6 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan, Baik untuk Program Hamil?

manfaat buah bit

Buah bit merupakan salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat buah bit yang paling terkenal adalah untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Tahukah Anda, kalau buah bit baik untuk kesuburan?

Kandungan Nutrisi Buah Bit

Buah bit adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat bahkan bit termasuk ke dalam kategori sayuran. Namun, ciri khas warna merah dan bentuk yang dimilikinya membuat banyak bit disebut sebagai buah.

Sebelum mengonsumsi buah bit berdasarkan kebutuhan, Anda harus mengetahui jumlah nutrisi yang terkandung dalam buah warna merah ini.

Berikut jumlah nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah bit.

  • Air (Water): 87.6 g
  • Energi (Energy): 41 Kal
  • Protein (Protein): 1.6 g
  • Lemak (Fat): 0.1 g
  • Karbohidrat (CHO): 9.6 g
  • Serat (Fibre) 2.6 g
  • Abu (ASH): 1.1 g
  • Kalsium (Ca): 27 mg
  • Fosfor (P): 43 mg
  • Besi (Fe): 1.0 mg
  • Natrium (Na): 29 mg
  • Kalium (K): 404.9 mg
  • Tembaga (Cu): 0.20 mg
  • Seng (Zn): 0.7 mg
  • Beta-Karoten (Carotenes): 0 mcg
  • Karoten Total (Re): 20 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0.02 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0.05 mg
  • Niasin (Niacin): 0.3 mg
  • Vitamin C (Vit. C): 10 mg

Manfaat Buah Bit

Memiliki rasa yang unik, buah bit dipercaya sebagai salah satu pengobatan yang baik untuk kesehatan. Buah bit kaya akan kandungan karbohidrat, protein serat, mineral, vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1. Mengontrol tekanan darah

Buah bit dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah sehingga dapat memicu berbagai jenis penyakit, seperti jantung hingga stroke.

Kandungan nitrat anorganik yang ada pada buah bit dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pembentukan oksida nitrat.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa buah bit dapat mengurangi tekanan darah hingga 3 – 10mm Hg selama beberapa jam. Hal ini lantaran peningkatan kadar oksida nitrat yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan melebar.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, membuat fungsi mental dan kognitif ikut menurun. Hal ini dapat meningkatkan risiko gangguan neurodegeneratif seperti demensia. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan otak yaitu dengan mengonsumsi buah bit.

Nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan fungsi otak dengan melebarkan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke otak.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan kebenaran manfaat buah bit bagi kesehatan otak.

3. Meningkatkan stamina energi

Manfaat lain dari buah bit yang tak kalah penting adalah dapat meningkatkan stamina energi. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa nitrat dapat meningkatkan kinerja fisik terutama selama latihan daya tahan dengan intensitas tinggi.

Kandungan nitrat pada buah bit terbukti dapat meningkatkan mitokondria, organ sel yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi.

Bit dan jusnya sering digunakan untuk tujuan ini karena kandungan nitrat anorganiknya yang tinggi. Bahkan menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi buah bit 2 – 3 jam sebelum melakukan olahraga atau pertandingan memiliki performa dan stamina yang lebih baik dibandingkan yang tidak mengonsumsi buah bit.

buah bit

4. Mengatasi peradangan

Manfaat buah bit bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat mengatasi peradangan. Buah bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang memiliki sejumlah sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan kronis, seperti obesitas, penyakit jantung, hati, dan kanker.

Sebuah studi yang dilakukan pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi mengonsumsi buah bit selama dua minggu secara signifikan dapat mencegah beberapa tanda-tanda peradangan.

Meski begitu, perlu penelitian lebih lanjut apakah menikmati buah bit dalam jumlah normal sebagai bagian dari diet sehat dapat memberikan manfaat anti-inflamasi yang sama.

5. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat buah bit lainnya adalah dapat mencegah kanker. Hal ini lantaran buah bit mengandung beberapa senyawa yang bisa melawan kanker, seperti betaine, asam ferulic, rutin, kaempferol, dan asam caffeic.

Beberapa penelitian menemukan bahwa buah bit memiliki kadar betaine yang lebih tinggi dapat mencegah risiko kanker.

6. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, Anda dapat mengonsumsi buah bit sebagai salah satu cara alami. Buah bit memiliki kalori yang rendah lemak namun dengan kandungan air yang tinggi sehingga dapat membantu menyeimbangkan asupan energi pada tubuh.

Selain rendah kalori, buah bit juga mengandung protein dan serat dalam jumlah yang cukup sehingga baik untuk mempertahankan berat badan ideal. Lantaran kandungan serat yang dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang yang membuat buah bit baik dikonsumsi bagi mereka yang dalam program diet.

Apakah Buah Bit Baik untuk Program Hamil?

Jika Anda dan pasangan tengah merencanakan program hamil, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah bit. Siapa sangka salah satu manfaat ‘si merah’ baik untuk membantu program hamil pasangan suami istri.

Hal ini karena buah bit mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan bagi wanita yang tengah menjalani program hamil maupun wanita yang tengah mengandung. Kandungan folat juga baik untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin dan mencegah risiko bayi lahir prematur.

Selain itu, buah bit mengandung serat yang baik untuk pencernaan, pasalnya wanita hamil kerap mengeluhkan terjadinya sembelit atau masalah pada pencernaan. Kandungan zat besi yang tinggi dapat membantu mencegah wanita hamil maupun yang tengah menjalani program hamil mengalami anemia.

Pasalnya, demi program hamil berjalan dengan baik maka aliran darah ke seluruh organ harus baik termasuk organ reproduksi. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan pria serta meningkatkan rahim yang lebih sehat selama proses implantasi embrio.

Buah bit adalah sumber antioksidan resveratrol yang dapat membantu mengatasi infertilitas. Kandungan potasium dan nitrat juga baik untuk mengontrol tekanan darah pada saat kehamilan.

Meski begitu, Anda dapat mengonsumsi buah bit tetap harus dibatasi sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi buah bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan mengganggu fungsi ginjal.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Bit. Retrieved 26 February 2021, from panganku.org
  2. Ezzati, Majid. Selected major risk factors and global and regional burden of disease. Lancet. 2002 Nov 2;360(9343):1347-60. 
  3. Webb, Andrew J. Acute blood pressure lowering, vasoprotective, and antiplatelet properties of dietary nitrate via bioconversion to nitrite. Hypertension. 2008 Mar;51(3):784-90.
  4. Machha, Ajay; Schechter, Alan N. Inorganic nitrate: a major player in the cardiovascular health benefits of vegetables? Nutr Rev. 2012 Jun;70(6):367-72. 
  5. Larsen, Filip J. Dietary inorganic nitrate improves mitochondrial efficiency in humans. Cell Metab. 2011 Feb 2;13(2):149-59. 
  6. Murphy, Margaret. Whole beetroot consumption acutely improves running performance. J Acad Nutr Diet. 2012 Apr;112(4):548-52. 
  7. S Asgary. Improvement of hypertension, endothelial function and systemic inflammation following short-term supplementation with red beet (Beta vulgaris L.) juice: a randomized crossover pilot study. J Hum Hypertens. 2016 Oct;30(10):627-32. 
  8. Gamal; Ali A El. Beetroot (Beta vulgaris L.) Extract Ameliorates Gentamicin-Induced Nephrotoxicity Associated Oxidative Stress, Inflammation, and Apoptosis in Rodent Model. Mediators Inflamm. 2014; 2014: 983952. Published online 2014 Oct 22. 
  9. Petrie, Meredith. Beet Root Juice: An Ergogenic Aid for Exercise and the Aging Brain. J Gerontol A Biol Sci Med Sci. 2017 Sep; 72(9): 1284–1289. 
  10. Lechner, John F; Stoner, Gary D. Red Beetroot and Betalains as Cancer Chemopreventative Agents. Molecules. 2019 Apr; 24(8): 1602. Published online 2019 Apr 23.
  11. Ormesher L, et al. (2018). Effects of dietary nitrate supplementation, from beetroot juice, on blood pressure in hypertensive pregnant women: A randomised, double-blind, placebo-controlled feasibility trial.URL: pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30099096/
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors
Reservasi