Kenali 7 Ciri Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil

ciri menstruasi terakhir sebelum hamil

Menstruasi adalah hal yang normal dialami wanita setiap bulannya. Durasi menstruasi pun berbeda-beda setiap wanita. Ketika wanita mengalami telat menstruasi bisa jadi ini salah satu pertanda hamil. Namun, banyak wanita tidak menyadari ciri menstruasi terakhir sebelum hamil. Lantas, apa saja ciri-ciri menstruasi terakhir sebelum hamil?

Ciri Menstruasi Terakhir Sebelum Hamil

Jika Anda mengalami kehamilan pertama mungkin Anda kerap tidak menyadari tanda-tanda awal kehamilan. Namun, sebenarnya salah satu tanda yang paling umum awal kehamilan adalah terlambat menstruasi. Bagi wanita yang memiliki siklus haid yang normal, hal ini mudah diketahui namun tidak bagi wanita yang memiliki siklus haid tidak normal.

Berikut ciri menstruasi terakhir sebelum hamil selain terlambat menstruasi, diantaranya:

  1. Nyeri payudara berlangsung lebih lama dari biasanya
  2. Pendarahan implantasi / flek
  3. Sakit punggung
  4. Kram perut
  5. Mual dan muntah
  6. Perubahaan suasana hati
  7. Lebih mudah lelah

1. Nyeri payudara berlangsung lebih lama dari biasanya

Salah satu tanda haid bagi yang sering dialami wanita adalah nyeri pada payudara. Namun nyeri payudara juga menjadi tanda awal kehamilan bagi wanita. Bahkan bagi beberapa perempuan, nyeri payudara terasa sakitnya sampai ke puting susu.

Bedanya, nyeri payudara awal kehamilan terjadi dalam waktu 1 – 2 minggu sedangkan nyeri payudara haid dialami wanita dalam waktu yang sebentar. Nyeri payudara disebabkan akibat meningkatnya hormon progesterone pada wanita untuk menyiapkan pembuahan.

2. Pendarahan implantasi / flek

Salah satu ciri menstruasi terakhir sebelum hamil yang dialami wanita adalah flek atau pendarahan implantasi. Flek pada awal kehamilan berupa bercak darah berwarna merah muda sebanyak 1 – 2 tetes. Biasanya, bercak pendarahan implantasi terjadi dalam waktu 1 – 2 hari saja.

Berbeda dengan tanda awal hamil, wanita yang akan mengalami haid tidak mengalami bercak flek di awal menstruasi. Pendarahan akan keluar saat menstruasi tiba. Pendarahan menstruasi lebih deras, warnanya pun cenderung merah tua – kecoklatan. Periode menstruasi pun terjadi selama kurang lebih satu minggu.

3. Sakit punggung

Sakit punggung bisa dialami oleh wanita pada saat haid atau pun menjadi tanda awal kehamilan. Bedanya, pada wanita hamil sakit punggung bisa dialami selama kehamilan. Namun, sakit punggung bukan menjadi tanda awal kehamilan. Pasalnya nyeri punggung akan terasa pada saat perut sudah membesar, hal ini disebabkan janin yang semakin membesar akan mendorong punggung serta pinggul ibu.

Sakit punggung juga dialami oleh wanita yang akan mengalami menstruasi. Biasanya, sakit punggung akan menjalar hingga ke betis. Namun, berbeda dengan sakit punggung kehamilan, sakit punggung saat menstruasi akan terjadi dalam kurun waktu sebentar, yaitu 1 – 2 hari.

4. Kram perut

Salah satu tanda awal kehamilan yang dialami wanita adalah kram perut. Kram perut yang dialami pada awal-awal kehamilan adalah proses implantasi embrio atau zigot. Kram perut tanda hamil terjadi dalam waktu yang lebih cepat setelah ovulasi dan akan mereda dalam hitungangan jam.

Berbeda seperti tanda hamil, wanita yang mengalami kram perut saat masa haid terjadi akibat kontraksi pada otot-otot rahim. Biasanya kram perut yang dialami wanita pada saat menstruasi berlangsung selama 1 – 2 hari.

5. Mual dan muntah

Salah satu tanda awal kehamilan yang kerap dialami wanita adalah mual dan muntah di pagi hari. Gejala mual dan muntah ini juga sering disebut morning sickness. Morning sickness dialami setelah sebulan terjadinya pembuahan. Biasanya, morning sickness terjadi pada usia kehamilan muda.

Sementara itu, haid jarang menyebabkan mual dan muntah. Hal ini bisa terjadi karena gejala PMS yang dapat membuat rasa tidak nyaman, seperti kembung, mual, dan diare.

6. Perubahaan suasana hati

Perubahan suasana hati/mood swing merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon progesterone dan estrogen yang naik turun. Pada wanita hamil, biasanya akan mengalami perubahan suasana hati dalam jangka waktu yang lama.

Gejala perubahan mood ini juga dirasakan wanita pada saat menjelang hingga pada periode haid berlangsung. Berbeda pada saat hamil, perubahan mood pada saat haid berlangsung lebih cepat.

7. Lebih mudah lelah

Salah satu tanda hamil dan haid yang kerap dialami wanita adalah rasa lemas atau cepat lelah. Hal ini disebabkan akibat meningkatnya kadar progesteron. Namun, rasa cepat lelah yang dialami ibu hamil biasanya berlangsung dalam jangka panjang. Semakin besar kandungan maka fisik Anda juga semakin lelah.

Meski sama-sama mengalami gejala cepat lelah namun rasa cepat lelah tanda hamil dengan ketika saat haid memiliki perbedaan. Cepat lelah pada saat haid dialami wanita dalam jangka waktu yang lebih cepat. Ketika darah haid keluar maka rasa lelah pun perlahan hilang.

Ciri Hamil yang Sering Tidak Disadari

Selain beberapa ciri di atas terdapat ciri hamil yang tidak disadari wanita. Hal tersebut bisa disebabkan karena ciri-ciri hamil tersebut merupakan hal umum yang dialami wanita. Berikut beberapa ciri-ciri hamil yang jarang disadari.

Frekuensi buang air kecil lebih sering

Jika Anda mengalami frekuensi buang air kecil yang lebih sering, bisa jadi ini sebuah tanda-tanda hamil 1 bulan. Biasanya, kondisi ini mulai terjadi sekitar 6 – 8 minggu setelah pembuahan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormone human chorionic gonadotropin (hCG).

Tingginya hormon hCG dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga meningkatkan produksi urine. Semakin besar usia kehamilan maka frekuensi buang air kecil makin sering terjadi. tidak perlu khawatir, ini merupakan salah satu tanda hamil yang wajar.

Indera penciuman menjadi lebih sensitif

Pada saat kehamilan, indera penciuman menjadi sensitif. Biasanya, ini tanda hamil ini terjadi pada saat trimester pertama. Peningkatan sensitivitas indra penciuman bisa memicu mual atau muntah. Hal ini bisa menyebabkan wanita hamil tidak suka terhadap makanan tertentu.

Kondisi ini biasanya kembali normal setelah melahirkan atau pada waktu 6 hingga 12 minggu pasca persalinan.

Suhu tubuh tinggi

Salah satu tanda hamil lainnya adalah meningkatnya suhu tubuh basal (BBT). Suhu tubuh basal naik pada saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini dikarenakan setelah ovulasi karena peningkatan progesterone setelah masa ovulasi.

Kenaikan suhu basal tubuh kerap tidak disadari oleh wanita hamil. Biasanya, kenaikan suhu tubuh basal berlangsung selama 18 hari atau lebih. Namun, suhu tubuh basal tidak selalu menjadi tanda pasti yang menandakan Anda hamil.

Jika Anda merasakan ciri-ciri di atas maka Anda dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Jika Anda mendapatkan dua garis positif, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

  1. Deutchman, Mark. First trimester bleeding. Am Fam Physician. 2009 Jun 1;79(11):985-94.
  2. Wylde, Sophie. Morning sickness in pregnancy: mini review of possible causes with proposal for monitoring by diagnostic methods. International Journal of Reproduction, Contraception, Obstetrics and Gynecology Wylde S et al. Int J Reprod Contracept Obstet Gynecol. 2016 Feb;5(2):261-267. 
  3. Matthews, Anne. Interventions for nausea and vomiting in early pregnancy. Cochrane Database of Systematic Reviews. Version published: 08 September 2015. 
  4. American Pregnancy Association. (2015). Mood swings during pregnancy. Retrieved May 20, 2016.
  5. American College of Obstetricians and Gynecologists. (2019). Bleeding during pregnancy. FAQ038. Retrieved December 30, 2020. 
  6. American Pregnancy Association. Pregnancy Cramps: Causes, Treatment and Prevention.
cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime