Berenang Saat Promil Tingkatkan Peluang Kehamilan?

Berenang Saat Promil Tingkatkan Peluang Kehamilan

Berenang merupakan salah satu olahraga yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya baik untuk kesuburan.

Salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari adalah berenang. Selain menyegarkan karena berhubungan dengan air, berenang bisa memberikan beragam manfaat untuk Ayah Bunda. Beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari olahraga berenang ini, seperti melatih otot, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan kardiovaskular, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah, hingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Tetapi tahukah Ayah Bunda jika aktifitas berenang itu dapat meningkatkan kesuburan?

Baca juga: 6 Manfaat Berenang yang Harus Kamu Tahu, Baik untuk Promil lho!

Pengaruh Berenang Bisa Meningkatkan Peluang Kehamilan

Saat Ayah Bunda menjalani program hamil, olahraga menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan keberhasilan program hamil. Beberapa jenis olahraga memang memiliki peran dalam kesuburan namun ada beberapa olahraga yang tidak disarankan bagi pasangan Ayah Bunda yang sedang menjalani promil.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Berenang menjadi opsi olahraga yang baik dilakukan bagi Ayah maupun Bunda. Meski olahraga ini termasuk ke dalam olahraga kardio namun nyatanya jenis olahraga ini baik untuk meningkatkan kesuburan.

Hal ini lantaran, berenang dapat membantu menurunkan berat badan sehingga Ayah Bunda memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan kehamilan. Selain itu, berenang juga dapat meredakan stres sehingga peluang untuk terjadinya proses pembuahan pun semakin tinggi. Ayah Bunda bisa melakukan olahraga ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya.

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan untuk dilakukan bagi Ayah Bunda yang sedang menjalani program hamil oleh dr. Cynthia Agnes Susanto, BMedSc, Sp.OG, dokter spesialis kandungan dan kebidanan Bocah Indonesia.

“Boleh, kalau berenang boleh banget,” ujar dr. Cynthia Agnes Susanto, BMedSc, Sp.OG.

Olahraga ini resistensi dalam melatih seluruh organ tubuh termasuk bagian otot dan persendian yang juga membantu membakar kalori dalam tubuh.

Baca juga: 6 Rekomendasi Olahraga yang Baik untuk Program Hamil

Tips Berenang untuk Promil

Meskipun cukup aman dilakukan dan direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan, Ayah Bunda juga perlu memerhartikan beberapa tips, sebagai berikut:

Hindari sauna atau berendam air panas untuk Ayah. Kondisi ini bisa memengaruhi suhu panas pada testis Ayah

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kram otot maupun cedera saat berenang

Tetap hati-hati dan waspada saat berenang. Bagi Ayah Bunda yang gemar berenang di alam bebas maka perlu hati-hati

Pada dasarnya, apapun olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan promil adalah batasan terkait kondisi masing-masing. Pasalnya, hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dari program hamil. Sebaiknya, jangan melakukan olahraga yang menyebabkan tubuh stres karena dapat memengaruhi hormon.

Meski berenang memberikan sejumlah manfaat untuk meningkatkan kesuburan, Ayah Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk program hamil, seperti asam folat, protein, karbohidrat, dan mineral.

Olahraga yang dilengkapi dengan asupan makanan bernutrisi membantu meningkatkan peluang kehamilan, lho. Ayah Bunda juga melakukan variasi olahraga lainnya yang aman untuk promil seperti joging dan yoga. Jika Ayah Bunda ingin cepat hamil, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesuburan di Bocah Indonesia. Semangat berjuang bersama karena #SelaluAdaHarapan untuk mendapatkan kehamilan.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Chase, N.L., et al. (2008). Swimming and All-Cause Mortality Risk Compared with Running, Walking, and Sedentary Habits in Men. International Journal of Aquatic Research and Education, 2008, 2, 213-223. 
  • Jiang, P., et al. (2014). The impacts of swimming exercise on hippocampal expression of neurotrophic factors in rats exposed to chronic unpredictable mild stress. Evid Based Complement Alternat Med. 2014;2014: 729827. 
  • Nualnim, N., et al. (2012). Effects of swimming training on blood pressure and vascular function in adults >50 years of age. Am J Cardiol. 2012 Apr 1;109(7):1005-10.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji