Bisa Dicoba, Ini Program Hamil untuk Haid Tidak teratur

program hamil untuk haid tidak teratur

Memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur membuat usaha untuk mendapatkan keturunan harus lebih ekstra. Jangan khawatir, Anda tetap memiliki kesempatan jika melakukan program hamil untuk haid tidak teratur.

Siklus menstruasi yang tidak teratur kerap menjadi salah satu penyebab wanita sulit mendapatkan keturunan dan biasanya juga membuat wanita sulit untuk menentukan masa subur. Masa subur merupakan waktu yang tepat untuk pasangan yang merencanakan program hamil.

Masa subur mudah diketahui melalui siklus menstruasi Anda. Sayangnya, ini bisa dilakukan bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur. Siklus haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), stres, gangguan tiroid, obesitas, hingga pre-menopause.

Lantas, bagaimana merencanakan program hamil untuk haid tidak teratur?

Tips Merencanakan Program Hamil untuk Haid Tidak Teratur

Meski memiliki siklus menstruasi tidak teratur namun bukan berarti tidak bisa hamil.  Untuk mendapatkan kehamilan, penyebab haid tidak teratur harus diketahui penyebabnya dan diatasi terlebih dahulu.

  • Melakukan hubungan intim setiap 2 – 3 hari sekali

Bagi pasangan suami istri yang merencanakan program hamil, melakukan hubungan secara rutin menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung program hamil. Berhubungan secara rutin bisa dilakukan tanpa waktu yang mutlak. Namun, jika melakukan hubungan pada saat masa subur juga dapat meningkatkan peluang tersebut.

Berhubungan suami istri setiap 2 – 3 hari sekali menjadi salah satu langkah promil yang disarankan oleh dokter. Cara ini dapat dilakukan bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur maupun tidak teratur. Berhubungan secara rutin dapat meningkatkan peluang hamil.

  • Mencari tahu penyebab telat haid

Penyebab haid tidak teratur memang bisa disebabkan beberapa faktor. Cara mengatasinya pun masing-masing berbeda, tergantung penyebabnya dan seberapa kondisinya. Jika Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur selama berturut-turut, tentu kondisi ini bukan hal yang wajar sehingga harus segera periksakan diri ke dokter.

  • Melakukan pemeriksaan kesuburan

Anda telah rutin berhubungan dan belum berhasil dengan siklus menstruasi Anda yang tidak teratur? Sebaiknya segera periksakan kondisi kesuburan. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salah satu gejala dari infertilitas.

Jika Anda telah melakukan pemeriksaan kesuburan maka dokter dapat mendiagnosis penyebabnya. Tentunya gangguan tersebut dapat diatasi dengan segera.

  • Mencatat siklus menstruasi

Mencatat siklus menstruasi tidak hanya dilakukan bagi wanita yang memiliki jadwal haid yang teratur saja. Jika menstruasi Anda tidak teratur juga sebaiknya tetap dicatat tanggalnya. Dari catatan inilah, Anda dapat mengetahui kapan waktu ovulasi dan masa subur Anda.

Melalui catatan jadwal menstruasi ini juga bisa membantu pada saat pemeriksaan dokter untuk Anda yang ingin merencanakan kehamilan.

  • Mengamati perubahan lendir serviks

Salah satu tanda Anda mendekati masa subur adalah volume lendir serviks menjadi lebih banyak. Setelah periode menstruasi berakhir maka lendir serviks akan cenderung kering. Sementara jika Anda akan memasuki masa subur maka tekstur lendir serviks lebih licin, jernih, dan elastis.

Jika Anda mengalami tanda-tanda tersebut berarti Anda tengah berada pada masa subur. Melakukan hubungan seks pada saat masa subur dapat membantu Anda memiliki peluang kehamilan. Cara ini dapat membantu program hamil Anda.

  • Mengonsumsi suplemen

Salah satu langkah promil yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi suplemen. Dokter mungkin akan memberikan obat atau suplemen tertentu yang dapat meningkatkan kesuburan. Suplemen tersebut tentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Program Hamil untuk Haid Tidak teratur

Pilihan Program Hamil yang Bisa Dilakukan

Meski siklus haid tidak teratur, Anda tetap memiliki kesempatan untuk memperoleh kehamilan dengan menjalani program hamil. Berikut beberapa pilihan program hamil yang bisa Anda pilih.

  • Program hamil alami

Kata siapa haid tidak teratur tidak bisa hamil alami? Kondisi ini bisa terjadi ketika penyebab menstruasi tidak teratur tersebut dapat diatasi dengan baik. Jika kondisi tubuh calon ibu memungkinkan untuk hamil secara alami, dokter akan menganjurkan Anda melakukan senggama terjadwal.

Senggama terjadwal merupakan melakukan hubungan intim dengan pasangan namun terjadwal oleh dokter. Hal ini tentu untuk meningkatkan peluang Anda cepat hamil.

  • Inseminasi intrauterine (IUI)

Jika promil secara alami belum berhasil meski telah melakukan senggama terjadwal, Anda bisa melakukan program hamil inseminasi intrauterine. Melalui inseminasi buatan, nantinya sperma akan disuntikkan ke dalam rahim untuk “mempercepat” sperma bertemu dengan sel telur untuk segera dibuahi.

Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah PCOS. Jika Anda mengalami gangguan tersebut maka disarankan untuk melakukan program hamil inseminasi buatan ini untuk memperoleh keturunan.

  • Bayi tabung

Salah satu pilihan program hamil yang dapat Anda lakukan adalah bayi tabung. Program hamil ini bisa dilakukan bagi Anda yang mengalami gangguan ovulasi maupun beberapa indikasi lainnya.

Melalui program hamil ini, sperma yang telah diambil dari pasangan dan sel telur yang telah diambil dari ibu akan dibuahkan di laboratorium khusus dan menghasilkan embrio. Nantinya, embrio akan dipantau perkembangannya hingga hari ke-5.

Embrio yang telah mengalami perkembangan akan dimasukkan ke dalam rahim calon ibu. Proses inilah yang disebut sebagai Embryo Transfer.

Sudah tahu kan bagaimana mengatasi haid yang tidak teratur? Jangan patah semangat, jika penyebabnya diatasi dengan tepat maka Anda tetap memiliki kesempatan untuk mendapatkan keturunan.

cheer

Jika Anda mengalami haid tidak teratur dan ingin melakukan promil, kami memiliki solusi untuk permasalahan Anda. Silahkan isi formulir di bawah, tim kami segera menghubungi Anda

Kondisi siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Jangan dianggap sepele karena bisa mengakibatkan wanita sulit hamil. Segera periksakan diri Anda ke dokter!

bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime