Titik Akupunktur Bisa Bikin Subur

Titik Akupunktur Bisa Bikin Subur

Beberapa titik akupunktur pada tubuh terletak pada bagian punggung bagian kepala, punggung bagian bawah, lengan, hingga lutut.

Mendengar tentang pengobatan akupunktur mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Terapi akupunktur merupakan metode pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menggunakan jarum tipis yang ditusukkan di titik-titik tertentu pada tubuh.

Pada prinsipnya, terapi ini dilakukan untuk menyeimbangkan energi yang ada di dalam tubuh. Ketika terapis menusukkan jarum-jarum tersebut pada titik tertentu maka aliran energi di dalam tubuh dipercaya akan kembali seimbang.

Terapi ini kerap dilakukan untuk alasan kesehatan bahkan kecantikan. Akupunktur juga diakui dalam ilmu kedokteran untuk merangsang saraf, otot, hingga jaringan ikat. Biasanya, terapi ini dilakukan oleh dokter maupun terapis yang telah terlatih secara profesional.

Baca juga: Manfaat Akupunktur Bagi Kesehatan dan Kesuburan 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Titik-Titik Akupunktur pada Tubuh

Ada beberapa titik tertentu pada tubuh yang dapat merangsang aliran energi. Di mana jarum-jarum akupunktur tersebut dipercaya dapat memicu untuk melepaskan hormon endorfin yang dapat menghilangkan rasa sakit secara alami.

Berikut beberapa titik akupunktur yang Ayah Bunda perlu ketahui.

1. Kepala

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui jika akupunktur bisa dilakukan pada area kepala. Melakukan akupunktur pada titik ini dipercaya dapat meredakan rasa sakit kepala maupun migrain.

Selain itu, akupunktur juga bermanfaat untuk mencegah gejala kedua penyakit tersebut datang kembali. Metode pengobatan ini dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

2. Punggung bagian bawah

Salah satu titik akupunktur bisa dilakukan pada bagian punggung bawah. Manfaat yang didapatkan ketika melakukan akupunktur pada titik ini adalah dapat meredakan nyeri punggung.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Best Practical and Research Clinical Anaesthesiol menyebutkan jika akupunktur efektif dalam meredakan nyeri punggung pada bagian bawah. Hal ini lebih efektif dibandingkan tidak melakukan pengobatan sama sekali.

Selain itu, teknik akupunktur yang dilakukan pada titik ini juga bermanfaat untuk meredakan otot-otot panggul yang menegang sehingga meningkatkan aluran energi ke organ reproduksi. Tentu dapat meningkatkan keseimbangan hormon dan kesehatan reproduksi Bunda. Kondisi ini bisa meningkatkan peluang keberhasilan program hamil.

3. Tangan

Akupunktur pada bagian tangan mungkin tidak terlalu sering dilakukan daripada bagian belakang tubuh. Namun, akupunktur pada bagian ini dapat memberikan manfaat seperti meredakan sindrom lorong kapal atau carpal tunnel syndrome (CTS) yang merupakan kondisi adanya gangguan pada pergelangan tangan. Penderitanya akan mengalami kesemutan, nyeri, hingga lemah pada tangan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Alternative Therapy Health Medical mengungkapkan jika akupunktur bermanfaat untuk meredakan sindrom tersebut yang disebabkan karena adanya tekanan saraf median.

4. Pergelangan tangan

Titik akupunktur pada pergelangan tangan dipercaya efektif dalam meredakan intensitas mual dan muntah. Bahkan hasil terapi akupunktur pada bagian ini dipercaya efektif dilakukan setelah prosedur pengobatan kanker dan pembedahan dilakukan.

5. Lutut

Ayah Bunda mungkin tidak asing lagi jika akupunktur dilakukan pada area lutut. Pasalnya, pada titik ini dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah yang berkaitan dengan sendi.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine (Baltimore), akupunktur pada titik ini dapat meredakan arthritis. Hal ini diketahui dari penelitian yang dilakukan pada 18.000 pasien sebab dipercaya dapat melepaskan bahan kimia yang menyebabkan rasa sakit alami pada tubuh.

6. Perut bagian bawah

Ayah Bunda tahu nggak sih jika akupunktur baik untuk meningkatkan kesuburan terutama untuk pasangan yang memiliki masalah fertilitas? Nah, akupunktur yang dilakukan pada titik perut bagian bawah memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dari organ reproduksi seperti ovarium dan rahim. Hal ini tentu baik untuk sistem reproduksi Bunda.

Baca juga: Pengalaman Dea Ananda Melawan Endometriosis dan PCOS Bisa Hamil Dengan Bayi Tabung 

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Akupunktur?

Akupunktur memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Tidak heran jika pengobatan alternatif ini menjadi pilihan bagi siapa saja yang membutuhkannya baik untuk meredakan rasa sakit, mengatasi stress, hingga membantu menurunkan berat badan.

Bahkan kini akupunktur baik untuk kesuburan. Hal ini tentu dapat meningkatkan peluang keberhasilan program hamil Ayah Bunda terutama bagi pasangan yang memiliki masalah fertilitas.

Nah, sebelum melakukan terapi akupunktur ini, ada beberapa hal yang perlu Ayah Bunda persiapkan, seperti:

  • Konsumsi makanan dalam porsi yang tepat. Ayah Bunda disarankan untuk makan dua jam sebelum prosedur akupunktur dilakukan, ya.
  • Hindari konsumsi kopi atau kafein. Konsumsi kopi sebelum melakukan terapi bisa memengaruhi respons tubuh, lho. Sebaiknya hindari minum kopi dua jam sebelumnya, Ayah Bunda.
  • Perhatikan aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Sebelum dan sesudah melakukan terapi akupunktur ini, sebaiknya hindari melakukan aktivitas berat.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Tujuannya agar ahli akupunktur dapat menempatkan jarum pada tubuh dengan mudah.

Ayah Bunda bisa melakukan akupunktur sesuai kebutuhan, lho. Pastikan untuk melakukan akupunktur di klinik maupun fasilitas kesehatan yang memiliki lisensi. Setelah membaca informasi di atas, tertarik untuk melakukan terapi akupunktur?

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Patel, M., et al. (2020). The role of acupuncture in the treatment of chronic pain. Best Pract Res Clin Anaesthesiol. 2020 Sep;34(3):603-616. 
  • Liu, S.C., et al. (2019). A retrospective study of acupuncture as an adjunctive therapy to topical ibuprofen for chronic knee pain due to osteoarthritis. Medicine (Baltimore). 2019 Apr;98(17): e15308. 
  • Bahrami-Taghanaki, H., et al. (2020). Acupuncture for Carpal Tunnel Syndrome: A Randomized Controlled Trial Studying Changes in Clinical Symptoms and Electrodiagnostic Tests. Altern Ther Health Med. 2020 Mar;26(2):10-16.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji