6 Cara Melancarkan Haid Secara Alami

cara melancarkan haid

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Tidak jarang pada kasus tertentu, wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur. Namun, terdapat beberapa cara melancarkan haid secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Melancarkan Haid

Terdapat beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan siklus menstruasi menjadi normal kembali.

1. Istirahat yang cukup

Salah satu faktor penyebab siklus yang tidak teratur adalah stres. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan istirahat yang cukup. Jam tidur yang normal adalah 7 – 9 jam untuk dewasa. Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk mengatasi stres serta membantu hormon pengatur menstruasi agar tetap terjaga.

2. Berlatih yoga

Yoga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Alternative and Complementary Medicine, menyebutkan jika yoga dapat menurunkan kadar hormon berlebihan yang dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Selain itu, yoga juga dapat membantu meredakan nyeri haid dan kondisi emosional pada saat menstruasi. Berlatih yoga dapat membantu Anda untuk mengatasi stres yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak normal. Tidak perlu jauh-jauh, Anda dapat melakukan yoga di rumah.

3. Olahraga teratur

Olahraga memang memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk pada saat menstruasi. Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal karena kelebihan berat badan atau berat badan di bawah normal bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

Sebuah uji klinis tahun 2021 menunjukkan bahwa olahraga dapat secara efektif mengobati dismenore primer dengan mengurangi intensitas dan durasi nyeri yang terkait dengan siklus menstruasi. Namun, perlu penelitian lebih lanjut mengenai efek olahraga pada siklus yang tidak teratur.

Olahraga bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, Anda cukup melakukan olahraga yang ringan namun Anda harus melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

4. Mengganti alat kontrasepsi

Mengingat salah satu penyebab siklus menstruasi menjadi tidak teratur adalah penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Jika Anda merasakan siklus haid menjadi tidak normal maka Anda bisa mengganti alat kontrasepsi untuk mengatasinya.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Diperlukan beberapa kali percobaan hingga Anda menemukan alat kontrasepsi yang cocok dengan efek samping yang minim.

5. Mengonsumsi vitamin

Salah satu cara melancarkan haid secara alami dan cepat adalah dengan mengonsumsi vitamin. Salah satu asupan vitamin D yang perlu dikonsumsi adalah vitamin D. Sebuah studi yang diterbitkan Reproductive Biology and Endocrinology, mengungkapkan kadar vitamin D yang rendah dapat memengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Selain itu, sebuah studi yang diterbitkan Journal of Research in Medical Science juga mengungkapkan jika vitamin D efektif untuk mengatasi ketidakteraturan menstruasi pada wanita yang menderita PCOS.

Anda dapat mengonsumsi vitamin D dari berbagai sumber makanan, seperti susu, salmon, tuna, dan sereal.

Anda juga bisa memenuhi asupan vitamin D dari sinar matahari langsung. Anda cukup berjemur di bawah sinar matahari pagi di bawah pukul 10.00 selama 5 – 10 menit.

6. Mengobati kondisi medis lainnya

Salah satu cara melancarkan haid yang telat 10 hari adalah mengobati kondisi medis yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Seperti yang diketahui, beberapa kondisi medis bisa menyebabkan siklus tidak normal. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan pengobatan terlebih dahulu.

Jika Anda melakukan konsultasi dengan dokter, dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda akan melakukan sejumlah pemeriksaan seperti USG panggul untuk mendeteksi polip dan kista ovarium, pemeriksaan panggul, tes darah, hingga biopsi endometrium untuk mendeteksi endometriosis.

Bahan Herbal untuk Mengatasi Siklus Menstruasi Tidak Normal

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa bahan herbal alami. Kandungan zat-zat yang terdapat pada bahan herbal sangat baik bagi kesehatan.

Kayu manis

Kayu manis memiliki manfaat dengan masalah menstruasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Obstetric and Gynecology, menyebutkan jika kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS.

Selain itu kayu manis juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan pendarahan, dan meredakan mual yang berhubungan dengan dismenore primer.

Kayu manis umumnya dianggap sebagai pengobatan alami yang aman dan efektif untuk wanita dengan dismenore primer.

Jahe

Jahe memiliki manfaat untuk meredakan nyeri menstruasi yang kerap dialami wanita. Selain itu, mengonsumsi air rebusan jahe dipercaya sebagai obat untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur namun belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut.

Sebuah studi yang diterbitkan Evidence-Based Practice terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi berat menunjukkan bahwa suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah selama menstruasi.

Selain itu penelitian yang diterbitkan Phytotherapy Research, menemukan bahwa mengonsumsi jahe selama 7 hari sebelum menstruasi dapat meredakan gejala mood, fisik, dan perilaku sindrom pramenstruasi (PMS).

Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Umumnya, siklus menstruasi pada wanita adalah 21 hingga 35 hari. Namun, banyak wanita yang mengalami masa haid di tidak normal sehingga siklusnya menjadi tidak normal. Siklus menstruasi yang tidak normal terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 38 hari. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siklus menjadi tidak normal, mulai dari penggunaan alat kontrasepsi, stres, gaya hidup, hingga kondisi medis tertentu.

1. Alat kontrasepsi

Salah satu yang menjadi faktor haid Anda tidak teratur bisa disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, suntik KB, dan implant biasanya mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron. Hal ini yang menyebabkan kondisi haid wanita menjadi tidak teratur.

2. Stres dan gaya hidup

Stres juga bisa menyebabkan haid Anda tidak teratur. Pasalnya stres dapat memengaruhi proses produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon tersebut yang memiliki peran untuk siklus menstruasi wanita. Jika kadarnya berlebihan maka dapat membuat siklus menjadi tidak teratur.

Selain itu, gaya hidup juga menjadi salah satu pemicu siklus menjadi tidak normal. Berat badan yang berlebihan, diet yang berlebihan, hingga rutinitas olahraga yang kurang bisa membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) merupakan kondisi hormon androgen yang berlebihan pada wanita. Perubahan hormonal dapat mencegah sel telur matang sehingga membuat ovulasi tidak mungkin terjadi secara konsisten.

4. Tiroid

Penyakit tiroid juga menjadi salah satu penyebab siklus menstruasi tidak normal. Penyakit tiroid merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena tidak keseimbangan produksi hormon tiroid. Kelenjar tiroid umumnya berperan penting untuk metabolisme pada tubuh.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Rani, Monika; Singh, Uma; Agrawal, Girdhar Gopal. Impact of Yoga Nidra on menstrual abnormalities in females of reproductive age. J Altern Complement Med. 2013 Dec;19(12):925-9. 
  2. Marzouk, Tayseer M; Ahmed, Waleed A Sayed. Effect of Dietary Weight Loss on Menstrual Regularity in Obese Young Adult Women with Polycystic Ovary Syndrome. J Pediatr Adolesc Gynecol. 2015 Dec;28(6):457-61. 
  3. Kashefi, Farzaneh; Khajehei, Marjan; Alavinia, Mohammad. Effect of Ginger (Zingiber officinale) on Heavy Menstrual Bleeding: A Placebo-Controlled, Randomized Clinical Trial. Phytotherapy Research, 29(1), 114–119. 
  4. Kort, Daniel H; Lobo, Roger A. Preliminary evidence that cinnamon improves menstrual cyclicity in women with polycystic ovary syndrome: a randomized controlled trial. Research Gynecology| Volume 211, Issue 5, P487.E1-487.E6, November 01, 2014. 
  5. Jukic, Anne Marie Z; Steiner, Anne Z; Baird, Donna D. Lower plasma 25-hydroxyvitamin D is associated with irregular menstrual cycles in a cross-sectional study. Reprod Biol Endocrinol. 2015 Mar 11; 13:20. 
  6. Leon, Lorena I Rasquin; Anastasopoulou, Catherine; Mayrin, Jane V. Polycystic Ovarian Disease. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. 
  7. Yamamoto, Kazuhiko; Okazaki, Ai; Sakamoto, Yoko. The relationship between premenstrual symptoms, menstrual pain, irregular menstrual cycles, and psychosocial stress among Japanese college students. J Physiol Anthropol. 2009;28(3):129-36. 
  8. Cronk, Nikole; Zweig, Alex; Deane, Kristen. Is exercise an effective treatment for dysmenorrhea? Evidence-Based Practice: July 2021 – Volume 24 – Issue 7 – p 32-33.
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Reservasi