Manfaat Akupuntur Bagi Kesehatan dan Kesuburan

manfaat akupuntur

Metode terapi akupuntur kerap dipilih sebagai salah satu pengobatan tradisional yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Tidak jarang, banyak yang memilih menjalani terapi akupuntur dibandingkan pengobatan medis. Apakah benar manfaat akupuntur bisa untuk program hamil dan meningkatkan kesuburan?

Mengenal Terapi Akupuntur

Akupuntur adalah salah satu metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok, di mana metode pengobatannya menggunakan jarum-jarum kecil yang akan ditusukkan pada titik-titik tubuh tertentu.

Terapi akupuntur kerap digandrungi masyarakat karena memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Metode pengobatan ini dipercaya dapat melancarkan aliran darah pada titik-titik penusukkan dan memperbaiki energi pada tubuh. Pasalnya, jika aliran darah dan energi tubuh tidak lancar dapat menyebabkan timbulnya kondisi kesehatan tertentu.

Manfaat Akupuntur Bagi Kesehatan

Akupuntur memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan. Meski metode pengobatannya menggunakan jarum, namun terapi akupuntur dipercaya tidak menimbulkan rasa sakit. Sebaliknya, salah satu manfaat akupuntur dapat mengurangi rasa sakit. Berikut beberapa manfaat akupuntur bagi kesehatan, diantaranya:

Mengatasi sakit kepala

Jarum yang ditusukkan pada titik-titik tertentu dapat merangsang saraf untuk melepaskan hormon endorfin. Hal ini dapat menstimulasi dan sistem kekebalan dan sirkulasi darah yang dapat meredakan rasa sakit migrain dan sakit kepala yang diakibatkan karena tegang.

Meredakan nyeri punggung

Sebuah studi menyatakan bahwa manfaat akupuntur dapat meredakan nyeri punggung dibandingkan dengan tidak melakukan terapi akupuntur. Para peneliti menganalisis uji coba tentang penggunaan terapi non-farmakologis termasuk akupuntur cukup efektif mengatasi nyeri punggung bawah.

Meredakan nyeri lutut

Salah satu manfaat akupuntur bagi kesehatan adalah dapat meredakan nyeri lutut kronis (osteoarthritis). Apabila arthritis masih ringan atau sedang maka akupuntur dapat membuat kondisi ini membaik. Namun jika arthritis dalam kondisi berat, diperlukan kombinasi antara akupuntur dengan pengobatan lainnya.

Mencegah penuaan kulit

Tidak hanya untuk kesehatan, terdapat manfaat tambahan lain, yaitu manfaat akupuntur wajah yang dapat membuat kulit tampak lebih awet muda. Disebutkan bahwa akupuntur secara alami dapat membantu membuat kulit terlihat lebih muda, lebih halus, dan lebih sehat. Terapi ini disebut juga sebagai akupuntur kosmetik, dimana jarum akan ditusukkan pada titik-titik tertentu di wajah.

Membantu menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi menyatakan jika akupuntur bisa membantu menurunkan berat badan. Akupuntur dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tingkat stres, memengaruhi bagian otak yang merasa lapar.

Membantu pemulihan penyakit stroke

Selain melakukan perawatan di rumah sakit, banyak dari penderita stroke melakukan pengobatan tradisional dengan terapi akupunktur. Akupunktur dipercaya dapat membantu meningkatkan pemulihan pasien yang menderita stroke.

Akupunktur dapat meningkatkan sirkulasi darah serta membuat tubuh menjadi rileks dan menghilangkan rasa sakit yang kerap dirasakan pasien stroke. Pasien yang menderita stroke dan melakukan terapi akupuntur mengalami peningkatan pergerakan bagian tubuh. Hal ini lebih baik dibanding pasien stroke yang hanya menjalani pengobatan secara medis.

Selain itu, jika terapi akupunktur dilakukan bersamaan dengan fisioterapi maka hasil yang didapatkan pun lebih maksimal. Nantinya, jarum-jarum akan ditusukkan pada titik-titik saraf tertentu.

Mengatasi asam lambung

Manfaat akupuntur perut dapat mengatasi asam lambung. Sebuah studi menyatakan akupuntur secara signifikan dapat menurunkan gejala asam lambung. Selain itu, pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok ini dipercaya dapat memperbaiki kerja katup kerongkongan sehingga membantu pencegahan asam lambung kembali naik.

Meningkatkan kesuburan

Selain mengatasi beberapa masalah di atas, akupuntur juga dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang tengah menjalani program hamil. Manfaat akupuntur untuk promil dapat meningkatkan keseimbangan hormon. Pasalnya, hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan kondisi PCOS, yang mana kondisi tersebut dapat menyebabkan pasangan sulit hamil.

Selain bermanfaat untuk kesuburan wanita, akupuntur juga memiliki manfaat untuk kesuburan pria. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Goce Delchev, seorang pria yang melakukan terapi akupuntur secara rutin dapat meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Hal ini dapat membantu meningkatkan keberhasilan program hamil.

Akupuntur Untuk Program Hamil

Pengobatan tradisional akupuntur dipercaya dapat membantu pasangan suami istri yang merencanakan program hamil. Pasalnya, akupuntur mampu membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini penting, mengingat salah satu kunci program hamil berhasil adalah menghindari stres berlebihan untuk mendorong sel-sel tubuh bereproduksi.

Akupuntur juga dapat membantu mempersiapkan hormonal sehingga dapat meningkatkan peluang keberhasilan bayi tabung. Meskipun akupuntur tidak secara langsung berperan dalam keberhasilan proses pembuahan, tetapi cara ini dapat membantu mempersiapkan hormonal Anda dan pasangan.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, bagi Anda yang ingin melakukan program bayi tabung, sebaiknya melakukan akupuntur sekitar 3 sampai 4 bulan sebelum proses bayi tabung dijalani.

Efek Samping Akupunktur

Meski memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, nyatanya terdapat beberapa efek samping akupuntur yang bisa dialami oleh pasien yang menjalani pasien akupunktur. Efek samping akupuntur yang dialami berbeda, mulai dari efek samping ringan hingga berat.

Rasa sakit dan memar

Bagi beberapa yang melakukan terapi akupunktur mungkin akan mengalami sedikit rasa sakit atau rasa tidak nyaman di area titik-titik yang ditusukkan jarum. Mengingat metode pengobatan ini menggunakan jarum maka sangat memungkinkan jika terdapat pendarahan ringan.

Cedera

Terapi akupunktur dapat menyebabkan cedera apabila tidak dilakukan dengan benar. Jarum dapat terdorong terlalu dalam dan bisa melukai organ tubuh.

Infeksi

Mengingat pengobatan tradisional ini menggunakan jarum sehingga pada saat terapi harus dipastikan jarum dalam keadaan steril. Jika praktisi menggunakan jarum yang digunakan dalam keadaan tidak steril atau menggunakan kembali jarum lama maka hal tersebut dapat menyebabkan infeksi. Kondisi tersebut tidak bisa dianggap sepele karena bisa mengancam jiwa.

Ruam kulit

Efek samping akupuntur lainnya yang dapat dialami adalah ruam kulit. Ruam kulit bisa disebabkan oleh infeksi yang bisa disebabkan oleh stimulasi jarum yang digunakan untuk akupunktur. Jika hal tersebut tak kunjung membaik dalam beberapa hari maka Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kulit.

Kedutan otot

Pasien yang melakukan akupuntur kemungkinan bisa mengalami efek samping berupa kedutan otot. Hal ini bisa terjadi ketika otot ditusuk jarum akupunktur. Jika hal ini terjadi, Anda bisa laporkan pada praktisi akupunktur.

Pasien yang Diimbau untuk Tidak Melakukan Akupunktur

Wanita hamil

Jika Anda dalam keadaan hamil sebaiknya hindari untuk melakukan akupuntur. Pasalnya beberapa jenis akupunktur dapat stimulasi persalinan sehingga dapat meningkatkan kelahiran prematur.

Gangguan perdarahan

Orang yang memiliki gangguan pendarahan sebaiknya hindari untuk melakukan akupuntur karena dapat menyebabkan risiko perdarahan akibat jarum yang ditusukkan pada titik-titik tertentu. Hal ini juga harus diperhatikan bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Menggunakan alat pacu jantung

Beberapa jenis akupunktur ada yang menggunakan aplikasi listrik berdaya rendah maka hal ini dapat mengganggu kerja alat pacu jantung.

  1. Klaus Linde. Acupuncture for the prevention of episodic migraine. 28 June 2016
  2. Roger Chou. Nonpharmacologic Therapies for Low Back Pain: A Systematic Review for an American College of Physicians Clinical Practice Guideline. 4 April 2017. 
  3. Klaus Linde. Acupuncture for the prevention of tensiontype headache. Version published: 19 April 2016. 
  4. Lin, Xianfeng. The Effects of Acupuncture on Chronic Knee Pain Due to Osteoarthritis. The Journal of Bone and Joint Surgery: September 21, 2016 – Volume 98 – Issue 18 – p 1578-1585. 
  5. Kim SY, Shin IS, Park YJ. Effect of acupuncture and intervention types on weight loss: a systematic review and meta-analysis. First published: 04 September 2018. 
  6. Shifen Xu. Adverse Events of Acupuncture: A Systematic Review of Case Reports. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, vol. 2013, Article ID 581203, 15 pages, 2013. 
  7. Dario Tedesco. Drug-Free Interventions to Reduce Pain or Opioid Consumption After Total Knee Arthroplasty: A Systematic Review and Meta-analysis. JAMA Surg. 2017;152(10): e172872. 
  8. Caroline A Smith. Effect of Acupuncture vs Sham Acupuncture on Live Births Among Women Undergoing In Vitro Fertilization: A Randomized Clinical Trial. JAMA. 2018 May 15;319(19):1990-1998. 
  9. Liangzhi Xu. Acupuncture is not as effective as infertility treatment in women with PCOS. Evid Based Med. 2017 Dec; 22(6): 229–230. Published online 2017 Oct 22. 
  10. Lee Jung Ah, Park Si Woon. Acupuncture for Shoulder Pain After Stroke: A Systematic Review. The Journal of Alternative and Complementary MedicineVol. 18, No. 9. 
  11. Chavez Lina M. Mechanisms of Acupuncture Therapy in Ischemic Stroke Rehabilitation: A Literature Review of Basic Studies. Int J Mol Sci. 2017 Nov; 18(11): 2270. Published online 2017 Oct 2.
cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi