8 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Bunda

8 ciri ciri hamil muda

Telat menstruasi bukan satu-satunya ciri-ciri hamil muda. Ada beberapa tanda lainnya yang sering tidak disadari Bunda.

Banyak wanita yang tidak sadar terkait tanda-tanda awal kehamilan. Hal ini karena ciri-ciri hamil muda hampir mirip dengan gejala menstruasi. Selain itu, gejala hamil muda tidak selalu sama pada setiap wanita, kondisi ini bisa saja berbeda. Ada beberapa tanda-tanda hamil dari yang paling umum hingga paling jarang dialami oleh wanita hamil.


Ciri-Ciri Hamil Muda


Salah satu tanda hamil yang paling umum adalah menstruasi terlambat. Namun, bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur, kondisi ini biasa terjadi. Cara mudah untuk mengetahui apakah Bunda sedang hamil atau tidak dengan melakukan tes kehamilan menggunakan test pack.
Meski begitu, ada beberapa ciri-ciri hamil muda yang dialami oleh wanita, seperti:

  1. Mual dan muntah
    Salah satu ciri hamil muda yang dialami oleh wanita adalah mual dan muntah. Gejala ini juga disebut sebagai morning sick. Meski namanya morning sick namun gejala hamil muda yang ini tidak selalu dialami pada pagi hari. Mual dan muntah pada wanita hamil bisa dialami sore atau bahkan malam hari.
    Biasanya, wanita hamil akan mengalami indera penciuman yang lebih sensitif. Hal ini yang memicu mual hingga muntah. Selain itu, kondisi tersebut juga diakibatkan oleh adanya perubahan hormon pada wanita hamil.
    Banyak wanita yang tidak menyadari kondisi ini karena mual dan muntah bisa menjadi gejala premenstrual (PMS) atau bahkan gejala nyeri haid (dismenore) pada awal-awal menstruasi.
  2. Terlambat menstruasi
    Terlambat haid umum dialami oleh wanita yang mengalami hamil muda. Umumnya, telat haid terjadi ketika wanita tidak mendapatkan haid seminggu atau lebih. Penyebabnya adalah saat wanita mengalami pembuahan, tubuh akan memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang dapat menghentikan ovulasi.
    Sayangnya, telat haid ini tidak selalu menjadi ciri-ciri hamil muda. Bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, kondisi ini menjadi hal yang biasa dilalui tiap bulannya sehingga banyak wanita yang tidak sadar mengenai gejala kehamilan tersebut.
  3. Perubahan payudara dan puting
    Ciri-ciri hamil muda yang jarang disadari wanita adalah perubahan payudara. Kondisi terjadi akibat adanya peningkatan kadar hormon progesteron dan estrogen. Ciri payudara pada wanita hamil adlaah lebih terasa kencang bahkan nyeri, sensitif, serta tidak nyaman. Warna putingnya juga berubah menjadi lebih merah serta area sekitar puting berwarna hitam. Kondisi ini jarang disadari wanita karena gejalanya menyerupai tanda-tanda jelang menstruasi.
  4. Frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering
    Bagi wanita yang tengah hamil akan lebih sering mengalami buang air kecil. Frekuensinya akan meningkat karena adanya peningkatan volume darah dibandingkan pada sebelum hamil.
    Kondisi tersebut membuat ginjal akan bekerja lebih aktif dalam menyaring darah dan menghasilkan limbah dalam bentuk urin.
  5. Kram dan pendarahan ringan
    Kram dan pendarahan ringan sangat mungkin dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Kondisi tersebut terjadi karena adanya proses penempelan embrio di dinding rahim. Proses tersebut dinamakan implantasi.
    Namun, banyak yang tidak sadar terkait gejala tersebut. Pendarahan ringan ini sering dianggap sebagai tanda-tanda menstruasi. Perbedaannya terletak pada volume pendarahan yang lebih sedikit berupa bercak, warnanya yang lebih cerah, hingga durasinya yang lebih sebentar.
  6. Sakit kepala
    Sakit kepala disebabkan adanya peningkatan hormon yang menyebabkan pembuluh darah lebih rileks dan melebar. Kondisi ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke janin namun sebaliknya dapat memperlambat darah untuk kembali di pembuluh darah pada tubuh wanita hamil.
    Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi rendah sehingga aliran darah ke otak berkurang. Kondisi ini yang membuat wanita hamil merasakan sakit kepala atau pusing.
  7. Sembelit
    Gejala lain hamil muda yang jarang dialami wanita hamil adalah sembelit. Sembelit disebabkan hormon progesterone yang meningkat pada saat kehamilan membuat otot-otot menjadi rileks. Kondisi ini menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat dan menyerap banyak air sehingga ibu hamil mengalami sembelit pada saat awal kehamilan.
  8. Perubahan suasana hati
    Suasana hati yang mudah berubah bisa menjadi salah satu gejala hamil yang jarang diketahui. Mood swing atau perubahan suasana hati terjadi karena perubahan hormon dalam darah yang dialami oleh oleh wanita hamil. Perubahan mood yang dialami seperti mudah marah, sedih, atau gelisah.
    Gejala ini juga menyerupai tanda-tanda menstruasi sehingga banyak wanita yang tidak menyadari kondisi tersebut. Bagi beberapa wanita yang mengalami gejala ini jelang menstruasi adalah hal normal.
    Jika Anda mengalami gejala tersebut bisa jadi hal di atas merupakan ciri-ciri hamil muda atau menjadi gejala kondisi lainnya. Apabila Anda mengalami telat menstruasi yang disertai dengan ciri-cirinya maka bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda kehamilan. Meski begitu, Anda perlu melakukan tes kehamilan melalui test pack untuk meyakinkan kondisi tersebut.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah Bunda.

Reservasi