Sperma Masuk ke Vagina, Bisakah Dirasa?

Sperma Masuk ke Vagina, Bisakah Dirasa

Benarkah Bunda bisa merasakan sperma yang masuk ke dalam rahim saat berhubungan seksual? Cari tahu jawabannya di sini! 

Perjalanan sperma ke dalam tubuh wanita dan potensinya untuk membuahi sel telur adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor. Memahami proses ini penting untuk semua wanita terutama mereka dalam kelompok usia reproduksi.

Jika sperma berhasil masuk dan membuahi sel telur, ini dapat mengakibatkan kehamilan. Untuk mengetahui seperti apa tanda-tanda sperma berhasil masuk ke dalam rahim atau tidak, baca terus ulasan berikut. 

Baca Juga: Berhubungan Tidak di Masa Subur Apakah Bisa Hamil ?

Tanda Sperma Berhasil Masuk ke Rahim

Mengetahui apakah sperma telah masuk ke dalam tubuh Bunda, bisa sulit untuk dikonfirmasi tanpa bantuan tes medis. Pada sebagian wanita, cairan sperma mungkin mengalir keluar dari vagina setelah berhubungan seksual, namun hal ini tidak selalu terjadi, sehingga sulit untuk memastikan apakah sperma telah masuk ke dalam rahim atau tidak.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Namun, jika ejakulasi terjadi di dalam vagina selama berhubungan seks tanpa perlindungan, ada kemungkinan sperma telah masuk ke dalam rahim. 

Ketika Ayah ejakulasi di dalam vagina, jutaan sperma dilepaskan, dan beberapa di antaranya berhasil melakukan perjalanan ke serviks, uterus, dan saluran tuba falopi. Dari semua sperma tersebut, hanya satu yang mungkin berhasil menembus sel telur dan membuahi.

Namun, perlu diketahui juga, bahwa penis tidak perlu menembus rahim untuk membuat sel sperma masuk ke rahim karena sel sperma mampu berenang menuju sel telur.

Namun, hanya karena sperma telah memasuki tubuh Bunda, tidak berarti itu akan selalu mengakibatkan kehamilan. Banyak faktor lainnya juga memainkan peran penting dalam kehamilan. Kesehatan sperma dan kesehatan sel telur berperan besar dalam konsepsi.

Baca Juga: Jam Berhubungan Agar Cepat Punya Momongan

Tanda-tanda Sperma Telah Memasuki Tubuh Bunda

Sebenarnya, tanda sperma telah memasuki rahim sama seperti tanda kehamilan pada umumnya. Ada beberapa tanda yang bisa membantu Bunda memahami apakah sperma telah memasuki tubuh:

  1. Waktu berhubungan seksual: Jika Ayah Bunda berhubungan seks selama periode subur, maka kemungkinan sperma telah memasuki tubuh lebih besar.
  2. Perubahan lendir serviks: Bunda mungkin memperhatikan perubahan dalam lendir serviks setelah ovulasi, ini bisa menjadi tanda bahwa sperma telah memasuki tubuh.
  3. Kram ringan atau bercak darah: Bunda mungkin mengalami kram ringan atau bercak darah ringan setelah ovulasi, yang bisa menjadi tanda bahwa sperma telah berhasil membuahi sel telur.
  4. Payudara terasa sensitif: Sensasi sensitif pada payudara setelah ovulasi bisa menjadi tanda awal kehamilan.
  5. Mual atau muntah: Mual atau muntah adalah salah satu tanda awal kehamilan yang mungkin Bunda alami, setelah sperma berhasil membuahi sel telur.
  6. Peningkatan indra penciuman: Bunda mungkin merasa memiliki indra penciuman yang lebih tajam, yang bisa menjadi tanda awal kehamilan.
  7. Kelelahan: Jika Bunda merasa lebih lelah dari biasanya, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan.
  8. Tidak haid: Jika Bunda melewatkan periode haid, itu bisa menjadi tanda bahwa sperma telah memasuki tubuh dan berhasil membuahi sel telur.

Cara Memastikan Sperma Masuk ke Vagina

Jika Ayah Bunda sedang mencoba untuk cepat hamil, mungkin ingin mencari cara untuk memastikan bahwa sperma telah berhasil membuahi sel telur di dalam rahim. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Ayah Bunda untuk memastikan keberhasilan pembuahan.

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan peluang sperma masuk ke dalam tubuh:

  • Ejakulasi saat penis berada di vagina, ini meningkatkan kemungkinan sperma masuk ke dalam.
  • Bunda dapat tetap telentang dengan pinggul sedikit terangkat, setelah ejakulasi. Hal ini memberi sperma lebih banyak waktu di vagina untuk masuk ke dalam tubuh.
  • Hindari mencuci atau membilas vagina segera setelah ejakulasi.

Tidak ada jaminan tips ini akan membantu sperma berhasil masuk ke dalam tubuh. Itu hanya dapat meningkatkan peluang. Hanya metode inseminasi intrauterine (IUI) yang terbukti secara ilmiah seperti dapat memastikan sperma masuk ke dalam rahim Bunda secara pasti.

Nah, jadi Ayah Bunda sudah tahukan bagaimana tanda-tanda sperma masuk ke dalam rahim dan cara memastikannya. Untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar reproduksi, kehamilan dan juga promil, baca artikel lainnya di Bocah Indonesia, ya Ayah Bunda!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Suarez, S.S., Pacey, A. A. (2005) Sperm transport in the female reproductive tract. Human Reproduction Update, Volume 12, Issue 1, January/February 2006, Pages 23–37. https://academic.oup.com/humupd/article/12/1/23/607817
  • MD, Bruce M. Carlson. (2019) Sperm Transport. in The Human Body, 2019. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/sperm-transport
  • Medical News Today. Getting sperm out of the body after sex: Is it possible?. Diakses 2023. 
  • National Health Service, UK. Can I get pregnant if I have sex without penetration?. Diakses 2023
Avatar photo
Share:

3 Responses

  1. Ann berkata:

    Bunda aku kan habis keguguran ni 3 Minggu yg lalu dan sekarang baru haid pertama di tgl 12:11:2023
    Tp SDH berhenti di tgl 15
    Itu cara ngitung masa suburnya gmn ya,dan kpn berhubungan

  2. Debby berkata:

    Hai bun aku mau tanya
    Kalo penetrasi nya tidak terlalu dalam ke vagina dan sperma keluar didalam apakah bisa hamil? Kebetulan aku pengantin baru jadi belum pandai soal ini hehe
    Dan 1 lagi setelah berhubungan pas pipis kok keluar darah kental seperti darah haid itu apa yaa bun? Tolong dijawab yaa bun makasih🙏🏻

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Debby

      untuk mendapatkan jawaban yang akurat sebaiknya konsultasi ke dokter spesialist kami, untuk penjadwalnya bunda bisa hubungi ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) dengan klik link di bawah ini

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji