Berhubungan Tidak di Masa Subur Apakah Bisa Hamil ?

Berhubugnan tidak di masa subur

Meski sedang tidak di masa subur, melakukan hubungan suami istri tanpa alat kontrasepsi tetap memiliki peluang kecil kehamilan.

Salah satu syarat agar cepat mendapatkan kehamilan adalah berhubungan saat masa subur. Waktu ini dianggap paling tepat karena ovulasi wanita terjadi pada saat masa subur sehingga dapat meningkatkan peluang hamil. Masa subur berlangsung 2 hingga 5 hari yakni hari ke-12 hingga 16 sebelum menstruasi berikutnya. Oleh sebab itu, pasangan suami istri yang menginginkan kehamilan akan melakukan hubungan intim saat jelang ovulasi.

Baca Juga : Sudah Berhubungan di Masa Subur Tapi Tidak Hamil? Ini Penyebabnya!

Agar dapat berhubungan pada saat masa subur tentu perlu mengetahui kapan masa subur wanita berlangsung. Maka dari itu, perlu menghitung siklus menstruasi setiap bulannya. Cara menghitung siklus menstruasi dapat dilakukan secara manual atau menggunakan kalkulator masa subur. Terkadang, masa subur tidak selalu akurat sebab siklus menstruasi wanita kerap berubah-ubah.

Apakah Berhubungan di Luar Masa Subur Bisa Hamil?

Jika pasangan suami istri sudah rutin berhubungan tapi belum hamil bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya waktu berhubungan yang kurang tepat. Berhubungan saat tidak masa subur memiliki peluang kehamilan yang kecil. Apalagi dengan kondisi siklus menstruasi yang tidak teratur.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Meski begitu, bagi wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur bisa mengetahui waktu ovulasi dengan samar sehingga tetap memiliki peluang hamil.

Pada masa tidak subur maka sel telur sedang tidak diproduksi oleh tubuh sehingga tidak dapat terjadinya pembuahan. Hal ini lantaran 12-24 jam setelah ovulasi sel telur telah dilepaskan dari tuba falopi sehingga peluang kehamilannya minim.

Jika Anda berhubungan sehari atau dua hari setelah menstruasi selesai masih belum termasuk masa subur sehingga peluang kehamilannya masih kecil.

Meskipun tidak selalu terjadi pada setiap orang, peluang pasangan suami istri hamil setelah berhubungan di luar masa subur masih bisa diperhitungkan.

Bagi pasangan yang belum kunjung hamil meski telah rutin berhubungan, kondisi ini bisa disebabkan akibat faktor-faktor pendukung lainnya, seperti stres dan paparan bahan kimia.

Stres bisa menyebabkan hormon reproduksi wanita terganggu sehingga dapat mengacaukan ovulasi. Jika kondisi ini terjadi maka sulit untuk melakukan pembuahan. Sebaiknya, lakukan teknik relaksasi seperti yoga dan meditasi.

Paparan bahan kimia yang ada di sekitar juga bisa memengaruhi tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan Environmental Health Perspectives menyebutkan jika komponen industri seperti bahan-bahan kimia dapat memengaruhi kesuburan. Pasalnya, bahan-bahan kimia tersebut dapat menurunkan sekitar 29% peluang kehamilan.

Selain itu, anovulasi juga bisa menjadi salah satu faktor pasangan suami istri belum kunjung hamil. Anovulasi adalah kondisi di mana ovarium wanita tidak melepaskan sel telur selama siklus menstruasi. Pada kondisi ini, sel telur tidak berkembang dengan baik dan mungkin tidak dilepaskan oleh ovarium.

Berapa Lama Wanita Bisa Hamil Setelah Berhubungan?

Kehamilan tidak bisa terjadi langsung begitu saja saat berhubungan namun memerlukan waktu untuk proses pembuahan. Setidaknya butuh waktu sekitar 6 hari setelah berhubungan untuk sperma bertemu dengan sel telur.

Ketika sperma berhasil bertemu sel telur maka dapat terjadi proses pembuahan. Sel telur yang dibuahi akan membelah menjadi embrio. Nantinya embrio akan menempel pada dinding rahim. Proses inilah yang disebut sebagai implantasi. Proses implantasi ditandai adanya bercak darah atau flek yang dialami oleh wanita.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut disertai dengan tanda-tanda kehamilan lainnya maka segera lakukan tes kehamilan atau melakukan konsultasi ke dokter.

Cara untuk Meningkatkan Peluang Hamil

Masa subur dan masa tidak subur merupakan salah satu pendukung atau bentuk usaha untuk mendapatkan kehamilan. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan sulit hamil, salah satunya kondisi medis Anda dan pasangan.

Baca Juga : Susu untuk Program Hamil Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan, seperti:

1. Olahraga

Berhubungan di masa subur tidak menjadi satu-satunya cara agar cepat hamil. Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga secara teratur. Melakukan aktivitas ringan dapat membantu tubuh menjaga berat badan ideal dan meningkatkan kesuburan. hindari melakukan olahraga berat yang justru dapat menurunkan peluang.

2. Konsumsi makanan sehat

Jika ingin memiliki peluang tinggi kehamilan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat. Mangonsumsi makanan sehat dan seimbang, seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan ikan dapat membantu meningkatkan kondisi kesuburan.

Kandungan protein, vitamin, dan mineral di dalamnya baik untuk kesehatan serta membantu tubuh untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat.

3. Berhenti melakukan kebiasaan tertentu

Ada beberapa kebiasaan yang secara tidak sadar dapat mengganggu program hamil yang direncanakan. Beberapa kebiasaan tersebut, meliputi:

  • Mengonsumsi minuman kafein atau mengandung alkohol
  • Merokok, termasuk mengirup asapnya
  • Mengonsumsi telur, ikan, daging dalam keadaan mentah atau belum matang karena memiliki risiko mengandung virus, bakteri, atau parasite yang dapat meimbulkan penyakit
  • Mengonsumsi obat-obatan terlarang
  • Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri

4. Konsumsi asupan asam folat

Salah satu jenis nutrisi penting yang dibutuhkan untuk program hamil adalah asam folat. Jenis nutrisi ini memiliki peranan penting untuk kesuburan, mendukung tumbuh kembang janin, dan mencegah janin lahir cacat.

Bagi pasangan yang sedang merencanakan program hamil disarankan konsumsi 400-600 mikrogram asam folat per harinya. Tidak hanya selama program hamil, nutrisi ini juga perlu dikonsumsi hingga kehamilan pada usia trimester pertama.

Selain itu, nutrisi folat juga bisa ditemui dari beberapa sumber makanan seperti bayam, brokoli, kentang, buncis, dan sereal.

5. Pemeriksaan kesehatan

Berhubungan saat masa subur memang memiliki peluang tinggi namun jika pasangan suami istri belum juga hamil maka perlu melakukan pemeriksaan. Hal ini mungkin disebabkan adanya beberapa kondisi yang dapat menyebabkan susah hamil.

Nah, meski berhubungan tidak di masa subur memiliki peluang kecil namun Anda juga perlu melakukan beberapa cara di atas untuk meningkatkan peluang kehamilan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Barrett, J. R. (2006). Fertile Grounds of Inquiry: Environmental Effects on Human Reproduction. Environmental Health Perspectives, 114(11). 
  • National Health Service. Can I get pregnant just after my period has finished? 
  • Women and Infants Fertility. What is anovulation?
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji