Hamil Muda Minum Air Kelapa, Apakah Berbahaya?

hamil-muda-minum-air-kelapa

Bagi ibu hamil muda tentu harus menjaga asupan yang akan dikonsumsi. Hal ini lantaran asupan makanan sehat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin, termasuk mengkonsumsi air kelapa.

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit yang mengandung sejumlah nutrisi baik bagi kesehatan. 

Sebagai minuman pengganti elektrolit, air kelapa baik untuk orang yang sakit atau dehidrasi yang parah. Sedangkan pada ibu hamil, ada khasiat dan manfaat bagi ibu hamil dan janin.

Kandungan Air Kelapa

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada air kelapa muda yang baik dikonsumsi meski oleh ibu hamil. Berikut kandungan nutrisi yang terkandung pada 100 gram air kelapa.

  • Air (Water): 95.5 g
  • Protein (Protein): 0.2 g
  • Energi (Energy): 17 Kal
  • Karbohidrat (CHO): 3.8 g
  • Vitamin C: 1 mg
  • Kalsium (Ca): 15 mg
  • Fosfor (P): 8 mg
  • Natrium (Na): 1 mg
  • Kalium (K): 149 mg

Selain beberapa nutrisi di atas, air kelapa juga mengandung elektrolit yang tinggi di dalamnya. Elektrolit merupakan mineral yang mengandung muatan listrik. Elektrolit ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Berbagai jenis nutrisi yang terkandung pada air kelapa membuat minuman ini dipercaya dapat memberikan manfaatnya, antara lain:

  • Memenuhi asupan cairan pada tubuh

Bagi ibu hamil, asupan cairan penting terpenuhi agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kebutuhan cairan pada tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi air putih. Selain itu, air kelapa juga dapat dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Berbagai jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat air kelapa dapat memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan sehingga ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan tidak mudah lelah.

Baca Juga : Manfaat air minum bagi tubuh

Hal ini lantaran peran air kelapa yang dapat menggantikan kadar elektrolit yang hilang saat tubuh berkeringat. Meski begitu, perlu diingat jika air putih paling baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  • Membantu mengatasi morning sickness

Tanda-tanda yang paling umum dialami oleh ibu hamil adalah mual dan muntah (morning sickness). 

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Public Health Research and Development, menyebutkan jika air kelapa muda dapat membantu menjaga tingkat keasaman (pH) dalam tubuh tetap stabil.

Tingkat keasaman tubuh memiliki peran penting, hal inilah yang membuat air kelapa dapat mengatur tingkat keasaman pada lambung, meningkatkan metabolisme, hingga dapat membantu mengurangi rasa mual.

  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat lain air kelapa untuk ibu hamil dapat membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu risiko yang cukup umum dialami oleh ibu hamil adalah mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi). 

Kandungan kalium di dalamnya dapat membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Baca Juga : Minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual

Perannya yang dapat menurunkan tekanan darah membuat air kelapa dapat mengontrol gula darah. 

Meski begitu, air kelapa bukan alternatif yang dianjurkan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau gula darah pada saat hamil. Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut pada saat hamil sebaiknya periksakan diri ke dokter.

  • Mencegah infeksi saluran kemih

Salah satu kondisi yang paling sering dialami pada saat kehamilan adalah infeksi saluran kemih. 

Kondisi diakibatkan adanya perubahan hormon yang berdampak pada fungsi dari saluran kemih. Hal ini yang membuat ibu hamil menjadi lebih rentan mengalami infeksi.

Selain sebagai cairan elektrolit, air kelapa juga dipercaya sebagai diuretic alami yang dapat membantu mengeluarkan urin lebih mudah sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

  • Mendukung perkembangan janin

Manfaat lain yang didapatkan jika mengkonsumsi air kelapa pada saat hamil adalah dapat mendukung tumbuh kembang janin. Kandungan kalsium pada air kelapa dapat membantu perkembangan tulang dan gigi janin.

Namun, bukan berarti air kelapa dapat dijadikan nutrisi utama untuk memenuhi kebutuhan asupan ibu hamil. Ibu hamil tetap penting mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang seperti sayuran dan buah-buahan.

Apakah Minum Air Kelapa Saat Hamil Berbahaya?

Hingga saat ini belum ada larangan mengkonsumsi air kelapa pada saat hamil. Seperti yang diketahui, kandungan air kelapa dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh.

Ibu hamil muda minum air kelapa tentunya boleh mengkonsumsi air kelapa selama tidak memiliki alergi. Namun, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam batas yang wajar jika Anda tengah hamil muda. Sesuatu yang berlebihan tentu akan menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh.

Bagi beberapa ibu hamil yang sensitif, konsumsi air kelapa dapat menurunkan tekanan darah yang cukup drastis sehingga menimbulkan rasa pusing, lemas, hingga tubuh kehilangan keseimbangan.

Mengkonsumsi air kelapa berlebihan juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman. 

Selain itu, merasa kenyang berlebihan juga dapat menyebabkan nafsu makan menurun. Hal tersebut kurang baik bagi ibu hamil mengingat kebutuhan asupan nutrisi harus terpenuhi melalui makanan.

Tips Mengkonsumsi Air Kelapa Muda Agar Tetap Aman

Jika Anda ingin mengkonsumsi air kelapa yang aman bagi ibu hamil, maka perhatikan beberapa hal berikut, seperti:

  • Konsumsi air kelapa secukupnya, jangan berlebihan.
  • Jangan jadikan air kelapa sebagai cairan pengganti air putih.
  • Konsumsi air kelapa murni dan hindari mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan.
  • Jika Anda mengalami rasa tidak nyaman setelah mengkonsumsi air kelapa maka hentikan.

Perlu diingat, meski air kelapa memiliki sejumlah manfaat untuk ibu hamil, Anda tetap harus memenuhi asupan nutrisi lainnya dari makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Tetap mengkonsumsi air putih untuk menjaga cairan pada tubuh. Jika ada keluhan lebih lanjut setelah mengkonsumsi air kelapa saat hamil muda maka periksakan diri ke dokter.

cheer

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami yang dapat membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi. Ini juga cara yang bagus untuk tetap terhidrasi dan sehat selama kehamilan.

Walaupun kandungan air kelapa bermanfaat bagi ibu hamil, jangan lupa juga konsumsi air putih. Isi form di sebelah untuk mencari informasi lebih banyak mengenai kehamilan.

  • Alleyne, T., et al. (2005). The control of hypertension by use of coconut water and mauby: two tropical food drinks. West Indian Med J. 2005 Jan;54(1):3-8.
  • Ariestini, T. R., Purnomo, W. (2018). The effect of young coconut water against morning sickness among women in the first trimester of pregnancy. Indian Journal of Public Health Research and Development 9(11):1729.
  • Data Komposisi Pangan Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime