Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri

Kualitas Hubungan Suami Istri

Kunci hubungan suami istri makin langgeng dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari melakukan kencan berdua hingga meningkatkan gairah seksual.

Kata siapa setelah menikah, suami istri tidak dapat meningkatkan kualitas hubungan? Menikah bukan berarti membuat keromantisan hubungan pasutri menurun. Berbagai permasalahan dalam pernikahan pasti memiliki solusinya.

Meski hubungan suami istri pasti mengalami pasang surut namun bukan berarti kehidupan percintaan dalam rumah tangga Anda menurun. Anda bisa mencari berbagai cara untuk menciptakan kehidupan asmara tetap langgeng.

Tips Meningkatkan Hubungan Makin Berkualitas

Anda dan pasangan dapat menciptakan hubungan yang berkualitas dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Memiliki kualitas hubungan yang baik tentu akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih harmonis. Anda dapat memulainya dengan cara yang cukup mudah atau cara antimainstream.

1. Kencan berdua

Kencan tidak hanya dilakukan pada saat sebelum menikah, lho. Setelah menikah pun Anda juga bisa melakukan kencan berdua dengan pasangan. Kencan bisa dilakukan bersama pasangan dengan makan malam berdua di restoran kesukaan, jalan sore, atau menonton film di bioskop.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Aktivitas kencan ini bisa dilakukan saat sebelum menikah, sesudah menikah, atau telah memiliki keturunan. Meski telah memiliki anak, berkencan tetap bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan.

Baca Juga : 7 Tips Membangun Keluarga Harmonis untuk Ayah Bunda

2. Melakukan komunikasi yang baik

Membangun komunikasi yang baik dengan pasangan juga membantu Anda menjaga hubungan tetap berkualitas. Salah satunya yang dapat dicoba adalah mengungkapkan perasaan Anda pada pasangan. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan love language terhadap pasangan agar hubungan makin berkualitas dan tetap langgeng.

3. Liburan berdua

Cara lain untuk meningkatkan kualitas berhubungan bisa dicoba dengan melakukan liburan berdua. Selain merilekskan tubuh dan pikiran, liburan berdua juga dapat membuat ikatan hubungan Anda makin erat.

Liburan berdua juga bisa meningkatkan gairah untuk melakukan hubungan suami istri. Tidak perlu merencanakan liburan yang jauh, Anda bisa melakukan staycation atau liburan di dalam kota.

4. Beri ruang untuk pasangan

Hubungan Anda dan pasangan semakin kuat dengan saling memberikan ruang untuk sendiri. Meski telah menjalani kehidupan rumah tangga namun membutuhkan ruang sendiri juga perlu. Hal ini untuk membantu merefleksikan diri, membantu tubuh menjadi lebih fresh sehingga dapat memengaruhi hubungan menjadi lebih baik.

5. Menjadi teman yang baik

Menjalani kehidupan pernikahan tidak hanya dipenuhi cinta namun juga menjadi teman untuk berbagi cerita. Hal ini membuat Anda memposisikan diri sebagai pasangan sekaligus teman agar pasangan nyaman untuk diajak bercerita.

Anda juga bisa bersenang-senang dengan pasangan layaknya bersaa teman, seperti melakukan hobi bersama, seperti jogging, menari, dan lainnya.

6. Berbagi pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah tidak hanya dilakukan oleh istri saja, lho. Anda bisa membagi pekerjaan rumah dengan pasangan. Menurut penelitian yang diterbitkan Frontiers in Psychology tahun 2018, wanita banyak menghabiskan waktu pekerjaan rumah daripada pria.

Tidak jarang, wanita akan mengeluh akibat kewalahan harus mengurus seluruh pekerjaan rumah. Hal ini tentu bisa memberikan dampak untuk kehidupan rumah tangga Anda bersama pasangan.

Tidak ada salahnya untuk berbagi pekerjaan rumah untuk meminimalisir rasa kewalahan yang dialami oleh satu pihak. Bahkan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah bersama untuk membangun ikatan satu sama lain, lho.

7. Saling menghargai

Salah satu kunci hubungan tetap harmonis adalah selalu menghargai pasangan dalam berbagai kondisi. Anda dan pasangan bisa memulainya dengan hal-hal kecil. Hal ini bisa membantu Anda menurunkan risiko hubungan yang renggang akibat pasangan kurang menghargai satu sama lain.

8. Mencoba saling mendengarkan

Selain menghargai satu sama lainnya, Anda juga bisa meningkatkan hubungan suami istri dengan berusaha untuk selalu mendengarkan keluh kesah yang dialami pasangan. Banyak hubungan yang gagal disebabkan oleh pasangan yang tidak ingin saling mendengarkan apa yang dirasakan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Psychological Science tahun 2013, banyak pasangan yang menulis tentang konflik dalam pernikahannya daripada berusaha untuk mencurahkannya. Saling mendengarkan juga membuat Anda memahami yang dialami oleh pasangan.

9. Kurangi screen time saat berdua pasangan

Bermain gadget memang bisa menyebabkan kecanduan. Sayangnya, tidak jarang fokus Anda terhadap pasangan menjadi terganggu. Jangan dianggap sepele, hal ini justru bisa menyebabkan hubungan Anda dengan pasangan bermasalah. Sebaiknya, kurangi bermain gadget saat bersama pasangan namun Anda bisa memanfaatkannya untuk menonton film bersama atau hal-hal yang dapat dilakukan berdua.

10. Melakukan hubungan suami istri

Meningkatkan kualitas hubungan suami istri juga bisa dengan melakukan hubungan suami istri, lho. Berhubungan intim bisa membantu pasangan untuk tetap mendapatkan koneksi fisik apalagi jika keduanya memiliki kesibukan masing-masing yang membuatnya kehilangan mendapatkan afeksi tersebut.

Nah, cara-cara di atas bisa dicoba untuk meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Untuk mewujudkan keluarga yang harmonis tentu diperlukan peran berdua, yakni Anda dan pasangan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Cerrato, J., Cifre, E. (2018). Gender Inequality in Household Chores and Work-Family Conflict. Front Psychol. 2018; 9: 1330. 
  • Finkel, E. (2023). 21 Minutes to Marital Satisfaction.
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji