Bunda Kuat Berkat Minuman Sehat

Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Promil

Ketika pasangan suami istri menjalani program hamil, ada beberapa cara yang dilakukan sebagai bentuk ikhtiar untuk mendapatkan keturunan. Mulai dari menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan atau minuman dengan nutrisi seimbang, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup, hingga mengelola stres dengan baik.

Saat menjalani program hamil, asupan makanan dan minuman perlu diperhatikan. Pasalnya, ada yang boleh dikonsumsi saat promil ada juga yang harus dihindari. Ada beberapa jenis minuman yang dapat dikonsumsi saat program hamil.

Baca juga: 7 Minuman yang Dapat Meningkatkan Gairah Seksual 

Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Promil

Pada dasarnya, tidak ada minuman khusus yang benar-benar dapat membantu meningkatkan keberhasilan program hamil. Namun, tubuh yang sedang mempersiapkan pembuahan membutuhkan asupan yang dapat menyehatkan seluruh tubuh termasuk sistem reproduksi.

Berikut beberapa jenis minuman yang baik dikonsumsi saat promil, seperti:

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Jus jeruk

Ayah Bunda tahu kan kalau jeruk adalah salah satu jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi? Nah, mengonsumsi jus jeruk saat program hamil sangat baik, lho. Jus jeruk mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi fungsi ovarium dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga membantu meningkatkan kadar hormon progesteron yang memiliki peran pada saat ovulasi dan implantasi.

Sebaiknya, konsumsi jus jeruk tanpa pemanis tambahan agar nutrisi yang didapatkan lebih optimal.

2. Jus alpukat

Salah satu jenis minuman lain yang baik dikonsumsi saat promil adalah jus alpukat. Alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dikonsumsi saat promil maupun setelah mendapatkan kehamilan.

Sebab asam folat dapat membantu memelihara kesehatan serta fungsi ovarium wanita sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kesuburan. Peran asam folat juga membantu mencegah bayi cacat lahir dan membentuk tabung saraf pada janin.

Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin K yang dapat menjaga kinerja hormon pada pria maupun wanita.

3. Jus apel

Buah apel mungkin menjadi salah satu jenis buah-buahan yang sering dikonsumsi oleh Ayah Bunda. Nah, kalau Ayah Bunda bosan mengonsumsi buah apel secara utuh, cobalah untuk mengolahnya menjadi minuman jus.

Jus apel menjadi salah satu minuman yang baik dikonsumsi untuk Ayah Bunda yang ingin promil, lho. Buah ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan serat yang tinggi. Kandungan nutrisi-nutrisi tersebut baik untuk meningkatkan fertilitas Ayah Bunda.

Nah, jika ingin dapatkan manfaatnya, Ayah Bunda bisa konsumsi jus apel secara rutin, ya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Membunuh Sperma di dalam Rahim? 

4. Jus beri

Ayah Bunda sudah tahu belum kalau jenis buah beri baik untuk kesuburan, lho? Buah stroberi, bluberi, hingga rasberi sangat baik dikonsumsi untuk program hamil. Hal ini lantaran buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang tinggi.

Selain itu, buah beri juga mengandung fitonutrien, asam folat, dan vitamin C yang baik untuk kesuburan.

5. Jus jambu merah

Jika Ayah Bunda ingin mencoba jenis minuman sehat lainnya, jus jambu merah bisa menjadi rekomendasi pilihan. Bukan hanya baik untuk pasien demam berdarah, jus jambu merah juga memiliki manfaat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Sama seperti beberapa jenis buah lainnya, jambu merah mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk kesehatan dan juga kesuburan. Jambu merah juga mengandung antioksidan likopen yang bermanfaat untuk program hamil.

6. Jus kiwi

Jus kiwi bisa menjadi opsi lainnya untuk Ayah Bunda yang ingin mengonsumsi minuman sehat untuk program hamil. Buah yang memiliki warna kulit hijau dan bulu-bulu halus pada kulitnya ini memiliki kandungan vitamin C tinggi.

Seperti yang diketahui, vitamin C memiliki peran penting untuk kesuburan sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. Ayah Bunda bisa mengonsumsi buah kiwi secara utuh atau mengolahnya menjadi minuman jus, lho.

Itu dia Ayah Bunda beberapa jenis minuman sehat yang baik dikonsumsi untuk program hamil dan meningkatkan kesuburan. Yang perlu diingat, Ayah Bunda masih bisa aman mengonsumsinya tanpa pemanis buatan ya. Pastikan untuk melengkapinya dengan asupan bergizi lainnya, seperti sayuran dan makanan yang baik dikonsumsi untuk program hamil.

Ayah Bunda, mau berbagi informasi untuk para pejuang dua garis lainnya? Yuk, jangan lupa bagikan artikel ini, ya!

@bocahindonesia Halo halo halo, lama gak ketemu Mincah nih, kemarin kita udah bahas tentang makanan baik agar promil asik. Kali ini Mincah mau cerita terkait minuman sehat apa aja sih yang bisa bund konsumsi agar bunda tetap kuat berjuang #garisdua. #bocahindonesia #berjuangbersama #programhamil #promil #ivf #promilalami #eggfreezing #pembekuanseltelur #ivfjakarta #cepathamil #programbayitabung #fertilitas #carahamil #klinikfertilitas #inseminasi #laparoskopi #kista ♬ Backsound Lucu - Faid rafanda
cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Gaskins, A.J., Chavarro, J.E. (2018). Diet and fertility: a review. Am J Obstet Gynecol. 2018 Apr;218(4):379-389. 
  • Skoracka, K., et al. (2021). Female Fertility and the Nutritional Approach: The Most Essential Aspects. Adv Nutr. 2021 Nov; 12(6): 2372–2386. 
  • Rumbold, A., et al. (2015). Vitamin C supplementation in pregnancy. Cochrane Database Syst Rev. 2015 Sep; 2015(9): CD004072.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji