satu cara yang dapat memberikan penetrasi lebih dalam sehingga sperma bisa mencapai serviks lebih dekat.

Selain itu, melakukan hubungan seksual dengan posisi berdiri juga dipercaya dapat meningkatkan peluang hamil karena ada gaya gravitasi yang dapat menarik sperma ke dalam rahim. Padahal sperma bisa berenang dengan cepat hanya butuh beberapa waktu menuju sel telur setelah ejakulasi.

Alih-alih meningkatkan peluang kehamilan dengan posisi berhubungan, Anda dapat menerapkan beberapa cara, seperti:

  • Menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Melakukan pemeriksaan diri ke dokter

Jika telah mencoba berbagai cara di atas namun belum berhasil, ambillah waktu sejenak bersama pasangan untuk melakukan liburan bersama di masa subur. Cara ini dapat membantu menurunkan tingkat stres sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks. Semakin rileks tubuh kita maka peluang kehamilan pastinya akan terus meningkat.

So, Ayah Bunda udah tau kan tips cepat dan mudah diingat untuk mempercepat kehamilan. Tidak ada salahnya untuk mencobanya bersama pasangan agar peluang untuk mewujudkan kehadiran buah hati semakin tinggi. Semangat berjuang Ayah Bunda! Selalu#AdaHarapan

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Xie, M., et al. (2018). Diurnal and Seasonal Changes in Semen Quality of Men in Subfertile Partnerships. The Journal of Biological and Medical Rhythm Research, Volume 35, 2018 – Issue 10, Pages 1375-1384. Diurnal and seasonal changes in semen quality of men in subfertile partnerships. 
  • Wei Su, H., et al. (2017). Detection of ovulation, a review of currently available methods. Bioengineering & Translational MedicineVolume 2, Issue 3 p. 238-246. 
  • Gangestad, S. W., et al. (2010). Fertility in the cycle predicts women’s interest in sexual opportunism. Evolution and Human Behavior, Volume 31, Issue 6, November 2010, Pages 400-411.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji