Waktu Terapi Akupunktur Biar Cepat Subur

Waktu Terapi Akupunktur Biar Cepat Subur

Akupunktur dapat dilakukan ketika terdapat masalah atau gangguan kesehatan pada tubuh. Waktu yang tepat untuk melakukan terapi ini adalah untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Terapi akupunktur menjadi salah satu alternatif bagi siapa saja yang membutuhkannya. Terapi ini dilakukan pada titik-titik tertentu untuk mengatasi berbagai penyakit yang dialami. Akupunktur telah diakui dalam ilmu kedokteran modern yang disebut akupunktur medik. Umumnya, terapi ini dilakukan oleh dokter spesialis akupunktur medis (SpAk) atau dokter umum yang memiliki sertifikasi dalam bidang akupunktur.

Baca juga: Manfaat Akupuntur Bagi Kesehatan dan Kesuburan

Berdasarkan riset kesehatan yang telah dilakukan, akupunktur memiliki manfaat untuk meredakan sejumlah keluhan berbagai masalah kondisi kesehatan, seperti:

  • Migrain dan sakit kepala tegang
  • Radang sendi
  • Nyeri punggung leher, nyeri punggung bawah, nyeri punggung lutut, dan nyeri pascaoperasi
  • Kram perut akibat menstruasi
  • Menopause
  • Mual hingga muntah akibat efek samping kemoterapi dan morning sickness

Meski begitu, hingga kini teknik akupunktur belum dilakukan sebagai bagian dari terapi utama untuk mengatasi kondisi tertentu.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Akupunktur?

Akupunktur merupakan suatu terapi pendukung yang membantu mengatasi masalah kesehatan. Terapi ini dilakukan dengan menusukkan jarum tipis pada titik-titik tertentu pada tubuh. Seiring dengan manfaatnya yang beragam, akupunktur bisa dilakukan ketika Ayah Bunda memiliki gangguan kesehatan atau nyeri kronis seperti nyeri punggung bawah, nyeri leher, asma, maupun nyeri lutut (osteoarthritis).

Selain mengatasi masalah kesehatan, waktu terbaik melakukan akupunktur ketika Ayah Bunda merencanakan program hamil untuk meningkatkan peluang keberhasilan kehamilan.

Sebaiknya, hindari melakukan akupunktur untuk mengatasi masalah kesehatan tanpa pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penting bagi Ayah Bunda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli akupunktur karena ada beberapa kondisi atau indikasi yang tidak dianjurkan untuk melakukan terapi ini. Jika kondisi Ayah Bunda dinyatakan aman maka terapi bisa dilakukan.

Akupunktur juga bisa mendukung untuk meningkatkan keberhasilan program hamil. Waktu yang tepat untuk melakukan akupunktur agar membantu meningkatkan kesuburan adalah saat Ayah Bunda sedang merencanakan untuk program hamil. Namun, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan hal tersebut.

Baca juga: Terapi Jeruk Nipis untuk Endometriosis, Apakah Efektif?

Prosedur Terapi Akupunktur

Ada beberapa tahapan melakukan terapi akupunktur yang perlu Ayah Bunda ketahui. Mengingat terapi ini menggunakan jarum-jarum tipis yang ditusukkan ke dalam pada kulit maka untuk Ayah Bunda yang memiliki beberapa kondisi tertentu seperti memiliki riwayat perdarahan atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu sebaiknya hindari melakukan terapi ini.

Selanjutnya, prosedur akupunktur dilakukan dengan beberapa Langkah, seperti:

  • Penusukan jarum. Jarum akupunktur akan ditusukkan pada titik-titik tertentu dengan berbagai kedalaman. Tidak perlu khawatir, jarum yang digunakan sangat tipis namun akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Biasanya akan menggunakan 20 hingga 30 jarum.
  • Manipulasi jarum. Setelah jarum ditusukkan pada titik-titik tersebut, ahli akupunktur akan menggerakan atau memutar jarum dengan lembut setelah penempatan tersebut.
  • Pelepasan jarum. Biasanya, jarum akan ditusukkan dan didiamkan di tempatnya selama 10-15 menit. Saat proses ini tentu pasien akan berada pada posisi berbaring diam dan rileks. Umumnya, ketika jarum dicabut maka tidak akan menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman.

Terapi akupunktur bisa berlangsung selama 20-60 menit. Hal ini tentu tergantung kondisi kesehatan masing-masing pasien secara keseluruhan. Begitu pula dengan jumlah jarum yang digunakan, bisa berkisar antara 20-30 jarum dalam sekali terapi.

Di beberapa kasus tertentu, dokter spesialis akupunktur akan melakukan prosedur lainnya, seperti pijatan titik akupresur, terapi listrik yang dilakukan melalui jarum akupunktur, maupun terapi akupunktur dengan laser tanpa jarum. Hal ini tergantung kondisi masing-masing pasien.

Demikian penjelasan kapan waktu terbaik untuk melakukan akupunktur. Terapi ini memang memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan namun pastikan untuk konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Berger, A.A., et al. (2021). Efficacy of Dry Needling and Acupuncture in the Treatment of Neck Pain. Anesth Pain Med. 2021 Apr; 11(2): e113627. 
  • Farag, A.M., et al. (2020). The effectiveness of acupuncture in the management of persistent regional myofascial head and neck pain: A systematic review and meta-analysis. Complementary Therapies in Medicine, Volume 49, March 2020, 102297. 
  • Vickers, A.J., et al. (2012). Acupuncture for Chronic Pain Individual Patient Data Meta-analysis. Arch Intern Med. 2012;172(19):1444-1453. 
  • Witt, C.M., et al. (2006). Acupuncture for patients with chronic neck pain. Pain. 2006 Nov;125(1-2):98-106.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji