Sudah Berhubungan di Masa Subur Tapi Tidak Hamil? Ini Penyebabnya!

Sudah Berhubungan di Masa Subur Tapi Tidak Hamil

Jika telah melakukan hubungan suami istri di masa subur tapi belum hamil maka bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan adalah berhubungan di masa subur. Masa subur menjadi waktu yang tepat untuk berhubungan karena pada waktu tersebut, wanita sedang mengalami ovulasi. Ovulasi adalah proses pelepasan sel telur dari ovarium. Masa subur biasanya berlangsung sekitar 4 hari, 2 hari sebelum ovulasi dan 2 hari setelah ovulasi berlangsung.

Sebuah studi menyatakan jika peluang tinggi kehamilan terjadi ketika berhubungan di hari ke-13 siklus menstruasi atau masa ovulasi. Masa ovulasi sendiri terjadi pada hari ke-12 hingga ke-14.

Namun, banyak pula pasangan yang sudah berhubungan tapi belum hamil. Terdapat studi yang menyebutkan jika kemungkinan kehamilan ketika berhubungan di masa subur memiliki peluang sebesar 9,7 persen dari 100 persen. Hal ini lantaran ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kondisi tersebut.

Penyebab Belum Hamil Meski Berhubungan di Masa Subur

Meski berhubungan di masa subur bisa meningkatkan peluang kehamilan namun ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan susah hamil.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Perhitungan masa subur kurang akurat

Tahukah Anda, jika menghitung perkiraan masa subur bisa saja melesat. Hal ini lantaran perhitungan masa subur hanya bersifat estimasi. Masa subur memang dapat dihitung dengan sendirinya maupun menggunakan kalender kesuburan namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka dapat melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) pada bagian ovarium.

Melalui pemeriksaan ultrasonografi (USG) dapat menunjukkan jika sel telur pada ovarium sudah matang dan siap dilepaskan pada saat ovulasi. Maka perkiraan Anda terkait masa subur lebih akurat.

2. Siklus masa subur lebih pendek

Salah satu penyebab kehamilan belum berhasil meski telah berhubungan pada masa subur adalah periode masa subur yang lebih pendek. Kondisi ini bisa terjadi ketika terdapat kesalahan saat menghitung masa subur atau terlewatkan.

Situasi ini sering terjadi bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur yang mengakibatkan masa subur sulit diprediksi sehingga dapat terlewatkan.

Baca Juga : Cara Menghitung Siklus Haid yang Tepat

Mengingat masa subur yang pendek maka sperma perlu membuahi sel telur selama 12-24 jam. Hal ini lantaran sel telur hanya mampu bertahan dalam jangka waktu tersebut setelah dilepaskan.

3. Perhitungan masa subur berbeda pada setiap wanita

Bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi teratur mungkin dapat memperkirakan masa subur dengan mudah. Namun, berbeda dengan wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur atau bahkan baru mendapatkan menstruasi setiap beberapa bulan sekali.

Oleh sebab itu, wanita dengan siklus menstruasi seperti ini, perhitungan ovulasinya akan berbeda bahkan sulit dihitung.

4. Adanya masalah pada sel telur maupun sperma

Jika Anda belum hamil meski telah berhubungan saat masa subur maka bisa saja disebabkan adanya masalah pada sel telur atau sperma. Kehamilan dapat terjadi jika sperma berhasil membuahi sel telur. Keduanya tentu harus dalam keadaan sehat atau prima. Jika tidak maka dapat memengaruhi proses pembuahan sehingga peluang keberhasilannya menurun.

Sperma yang sehat adalah sperma yang memiliki ukuran, bentuk, dan pergerakannya normal. Sama seperti sperma, sel telur juga harus dalam keadaan normal dan sehat agar proses pembuahan dapat berlangsung tanpa hambatan.

Untuk mengetahui apa penyebabnya maka diperlukan pemeriksaan sperma melalui analisis sperma. Sedangkan pada wanita diperlukan melakukan USG untuk mengetahui kondisi sel telur.

5. Masalah hormonal pada suami atau istri

Adanya gangguan hormon juga bisa menyebabkan pasangan suami istri belum berhasil hamil meski telah berhubungan saat masa subur. Kadar hormonal yang bermasalah bisa memengaruhi proses pembuahan. Masalah hormonal ini bisa ditandai dengan adanya gangguan menstruasi seperti siklus menstruasi tidak teratur.

Selain itu, sulit memiliki keturunan meski telah berhubungan di masa subur juga bisa disebabkan oleh masalah tiroid. Masalah tiroid ini juga bisa terjadi akibat adanya gangguan hormon.

6. Masalah pada gangguan rahim atau organ sekitarnya

Masalah pada rahim maupun organ reproduksi lainnya juga bisa menjadi penyebab belum hamil meski telah berhubungan pada saat masa subur. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada organ reproduksi wanita, seperti tuba falopi tersumbat, PCOS, hingga radang panggul.

Tips Cepat Hamil Setelah Berhubungan Saat Masa Subur

Jika Anda telah rutin berhubungan suami istri pada saat masa subur dan masih berlum hamil maka tidak perlu khawatir. Coba beberapa tips berikut agar Anda lekas mendapatkan garis dua positif.

  • Pastikan masa subur Anda akurat
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan
  • Menjaga berat ideal
  • Hindari merokok
  • Hindari stres berlebihan karena dapat mengganggu siklus menstruasi yang nantinya bisa memengaruhi siklus menstruasi
  • Hindari paparan zat kimia berbahaya yang dapat mengganggu masalah reproduksi

Namun jika cara-cara di atas belum berhasil maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan organ reproduksi wanita dan dokter spesialis andrologi untuk melakukan pemeriksaan pria.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Wilcox, A., et al. (2000). The timing of the “fertile window” in the menstrual cycle: day specific estimates from a prospective study. BMJ. 2000 Nov 18; 321(7271): 1259–1262. 
  • Gnoth, C., et al. (2003). Time to pregnancy: results of the German prospective study and impact on the management of infertility. Hum Reprod. 2003 Sep;18(9):1959-66. 
  • The American College of Obstetricians and Gynecologists. Having a Baby After Age 35: How Aging Affects Fertility and Pregnancy.
Avatar photo
Share:

 

4 Responses

  1. Nyna berkata:

    Halo saya bisa tau kalo kita lepas implan apa kita bisa hamil lagi

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Nyna,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter yang tepat bunda

      Klik disini

  2. Milaa berkata:

    Solusi cara cepat hamil gimana ya meskipun dilakukan pas masa subur tapi belum juga hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji