Mulai Kendur? Simak 7 Cara Merapatkan Miss V

cara merapatkan miss v

Vagina yang kendur kerap membuat wanita merasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Kondisi vagina yang kendur bisa disebabkan aktivitas seksual yang dilakukan bersama pasangan atau memiliki pengalaman pernah melahirkan secara normal (pervaginam). Lantas, bagaimana cara merapatkan miss V agar hubungan seks lebih menggairahkan?

Cara Merapatkan Vagina

Banyak yang beranggapan memiliki vagina yang kendur dapat menurunkan kepuasan pada saat bercinta bersama pasangan. Padahal, hal tersebut bukan menjadi faktor utama, terdapat beberapa faktor yang dapat membuat kualitas berhubungan menurun, salah satunya faktor psikologis.

Selain itu, terdapat dua faktor yang memengaruhi elastisitas vagina, yaitu usia dan persalinan.

Usia: elastisitas vagina akan mengalami perubahan ketika memasuki usia 40 tahun. Hal ini dikarenakan kadar estrogen menurun dan Anda akan memasuki tahap perimenopause.

Persalinan: wanita yang pernah melakukan persalinan pervaginam akan mengalami perubahan elastisitas pada vagina. Pasalnya, pasca proses pervaginam membuat otot-otot vagina meregang. Terlebih jika Anda telah memiliki pengalaman melahirkan lebih dari sekali.

Namun, bagi beberapa wanita memiliki vagina yang rapat salah satu cara untuk mendapatkan hubungan seksual yang optimal. Oleh sebab itu, banyak yang menginginkan kondisi vagina seperti sedia kala. Berikut beberapa cara merapatkan miss V secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah, diantaranya:

  • Senam kegel
  • Leg up
  • Medicine ball sit up
  • Terapi laser
  • Mengonsumsi kacang kedelai
  • Operasi vaginoplasty
  • Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Senam kegel

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini, senam kegel. Senam kegel memiliki sejumlah manfaat terutama yang berhubungan dengan organ intim, salah satunya dapat membantu vagina rapat kembali secara alami. Senam kegel dapat menguatkan otot-otot dasar panggul yang melemah.

Pasalnya, kondisi vagina yang longgar dapat disebabkan otot-otot panggul yang lemah sehingga senam kegel bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan secara alami. Cara melakukannya pun cukup mudah.

  • Anda cukup berbaring di atas matras
  • Kencangkan otot dasar panggul seperti sedang menahan buang air kecil.
  • Tahan posisi tersebut selama 5 detik, kemudian lemaskan tubuh selama 5 detik.
  • Ulang gerakan tersebut sebanyak 5 kali.

Usahakan untuk tidak mengencangkan paha, perut, atau bokong selama melakukan senam kegel. Fokuskan diri Anda pada otot dasar panggul. Jika Anda ingin hasil yang maksimal maka lakukan senam kegel secara rutin.

posisi latihan kegel
  • Anda cukup berbaring di atas matras
  • Kencangkan otot dasar panggul seperti sedang menahan buang air kecil.
  • Tahan posisi tersebut selama 5 detik, kemudian lemaskan tubuh selama 5 detik.
  • Ulang gerakan tersebut sebanyak 5 kali.

 

Usahakan untuk tidak mengencangkan paha, perut, atau bokong selama melakukan senam kegel. Fokuskan diri Anda pada otot dasar panggul. Jika Anda ingin hasil yang maksimal maka lakukan senam kegel secara rutin.

Leg up

Salah satu cara merapatkan miss V secara alami adalah dengan teknik leg up. Leg up adalah latihan yang bagus untuk mengencangkan otot-otot vagina serta dapat membangun kekuatan otot. Anda juga dapat melakukannya dengan mudah di rumah.

posisi latihan leg up
  • Anda dapat membaringkan tubuh di atas matras.
  • Kencangkan otot perut dan angkat kaki secara perlahan. Usahakan jangan menekuk lutut Anda.
  • Ini dapat membantu mengencangkan otot-otot dasar panggul Anda.

Medicine ball sit up

Jika Anda ingin membuat organ intim rapat kembali, Anda dapat melakukan salah satu car aini, medicine ball sit up. Medicine ball sit up bisa membantu mengencangkan otot-otot panggul Anda.

Gerakan medicine ball sit up ini sama seperti gerakan sit up biasa, bedanya Anda memegang medicine ball tambahan. Selain dapat mengencangkan otot panggul, teknik ini juga bisa menghilangkan lemak dan mengencangkan otot perut Anda.

Terapi laser

Salah satu cara merapatkan miss V yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan terapi laser. Cara ini tidak bisa Anda lakukan sendiri di rumah melainkan dengan bantuan dokter. Terapi laser merupakan perawatan non-invasif tanpa memerlukan operasi.

Cara kerja terapi ini, dokter akan menembakkan sinar laser ke dalam vagina sejauh 4 – 6 cm. sinar laser ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit. Proses perawatan ini juga terbilang cepat, hanya membutuhkan waktu selama 15 menit.

Mengonsumsi kacang kedelai

Selain beberapa olahraga yang dapat dilakukan di atas, salah satu cara merapatkan miss V dengan bahan alami adalah dengan mengonsumsi kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung fitoestrogen, senyawa yang meniru estrogen di dalam tubuh yang baik untuk kesehatan vagina. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar estrogen.

Kadar estrogen yang menurun bisa disebabkan akibat obat-obatan, menopause, dan juga kondisi kekeringan pada vagina.

Kacang kedelai yang diproses secara minimal bersifat hidrofilik, yang memungkinkan otot lebih menahan lebih banyak air dan mengandung isoflavone yang bermanfaat bagi kulit wanita pasca menopause.

Operasi vaginoplasty

Jika Anda ingin merapatkan miss V dengan tindakan medis, operasi vaginoplasty bisa menjadi salah satu caranya. Operasi ini dapat mengencangkan otot-otot vagina. Pada prosedur ini, dokter akan melakukan penyatuan otot-otot di sekitar vagina.

Pasca menjalani operasi, Anda harus melakukan istirahat selama 1 – 2 minggu serta menghindari melakukan kegiatan yang berat. Namun, jika Anda ingin melakukan operasi vaginoplasty, hal ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping, seperti infeksi, perdarahan, hingga nyeri.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan

Salah satu cara merapatkan miss V adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas. Pasalnya, radikal bebas dapat membuat kadar kolagen dan elastin dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dalam lapisan kulit vagina. Kadar kolagen dan elastin inilah yang membuat elastisitas vagina menurun.

Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dari sayur-sayuran, buah-buahan yang memiliki warna kuat, kacang-kacangan, ikan, jamur, hingga yoghurt.

Usahakan untuk menghindari minuman alkohol, makanan yang mengandung bahan pengawet, serta berhenti merokok. Hal ini merupakan sumber radikal bebas yang dapat mengganggu kadar kolagen dan elastin organ intim.

obat rapet memengaruhi kesuburan

Apakah Penggunaan Obat Perapat Miss V dapat Memengaruhi Kesuburan?

Selain dari cara alami terdapat obat-obatan yang terjual bebas yang dipercaya untuk merapatkan vagina. Namun, harus diperhatikan apakah obat-obatan tersebut terdaftar di BPOM dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Hindari penggunaan obat/krim/zat yang dioleskan atau dimasukkan ke dalam vagina. Hal ini dapat berisiko mengganggu keseimbangan flora vagina dan menimbulkan risiko alergi. Salah satu efek yang ditimbulkan adalah keputihan. Umumnya, keputihan merupakan cara alami vagina dalam membersihkan diri.

Namun, jika keputihan berlebihan dan terus-menerus terjadi disertai beberapa gejala lain, hal ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit radang panggul, yang mana dapat memengaruhi kesuburan bahkan bisa membuat wanita sulit hamil.

Selain itu, hindari penggunaan sabun daun sirih yang dipercaya dapat merapatkan organ intim wanita. Pasalnya, pada sabun sirih tersebut tidak hanya ekstrak daun sirih yang terbentuk tetapi produsen juga memasukkan beberapa bahan kimia untuk mengawetkan produk.

Jika Anda sering menggunakan sabun sirih terlalu sering dapat menyebabkan infeksi pada vagina, vagina kering, risiko penyakit radang panggul yang bisa memengaruhi kesuburan, hingga meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

  1. Levis, Silvina. The Role of Soy Foods in the Treatment of Menopausal Symptoms. J Nutr. 2010 Dec; 140(12): 2318S–2321S. Published online 2010 Nov 3. 
  2. Alfeu Accorsi-Neto. Effects of Isoflavones on the Skin of Postmenopausal Women: A Pilot Study. Clinics (Sao Paulo). 2009 Jun; 64(6): 505–510. 
  3. Dr. Jeane Lombard. Safe Ways to Tighten Your Vagina. Vaginal Health. October 8, 2020. 
  4. Brkić, Danijel. Nitrate In Leafy Green Vegetables and Estimated Intake. Afr J Tradit Complement Altern Med. 2017; 14(3): 31–41. Published online 2017 Mar 1.
  5. Golmakani, Nahid. The effect of pelvic floor muscle exercises program on sexual self-efficacy in primiparous women after delivery. Iran J Nurs Midwifery Res. 2015 May-Jun; 20(3): 347–353.
cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi