Kembar Dizigotik yang Tidak Identik

Kembar Dizigotik yang Tidak Identik

Untuk Bunda yang ingin mendambakan kehamilan kembar, yuk kenalan dulu dengan kembar dizigotik yang tidak identik berikut ini.

Kehamilan dengan dua anak sekaligus kini semakin umum, terutama karena semakin banyak wanita melakukan c dan hamil di usia yang matang.

Kehadiran dua bayi sekaligus dalam satu keluarga adalah anugerah yang luar biasa dan banyak yang menganggapnya sebagai berkah ganda. 

Untuk Bunda yang sedang mendambakan kehamilan kembar, yuk pahami jenis kehamilan kembar yang satu ini, yaitu kehamilan kembar dizigotik.

Baca Juga: Ingin Program Hamil Kembar? Pahami Faktor Penunjang dan Risikonya

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Apa Itu Kembar Dizigotik?

Kembar dizigotik, juga dikenal sebagai kembar fraternal, adalah jenis kelahiran ganda di mana dua telur yang terpisah dibuahi oleh dua sperma yang berbeda selama kehamilan yang sama. 

Ini berarti bahwa kembar dizigotik memiliki genetika yang berbeda satu sama lain mirip dengan saudara biasa yang lahir pada waktu yang berbeda. 

Mereka tidak identik secara genetik. Kembar dizigotik sering memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dan tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama. 

Kembar dizigotik adalah jenis kelahiran ganda yang paling umum, menyusul kehamilan kembar monozigotik yang lebih jarang, di mana dua bayi berasal dari satu sel telur yang sama.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kembar Dizigotik?

Bunda mungkin bertanya-tanya, “bagaimana saya bisa memiliki kehamilan kembar dizigotik?”. Nah, jawabannya pada faktor genetik. Kehamilan kembar dizigotik lebih sering terjadi pada keluarga dengan riwayat kehamilan kembar, terutama dari pihak wanita. 

Ini karena predisposisi genetik pada wanita dapat membuatnya melepaskan lebih dari satu sel telur selama siklus menstruasinya. Ini adalah langkah awal yang diperlukan untuk terjadinya kehamilan kembar dizigotik.

Berikut beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan probabilitas kehamilan ganda. Bunda memiliki potensi yang lebih tinggi untuk mengandung lebih dari satu bayi sekaligus jika:

  • Berusia lanjut (berada di usia 30-an lebih cenderung mengalami kehamilan ganda karena tubuh cenderung melepaskan lebih banyak sel telur saat semakin tua).
  • Memiliki riwayat keluarga dengan anak kembar atau berasal dari keluarga dengan keturunan anak kembar.
  • Menggunakan obat kesuburan.
  • Memiliki tinggi badan di atas rata-rata atau berat badan yang lebih tinggi.

Faktor yang paling signifikan dalam kemungkinan kehamilan ganda adalah faktor genetik. Terdapat peningkatan risiko kehamilan ganda jika dirinya juga merupakan anak kembar atau memiliki keturunan anak kembar dalam keluarganya.

Baca Juga: Jalani Program Hamil Kembar, Bunda Perlu Bersabar

Kehamilan Kembar Melalui Tindakan Medis

Seiring dengan perkembangan teknologi medis, saat ini Ayah Bunda yang mendambakan bayi kembar, bisa dilakukan melalui program hamil oleh dokter dengan menggunakan berbagai cara berikut ini: 

1. Program Hamil Kembar dengan Bayi Tabung

Program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) adalah sebuah teknologi medis yang membantu pasangan untuk hamil. Proses ini melibatkan beberapa tahap:

  • Pertama, sel telur wanita dan sperma diambil dan disatukan dalam laboratorium.
  • Sel telur dan sperma kemudian digabungkan di dalam wadah khusus untuk membentuk embrio.
  • Dokter kemudian menempatkan embrio ini kembali ke dalam rahim wanita agar menempel dan berkembang menjadi bayi.
  • Untuk meningkatkan peluang memiliki anak kembar, beberapa embrio dapat ditempatkan kembali dalam rahim.

2. Program Hamil Kembar dengan Obat Penyubur

Obat penyubur yang dirancang untuk meningkatkan kesuburan umumnya bekerja dengan cara meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi oleh ovarium Bunda.

Semakin banyak sel telur yang diproduksi, semakin besar kemungkinan untuk hamil kembar. Ini terjadi ketika lebih dari satu sel telur dilepaskan dan dibuahi secara bersamaan.

  • Clomiphene adalah salah satu obat kesuburan yang meningkatkan kemungkinan untuk hamil kembar. Obat ini diambil dalam bentuk pil dan dosisnya akan disesuaikan dengan kebutuhan individu. Clomiphene bekerja dengan cara merangsang hormon tubuh untuk memicu ovulasi.
  • Gonadotropin, obat kesuburan lain yang diberikan melalui suntikan. Kedua obat ini dianggap aman dan efektif tetapi seperti halnya dengan obat-obatan lainnya, penggunaannya dapat memiliki risiko dan efek samping. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang manfaat, risiko, dan penggunaan yang tepat dari obat-obatan ini sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Selalu ingat untuk mengikuti petunjuk dokter dengan cermat.

Persiapan dan Perawatan Kehamilan Kembar Dizigotik

Kehamilan kembar dizigotik, meskipun bukan yang paling rumit, masih memerlukan perhatian khusus dan perawatan medis yang baik. Karena bayi-bayi ini memiliki genetik yang berbeda, mereka dapat memiliki karakteristik fisik yang sangat berbeda.

Oleh karena itu, selalu penting untuk mendapatkan perawatan prenatal yang cermat dan mematuhi rekomendasi dokter.

Penting juga untuk mempersiapkan diri secara emosional dan fisik. Kehamilan kembar dapat memiliki risiko lebih tinggi, seperti preeklampsia dan pertumbuhan janin yang terbatas.

Oleh karena itu, penting menjaga pola makan yang sehat, olahraga sesuai dengan anjuran dokter, dan menjalani pemeriksaan rutin adalah langkah-langkah penting untuk menjaga kehamilan tetap sehat.

Itu tadi penjelasan mengenai kehamilan kembar dizigotik, untuk Bunda yang mungkin mendambakan hamil kembar tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai program bayi kembar melalui program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) atau penggunaan obat.

Semoga Bunda semua yang mendambakan kehamilan kembar dapat merasakan kebahagiaan ini suatu hari nanti. Untuk informasi mengenai program hamil, pengobatan infertilitas dan lainnya, Ayah Bunda bisa membacanya di Bocah Indonesia. 

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Xue, Y., Li, K., & Zhang, S. (2020). The Effect on Twinning Rate of Transferring Double Vitrified-warmed Embryos in Women of Advanced Reproductive Age: A Retrospective Study. Peer Reviewed Journal, 8, pp. e8308.
  • National Health Services UK (2019). Pregnancy. Pregnant with Twins. Diakses 2023.
  • National Institute of Health (2022). MedlinePlus. Is The Probability of Having Twins Determined by Genetics?. Diakses 2023.
  • U.S. Department of Health & Human Services (2021). Office on Women’s Health. Twins, Triplets, and Other Multiples. Diakses 2023. 
  • Marcin, A. Healthline (Update 2023). Seeing Double: How to Increase Your Chances of Having Twins. Diakses 2023. 
  • Gurevich, R. Verywell Family (2021). What are My Chances of Having Twins?. Diakses 2023.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji