4 Manfaat Bayi Tabung, Solusi Masalah Kesuburan

Bayi tabung

Prosedur bayi tabung merupakan salah satu program hamil teknologi berbantu. Biasanya prosedur ini dilakukan ketika pasangan suami istri belum berhasil mendapatkan kehamilan dengan beberapa cara lain sebelumnya.

Program hamil bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan program hamil yang dilakukan dengan membuahkan sel telur oleh sperma di laboratorium (luar tubuh). Sel telur yang berhasil dibuahi dinamakan embrio. Embrio adalah cikal bakal janin yang terus berkembang di dalam rahim.

Prosedur bayi tabung dilakukan oleh pasangan suami istri yang belum berhasil hamil dan telah melakukan beberapa cara. Terdapat indikasi media tertentu bagi pasangan yang merencanakan bayi tabung, seperti gangguan pada tuba falopi, penyumbatan, endometriosis, gangguan pada sperma, dan lain-lain.

Manfaat Bayi Tabung

ICSI dan IMSI Pengaruhnya dalam keberhasilan program IVF (Bayi Tabung)

Prosedur bayi tabung memiliki proses yang cukup panjang serta biaya yang tidak sedikit. Namun, program hamil ini memberikan sejumlah manfaat bagi yang menjalaninya. Berikut manfaat bayi tabung yang perlu diketahui.

1. Peluang kehamilan tinggi

Program hamil bayi tabung dinilai sebagai metode kehamilan yang paling efektif dan memiliki peluang tinggi kehamilan. Meski begitu, kondisi ini dipengaruhi beberapa kondisi, seperti usia sel telur, kualitas embrio yang kurang baik, respons tubuh calon ibu, gaya hidup, kualitas kromosom pada embrio,dan disfungsi implantasi.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Jika Anda menjalani program bayi tabung maka perlu menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi vitamin D, menjaga berat badan yang ideal, kelola stres, hingga pola waktu tidur yang cukup.

2. Memiliki peluang mendapatkan anak kembar

Melalui prosedur bayi tabung, Anda dan pasangan bisa memiliki peluang memiliki bayi kembar. Pada prosedur ini, beberapa sel telur akan dibuahi oleh sperma untuk mendapatkan lebih dari satu embrio. Kemudian embrio-embrio tersebut dimasukkan ke dalam rahim yang akan menempel pada dinding rahim. Kehamilan kembar ini bisa terjadi yang nantinya menghasilkan kembar non identik.

3. Bisa mendeteksi kelainan genetik

Pada prosedur bayi tabung ini, Anda bisa mendeteksi genetik melalui tes genetik preimplantasi sebelum embrio dimasukkan ke dalam rahim. Melalui tes ini, Anda dapat mengetahui apakah terdapat kelainan pada genetik atau tidak.

4. Mendeteksi jenis kelamin sejak dini

Manfaat lainnya yang didapatkan dari program bayi tabung adalah dapat mendeteksi jenis kelamin sejak dini. Kondisi ini bisa diketahui melalui tes genetik praimplantasi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi sejak dengan melihat jenis kromosom embrio.

Kapan Prosedur Bayi Tabung Dilakukan?

Prosedur bayi tabung dapat dilakukan jika Anda dan pasangan telah mencoba program hamil lain namun belum berhasil hamil. Selain itu, program hamil ini dapat dilakukan ketika Anda dan pasangan memiliki sejumlah indikasi tertentu yang mengharuskan untuk melakukan program hamil bayi tabung.

Beberapa indikasi medis yang perlu dilakukannya bayi tabung, seperti:

  • Faktor sperma suami yang tidak dapat dikoreksi dengan obat maupun operasi.
  • Tidak kunjung hamil meski telah melakukan 3 – 4 kali inseminasi intrauterine.
  • Tidak kunjung hamil meski telah melakukan koreksi tuba falopi setelah 6 bulan.
  • Memilliki gangguan endometriosis derajat sedang-berat.
  • Pasien memiliki infertilitas idiopatik kurang lebih selama 3 tahun belum juga hamil.
  • Mengalami gangguan ovulasi dan penurunan cadangan sel telur.
  • Mengalami gangguan cadangan ovarium.
  • Mengalami oklusi tuba bilateral yang tidak dapat dikoreksi.
  • Terdapat kondisi medis turunan yang dapat diatasi dengan Preimplantation Genetic Testing (PGT).

Tips Bayi Tabung Berhasil

Jika Anda ingin memaksimalkan keberhasilan bayi tabung maka terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan.

Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang sukses bayi tabung adalah menjalani pola hidup sehat. Menjaga pola makan bergizi dengan olahraga teratur dapat membantu tubuh memberikan respons baik selama menjalani program bayi tabung.

Konsumsi suplemen

Mengonsumsi suplemen juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan bayi tabung sukses. Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran dalam kesuburan. Jenis nutrisi ini bisa dikonsumsi saat Anda baru merencanakan program hamil hingga mendapatkan kehamilan.

Selain itu, vitamin D juga bisa meningkatkan keberhasilan program hamil IVF. Hal ini lantaran wanita dengan kadar vitamin D renda bisa memiliki tingkat kehamilan yang rendah juga.

Akupuntur

Tahu nggak sih, kalau akupuntur juga bisa menjadi salah satu perawatan yang dapat membantu meningkatkan keberhasilan bayi tabung Anda. Pengobatan tradisional ini dapat membantu meningkatkan kesuburan bagi pasangan.

Selain menurunkan tingkat stres, akupuntur dapat mempersiapkan hormonal Anda dan pasangan yang ingin merencanakan promil bayi tabung. Menurut American Society for Reproductive Medicine, akupuntur sebaiknya dilakukan sekitar 3 – 4 bulan sebelum menjalani proses bayi tabung.

Jika Anda ingin merencanakan program hamil bayi tabung maka sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini tentu agar mendapat penanganan yang tepat.

Tahapan Bayi Tabung di Bocah Indonesia

Jika Ayah Bunda merencanakan program hamil bayi tabung (IVF), Bocah Indonesia memiliki tahapan program hamil bayi tabung yang bisa Ayah Bunda pelajari.

  • Takeuchi, K. (2020). Pre-implantation genetic testing: Past, present, future. Reprod Med Biol. 2020 Oct 13;20(1):27-40. 
  • American Society for Reproductive Medicine. Acupuncture and infertility treatment. 
  • Smith, C. A., et al. (2018). Effect of Acupuncture vs Sham Acupuncture on Live Births Among Women Undergoing In Vitro Fertilization: A Randomized Clinical Trial. JAMA. 2018 May 15;319(19):1990-1998. 
Avatar photo
Share:

 

2 Responses

  1. Bunda Azay berkata:

    Promil masuk BPJS ?

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Azay,

      Mohon maaf bunda untuk saat BPJS belum mengcover promil. Namun apabila bunda tertarik promil tanpa BPJS silahkan klik di bawah ini ya bunda.

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji