Hati-Hati! Ini 6 Masalah Rumah Tangga yang Harus Anda Waspadai!

masalah rumah tangga

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga akan selalu ada kerikil-kerikil tajam di dalamnya. Meski begitu, terkadang masalah rumah tangga menjadi  warna dalam membina kehidupan sebagai pasangan suami istri. Namun, jika masalah tersebut dibiarkan begitu saja bisa memicu keretakan rumah tangga. Lantas, apa saja masalah rumah yang harus diwaspadai?

Masalah Rumah Tangga

Memiliki hubungan yang harmonis merupakan impian bagi setiap pasangan suami istri yang menjalani kehidupan rumah tangga. Namun, dalam perjalanannya, terdapat kerikil-kerikil tajam dalam menjalani kehidupan sebagai pasangan suami istri.

Meski tidak selalu membawa petaka, argumen bisa memberikan warna dalam kehidupan rumah tangga. Namun, jika masalah rumah tangga dibiarkan begitu saja, hal ini tentu bisa memicu pertengkaran. Jika terdapat masalah rumah tangga, Anda dianjurkan untuk focus mencari solusinya. 

Berikut beberapa masalah rumah tangga yang harus diwaspadai.

  1. Masalah Ekonomi
  2. Kehidupan Seksual
  3. Perselingkuhan
  4. Kesalahpahaman
  5. Tekanan Sosial
  6. Ketidakhadiran Anak

1. Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi kerap menjadi salah satu pemicu terjadinya konflik rumah tangga antara pasangan suami istri. Hal ini bisa terjadi jika pendapatan pasangan suami istri tidak mampu memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangga. Dalam beberapa kasus masalah ekonomi kerap menjadi alasan retaknya hubungan suami istri.

Solusi Masalah Ekonomi

Jika hal ini terjadi maka Anda dan pasangan harus segera menuntaskannya. Solusi terbaik untuk masalah ekonomi adalah buatlah finansial yang sehat dalam rumah tangga. Finansial yang sehat akan menentukan kualitas yang baik dalam keluarga. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan jika hubungan asmara dan cinta dipengaruhi oleh pertimbangan materi. Beberapa hal yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat secara finansial, yaitu:

Catat kebutuhan dan pengeluaran

Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk melacak seluruh pemasukan maupun pengeluaran selama satu bulan. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, Anda akan mendapat gambaran kemampuan finansial. Buatlah persentase pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya dengan memprioritaskan hal yang dibutuhkan.

Sesuaikan gaya hidup dengan pendapatan

Sesuaikan hidup dengan tidak berlebihan dan tidak memaksakan diri. Ambil setiap keputusan keuangan dengan bijak dan fokus pada kebutuhan dan tidak hanya keinginan konsumtif.

Sisihkan dana untuk tabungan

Menabung penting dilakukan untuk menekan kebiasaan boros. Anda dapat menabung dalam bentuk uang, investasi emas, reksadana, saham, ataupun simpanan lainnya.

Kurangi berutang atau mencicil

Tunda dulu hasrat konsumtif membeli barang baru dengan cara berutang atau mencicil. Hal ini penting untuk menghindari beban bunga yang biasa timbul setiap bulannya.

Menurut Agus Helly, MM., CFP, seorang financial planner, dalam membina rumah tangga harus paham apa yang menjadi prioritas keuangan. Hal ini disebut sebagai piramida keuangan. Menurut Agus Helly dalam penuturannya, urutan piramida keuangan dimulai dari pondasi paling bawah. Berikut urutan piramida keuangan.

  • Income continue
  • Dana darurat
  • Dana proteksi
  • Pendidikan dan pensiun
  • Deposito dan surat utang
  • Investasi berupa reksadana, emas, dan saham
  • Investasi berupa foreign exchange (Forex)
  • Investasi trading commodity
  • Investasi berupa cryptocurrency
  • Lainnya

Agus Helly, menambahkan bagaimana cara mengatur arus kas (cash flow) yang baik dan benar agar finansial tetap terjaga secara sehat, seperti berikut ini.

  • Saving/investasi = 10%
  • Proteksi = 5 – 10%
  • Cicilan = 30%
  • Konsumsi kebutuhan
  • Konsumsi keinginan

2. Kehidupan Seksual

Ketidakpuasan pasangan terhadap seksualitas di ranjang bisa memicu masalah rumah tangga hingga menyebabkan pertengkaran. Sebuah studi mengungkapkan bahwa kepuasan seksual dapat memengaruhi kualitas hubungan dengan pasangan.

Solusi Kehidupan Seksual

Jika Anda mengalami hal ini maka Anda dapat mengatasinya dengan melakukan komunikasi bersama pasangan mengenai hal yang Anda rasakan. Hal ini agar Anda dan pasangan saling mengetahui mengenai keresahan dan mood yang baik untuk berhubungan.

Anda juga bisa melakukan berbagai variasi posisi berhubungan agar kualitas hubungan seksual semakin membara. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sex toys untuk membantu memuaskan hasrat seksual. Sex toys kerap digunakan pasangan sebagai variasi mencapai kepuasan juga fantasi sehingga dapat mengembalikan gairah seksual Anda. Namun, pastikan Anda memilih sex toys bebas bahan phthalates.

3. Perselingkuhan

Salah satu masalah rumah tangga yang bisa memicu pertengkaran adalah perselingkuhan. Pasalnya, terdapat berbagai alasan pasangan melakukan perselingkuhan. Tidak jarang masalah ini bisa memicu keretakan rumah tangga.

Solusi Perselingkuhan

Salah satu solusi untuk menangani masalah ini, Anda dapat melakukan perawatan diri. Hal ini bisa menjadi langkah awal agar pasangan “bertekuk lutut” dihadapan Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan konseling pasangan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui masalah dan mencari solusi terbaik bersama konselor.

4. Kesalahpahaman

Kesalahpahaman antara pasangan bisa memicu terjadinya masalah rumah tangga. Hal ini bisa terjadi jika pasangan tidak saling terbuka satu sama lain, kurangnya rasa percaya antara satu sama lain. Jika dibiarkan masalah ini bisa menyebabkan keretakan rumah tangga. Lantas, apa solusi untuk mengatasi kesalahpahaman dalam rumah tangga?

Solusi kesalahpahaman

Jangan biarkan kesalahpahaman membuat hubungan Anda bersama pasangan menjadi kurang baik. Salah satu solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah tingkatkan rasa percaya satu sama lain.

Keterbukaan dalam kehidupan rumah tangga merupakan hal penting untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Jika kedua hal tersebut berhasil diterapkan akan membantu meningkatkan kualitas hubungan pasangan.

5. Tekanan Sosial

Dalam membina kehidupan rumah tangga kerap terdapat tekanan sosial dari orang-orang sekitar. Tekanan sosial bisa didapatkan dari orang-orang yang ingin terlibat dalam kehidupan rumah tangga Anda. Hal ini bisa menimbulkan rasa stres hingga pertengkaran antara suami istri.

Solusi masalah tekanan sosial

Anda bisa mengambil sedikit waktu untuk menenangkan dan memulihkan pikiran Anda dengan meditasi. Jika diperlukan, lakukan liburan bersama pasangan dapat meningkatkan kualitas hubungan.

6. Ketidakhadiran Anak

Kehadiran buah hati menjadi salah satu hal yang didambakan bagi pasangan suami istri, terlebih jika usia pernikahan telah lebih dari 1 tahun. Tidak jarang masalah kehadiran buah cinta di tengah keluarga bisa menjadi perdebatan yang tak kunjung usai. Baik dari orang-orang terdekat hingga pasangan.

Perlu diketahui, belum hadirnya keturunan bisa disebabkan oleh masalah infertilitas baik pria maupun wanita. Menurut CEO Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dr. Pandji Sadar, permasalahan infertilitas dialami 12,5% pasangan di seluruh dunia, di mana 1 dari 8 pasangan suami istri dapat memiliki permasalahan dalam mendapatkan keturunan.

Penyebab infertilitas wanita dan pria pun berbeda, infertilitas pada wanita disebabkan oleh beberapa faktor seperti  usia, gaya hidup, fisik, hingga infertilitas tanpa sebab tertentu.

Menurut dr. Cynthia Agnes Susanto, Sp.OG, BMedSc, dokter spesialis obstetri dan ginekologi , terdapat berbagai macam penyebab permasalahan infertilitas pada wanita yang menyebabkan wanita menjadi sulit hamil. Wanita yang mengalami gangguan ovulasi, endometriosis, masalah tuba falopi, polip, hingga miom akan sulit mendapatkan kehamilan.

Pasalnya, organ penting yang berperan untuk pembuahan mengalami gangguan sehingga sulit tercapainya pembuahan.

Sedangkan pada pria, menurut dr. Tiara Kirana, Sp. And, dokter spesialis andrologi, mengungkapkan jika masalah infertilitas disebabkan oleh beberapa faktor, yakni usia, gaya hidup, paparan zat berbahaya, dan infertilitas tanpa sebab tertentu.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan infertilitas pada pria yaitu gangguan hormonal, gangguan fisik, gangguan seksual, atau memiliki riwayat medis.

Menurut dr. Maitra D. Wen, Sp. And – KFER, MclinEmbryol, dokter spesialis andrologi di Bocah Indonesia, 30 persen kasus infertilitas disebabkan oleh suami atau pria. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Oleh sebab itu, tidak hanya istri yang menjalani pemeriksaan tetapi juga suami. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi kesuburan dan membina keluarga yang lebih harmonis.

Untuk mewujudkan keinginan Anda agar memiliki hubungan yang harmonis, Bocah Indonesia mempersembahkan “Paket Ikatan Cinta”.

Apa Itu Paket Ikatan Cinta?

Dalam rangka menyambut bulan kasih sayang, Anda bisa membuat pasangan #makinsayang dengan Paket Ikatan Cinta. Paket Ikatan Cinta adalah paket untuk Pasangan yang ingin memulai pemeriksaan kondisi kesuburan agar hubungan semakin erat. Paket Ikatan Cinta bertujuan untuk mewujudkan impian Anda memiliki keluarga yang harmonis dengan hadirnya keturunan di tengah keluarga.

Paket Ikatan Cinta berisi rangkaian pemeriksaan suami istri untuk mengetahui kondisi kesuburan dan mencari solusi untuk memiliki keturunan.

Siapa Saja yang Bisa Memilih Paket Ikatan Cinta?

Paket Ikatan Cinta ditujukan bagi Anda yang ingin memulai program hamil, Anda yang pernah gagal menjalani program hamil secara alami, dan Anda yang ingin melakukan pemeriksaan ulang.

Paket Ikatan Cinta merupakan pilihan tepat untuk mewujudkan keinginan Anda membina hubungan harmonis dan membuat pasangan menjadi #makinsayang. Jangan tunda untuk menanti kehadiran buah hati. Segera periksakan kondisi kesuburan Ayah dan Bunda dengan Paket Ikatan Cinta.

Baca selengkapnya untuk info lebih lanjut di sini Atau hubungi melalui WhatsApp.

  1. Mark, Kristen P. The impact of sexual compatibility onsexual and relationship satisfaction ina sample of young adult heterosexual couples. August 2013, Sexual and Relationship Therapy 28(3).
  2. Li, Ming Yi; Li, Jian; Chan, Darius KS; Zhang, Bo. When Love Meets Money: Priming the Possession of Money Influences Mating Strategies. Front. Psychol., 21 March 2016.
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime