Cara Mengembalikan Nafsu Birahi yang Hilang Agar Hubungan Ranjang Tidak Hambar

cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang

Hubungan Anda dengan pasangan diranjang terasa hambar? Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang dapat membuat turunnya gairah seksual. Namun, Anda tidak perlu khawatir, terdapat berbagai cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang sehingga hubungan Anda dengan pasangan makin harmonis. Hal ini perlu diperhatikan juga bagi anda yang sedang berusaha mendapatkan buah hati. Lantas, apa penyebab turunnya gairah seksual pada pria maupun wanita?

Penyebab Gairah Seksual Menurun

Penurunan gairah seksual merupakan hal normal yang terjadi pada pasangan. Namun jika hal ini terjadi terus menerus maka dapat menyebabkan hubungan dengan pasangan menjadi kurang harmonis. Penyebab gairah seksual menurun pun berbeda antara pria dan wanita.

Penyebab menurunnya gairah seksual pada pria

Kurangnya gairah seksual pada pria sering dikaitkan dengan libido yang lemah. Gairah seksual pria yang menurun sebenarnya merupakan hal yang wajar karena libido pria kerap berubah-ubah. Namun jika libido menurun dalam waktu yang lama yang bisa saja menandakan indikasi kondisi kesehatan tertentu. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor seperti:

  • Testosterone rendah
  • Efek samping obat-obatan
  • Penyakit kronis
  • Depresi
  • Stress dan sulit tidur
  • Faktor gaya hidup

Penyebab menurunnya gairah seksual pada wanita

Selain pria, penurunan gairah seksual justru lebih rentan dialami oleh wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor fisik, faktor psikologis, dan faktor hubungan dengan pasangan. Berikut beberapa faktor penyebab menurunnya gairah seksual pada wanita.

Faktor fisik:

  • Masalah seksual
  • Kondisi medis tertentu
  • Efek samping obat-obatan
  • Riwayat operasi
  • Kelelahan
  • Gaya hidup

Faktor hormon:

  • Menopause
  • Kehamilan dan ibu menyusui

Faktor psikologis:

  • Masalah kesehatan mental, seperti kecemasan atau depresi
  • Stres
  • Tingkat percaya diri yang rendah
  • Riwayat kekerasan fisik atau seksual
  • Pengalaman seksual buruk sebelumnya
tidak bergairah di ranjang

Cara Mengembalikan Nafsu Birahi yang Hilang

Kunci hubungan langgeng bersama pasangan salah satunya adalah hubungan yang makin harmonis. Namun, banyak pasangan yang mengalami hubungan renggang karena adanya penurunan gairah seksual. Lantas, bagaimana cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang?

Cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang pada pria

Jika Anda ingin hubungan dengan pasangan makin harmonis maka Anda dapat menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan libido pasangan.

Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur bisa meningkatkan libido pria. Olahraga juga baik untuk kardiovaskular. Kondisi jantung yang terjaga dengan baik dapat membantu kinerja seksual lebih optimal.

Sebuah studi tahun 2015 terhadap pria yang menjalani terapi kekurangan androgen, yang menurunkan kadar testosterone, mengungkapkan bahwa olahraga teratur dapat membantu pria mengatasi masalah libido rendah dan memperbaiki hubungan dengan pasangan.

Anda cukup melakukan olahraga selama 30 menit. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, Anda bisa memulainya dengan olahraga jalan santai, berenang, atau melakukan olahraga yang Anda gemari. Perlu diingat, hindari olahraga berlebihan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih lelah.

Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Banyak pasangan yang mengalami penurunan gairah seksual akibat kualitas hubungan yang menurun. Hal ini bisa terjadi pada pasangan yang telah menikah dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, jika terdapat masalah dalam hubungan dapat memengaruhi libido seseorang.

Cara mengembalikan nafsu birahi agar menambah keharmonisan hubungan dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi yang lebih terbuka. Selain itu, Anda dapat merencanakan kencan hingga saling menyisihkan waktu berkualitas satu sama lain. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara mengetes suami saying atau tidak.

Berhenti merokok

Salah satu cara meningkatkan gairah seksual pada pria adalah berhenti merokok. Seperti yang diketahui, merokok dapat menyebabkan gangguan pada sistem kardiovaskular. Pasalnya, kesehatan jantung memengaruhi gairah seksual seseorang. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu penyebab gairah seksual pria meningkat

Mengatasi stres

Salah satu penyebab gairah seksual pria menurun adalah diakibatkan karena stres. Stress bisa menghambat fungsi seksual dan libido baik pria maupun wanita. Memiliki jadwal kerja yang padat, serta tekanan hingga membuat lelah dapat menyebabkan hasrat seksual menurun.

Rasa cemas dan stress dapat membuat seseorang sulit untuk mendapatkan ereksi sehingga berhubungan seks sulit dilakukan. Sebuah penelitian pada thun 2017 mengenai disfungsi ereksi pada pria yang berusia muda mengungkapkan bahwa depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa cemas dan stres:

  • Waktu tidur yang cukup
  • meluangkan waktu untuk hobi favorit
  • berolahraga secara teratur
  • makan makanan bergizi
  • bekerja untuk meningkatkan hubungan
  • berbicara dengan terapis

Cara mengembalikan nafsu birahi yang hilang pada wanita

Mengembalikan nafsu birahi juga bisa dilakukan oleh wanita. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan libido pada wanita sehingga gairah seksual dapat kembali.

Melakukan terapi dan konseling

Penyebab menurunnya libido pada wanita yang beragam sehingga terapi dan konseling adalah salah satu cara mengembalikan gairah seksual wanita. Berbicara dengan terapis seks atau konselor dapat menangani masalah seksual yang dapat membantu gairah seksual yang menurun.

Terapis atau konselor nantinya akan memberikan mengenai edukasi berupa bahan bacaan atau latihan pasangan. Konseling pasangan yang membahas masalah hubungan juga dapat membantu meningkatkan perasaan keintiman dan keinginan.

Terapi hormon

Jika penyebab menurunnya gairah seksual akibat hormone maka cara ini bisa dilakukan untuk mengembalikan nafsu birahi pada wanita. Biasanya, terapi hormone dilakukan jika penyebab menurunnya libido karena penurunan kadar estrogen dan penurunan kadar testosterone.

Dokter mungkin akan merekomendasikan krim atau supositoria, yang merupakan obat yang dimasukan melalui tabung vagina.

Meresepkan obat-obatan

Dokter akan meninjau obat-obatan yang Anda konsumsi apakah dari salah satu obat tersebut dapat menyebabkan efek samping seksual. Misalnya, obat-obatan anti-depresan yang dapat menurunkan gairah seksual.

Setelah itu dokter akan meresepkan Anda obat anti-depresan yang berbeda, yang mana biasanya dapat meningkatkan gairah seksual dan terkadang diresepkan untuk wanita dengan gangguan gairah seksual.

Makanan yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual

Meskipun tidak ada makanan yang dapat meningkatkan nafsu birahi Anda secara cepat namun Anda dapat mencoba makanan afrodisiak. Mengonsumsi makanan afrodisiak dapat memberikan nutrisi penting pada tubuh Anda sehingga gairah seksual perlahan akan meningkat. Berikut makanan minuman meningkatkan gairah wanita dan pria.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk libido antara lain:

  • Makanan yang kaya akan Zinc. Kandungan Zinc dapat mengatur testosterone dan stamina, seperti tiram, daging merah, dan kacang pinus.
  • Makanan yang mengandung biji-bijian dan kacang-kacangan yang dapat meningkatkan stamina serta sirkulasi.
  • Makanan yang tinggi flavonoid yang membantu mencegah disfungsi seksual, seperti jeruk, paprika, dan kakao.
  • Selain itu, terdapat makanan lain seperti daging tertentu, apel, bayam, dan buah bit yang baik untuk meningkatkan gairah seksual Anda.

Tidak hanya makanan, terdapat minuman yang dapat meningkatkan gairah seksual, seperti:

  • Jus pisang. Pisang kaya akan kalium yang dapat membantu dalam produksi testosterone. Selain itu, pisang juga mengandung asam amino yang dapat meningkatkan mood dan perasaan rileks.
  • Jus delima. Jus delima mengandung antioksidan yang kuat yang dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh termasuk organ vital sehingga dapat meningkatkan libido pria dan wanita.
  • Jus semangka. Minuman ini mengandung zat likopen yang baik untuk relaksasi pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh.
  • Jus alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu buah yang baik untuk kesuburan. Alpukat juga dikenal sebagai buah afrodisiak yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Semoga cara di atas dapat membantu meningkatkan gairah seksual pada pasangan sehingga hubungan Anda dengan pasangan makin harmonis dan juga dapat meningkatkan peluang kehamilan.

  1. Hoang Minh Tue Nguyen. Erectile Dysfunction in Young Men-A Review of the Prevalence and Risk Factors. Sex Med Rev. 2017 Oct;5(4):508-520.
  2. Tânia Silva. Food with Influence in the Sexual and Reproductive Health. Current Pharmaceutical Biotechnology, Volume 20, Issue 2, 2019.
  3. Amelia M.StantonBA. The Effects of Exercise on Sexual Function in Women. Sexual Medicine Reviews. Volume 6, Issue 4, October 2018, Pages 548-557. 
  4. Jae Wook Cho. Sleep, Sleep Disorders, and Sexual Dysfunction. World J Mens Health. 2019 Sep;37(3):261-275. English. Published online Aug 14, 2018. 
  5. Rosemary Basson. Women’s sexual dysfunction associated with psychiatric disorders and their treatment. Women’s Health, Volume: 14. Article first published online: April 12, 2018; Issue published: January 1, 2018.
  6. Abha Thakurdesai. A prospective study on sexual dysfunctions in depressed males and the response to treatment. Indian J Psychiatry. 2018 Oct-Dec; 60(4): 472–477. 
  7. Lori A. Brotto. Group mindfulness-based therapy significantly improves sexual desire in women. Behaviour Research and Therapy. Volume 57, June 2014, Pages 43-54. 
  8. Maurand Cappelletti. Increasing women’s sexual desire: The comparative effectiveness of estrogens and androgens. Horm Behav. 2016 Feb; 78: 178–193. Published online 2015 Nov 14.
  9. K. Hamilton. Sexuality and exercise in men undergoing androgen deprivation therapy for prostate cancer. Supportive Care in Cancer volume 23, pages133–142 (2015).
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi