Kacang-kacangan, Ampuh Tingkatkan Kesuburan?

Kacang-kacangan, Ampuh Tingkatkan Kesuburan

Kacang-kacangan sering dijadikan sebagai camilan untuk menemani aktivitas sehari-hari seperti menonton televisi atau melakukan kegiatan yang digemari. Kacang merupakan camilan sehat yang baik dikonsumsi karena mengandung protein dan serat tinggi. Tidak jarang, kacang-kacangan dikonsumsi untuk mengganjal perut.

Hampir semua jenis kacang mengandung sejumlah nutrisi di dalamnya, seperti protein, serat, vitamin E, magnesium, omega-3 hingga asam lemak tak jenuh. Ayah Bunda tahu nggak sih? Di balik kandungannya yang baik untuk kesehatan, nyatanya mengonsumsi kacang-kacangan baik untuk kesuburan, lho.

KandunganKacang AlmondKacang Tanah
Energi579 Kal564 Kal
Protein21,15 gram25,5 gram
Lemak3,8 gram44,4 gram
Karbohidrat20 gram25,5 gram
Serat518 gram2,8 gram
Kalsium248 mg106 mg
Fosfor474 mg390 mg
Zat besi4 mg4,1 mg

 

Kandungan nutrisi kacang almond dan kacang tanah

Baca juga: 4 Manfaat Toge Bagi Kesehatan, Bisa Pengaruhi Kesuburan?

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Manfaat Konsumsi Kacang-Kacangan

Bagi Ayah Bunda yang ingin mengonsumsi kacang sebagai camilan. Takaran yang disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan adalah 30 gram. Meski baik untuk kesehatan, kacang-kacangan juga mengandung kalori tinggi sehingga tetap membatasi dalam mengonsumsinya.

Nah, berikut beberapa manfaat yang bisa Ayah Bunda dapatkan manfaatnya:

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Salah satu manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi kacang-kacangan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini lantaran kacang mengandung lemak baik serta fitosterol yang memiliki peran dalam mengurangi penyerapan kolesterol dari saluran cerna ke dalam aliran darah.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ayah Bunda, ternyata mengonsumsi kacang-kacangan juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan kolesterol baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat inilah yang membantu kacang meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

3. Menurunkan berat badan

Punya masalah dengan berat badan? Nah, kacang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Meski kandungan kalorinya cukup tinggi namun tubuh tidak akan menyerap semua kalori dalam kacang tersebut.

Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga dapat meminimalisir keinginan untuk makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

4. Menjaga kesehatan sindrom metabolik dan penderita diabetes

Kandungan karbohidrat yang rendah pada kacang ini baik untuk penderita diabetes karena tidak berpotensi meningkatkan gula darah.

Zat antiradang di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh yang terjadi pada penderita sindrom metabolik maupun penderita diabetes.

5. Meningkatkan fungsi arteri

Arteri merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Manfaat kacang untuk arteri adalah meningkatkan fungsinya.

 Hal ini terjadi karena terdapat zat Bernama arginin yang terkandung di dalam kacang. Zat ini merupakan asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat yang fungsinya melebarkan pembuluh darah. Kondisi ini dapat membantu dinding arteri elastis dan mengurangi risiko adanya penyumbatan pada pembuluh darah.

Baca juga: 7 Cemilan untuk Program Hamil yang Baik Dikonsumsi 

Fakta Kacang-Kacangan untuk Kesuburan

Salah salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi jika Ayah Bunda ingin merencanakan program hamil adalah kacang-kacangan. Kok bisa?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal European Society of Human Reproduction and Embryology, menyebutkan jika kacang kenari, kacang almond, dan hazelnut mengandung berbagai zat gizi yang penting untuk meningkatkan kualitas sperma.

Zat yang terdapat di dalam kacang seperti protein, asam lemak omega-3, folat, antioksidan, vitamin E, zinc, hingga selenium dapat membantu mematangkan sperma sekaligus melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, manfaat dari kombinasi zat-zat tersebut juga dapat mengendalikan hormon testosteron pada Ayah.

Pasalnya, jika kadar hormon testosteron yang rendah bisa menyebabkan jumlah, bentuk, maupun kecepatan pergerakan sperma tersebut menjadi kurang optimal. Kacang-kacangan inilah yang dapat membantu kadar hormon testosteron meningkat dan membuat kualitas sperma menjadi lebih baik.

Tidak hanya bermanfaat untuk para Ayah, kacang-kacangan juga baik untuk sistem reproduksi Bunda karena meningkatkan kekebalan tubuh sehingga imunitas terjaga. Hal ini juga berpengaruh pada kesiapan ovulasi.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau kacang sangat bermanfaat untuk kesuburan? Perlu diingat, Ayah Bunda hanya perlu mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang secukupnya, ya. Semoga informasi di atas bermanfaat, Ayah Bunda juga bisa share artikel ini untuk para pejuang dua garis lainnya, lho!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • European Society of Human Reproduction and Embryology. (2018). A diet rich in nuts improves sperm count and motility: Improvements associated with better male fertility and explained by a reduction in sperm DNA fragmentation
  • Salah-Huetos, A., et al. (2018). Effect of nut consumption on semen quality and functionality in healthy men consuming a Western-style diet: a randomized controlled trial. Am J Clin Nutr. 2018 Nov 1;108(5):953-962. 
  • Robbins, W., et al. (2019). Randomized Clinical Trial: Effect of Walnuts on Semen Parameters and Male Fertility (P18-042-19). Curr Dev Nutr. 2019 Jun; 3(Suppl 1): nzz039.P18-042-19. 
  • Skoracka, K., et al. (2021). Female Fertility and the Nutritional Approach: The Most Essential Aspects. Adv Nutr. 2021 Nov; 12(6): 2372–2386. 
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji