Bayi Tabung Datang, Keluarga pun Riang

Bayi Tabung Datang,

Program bayi tabung biasanya menjadi opsi bagi Ayah Bunda untuk mengalami masalah infertilitas. Yuk, cari infonya di sini!

Bagi pasangan suami istri yang mengalami masalah infertilitas, terkadang sulit untuk menentukan program hamil yang akan dijalani. Kondisi ini bisa diketahui ketika keduanya telah melakukan pemeriksaan kesuburan. Apabila hasil menunjukkan adanya indikasi sulit hamil maka dokter akan membantu Ayah Bunda untuk menentukan program hamil sesuai kondisi masing-masing.

Salah satu program hamil yang dapat membantu mengatasi masalah sulit hamil adalah bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF). Program bayi tabung merupakan salah satu jenis teknologi reproduksi berbantu (TRB).

Program bayi tabung adalah proses bertemunya sel telur dan sperma di luar tubuh. Prosedur ini dilakukan dengan mengambil sel telur dari Bunda dan sperma dari Ayah yang kemudian akan dibuahi di laboratorium. Setelah sel telur yang dibuahi berkembang menjadi embrio, embrio akan dipantau perkembangannya sebelum dimasukkan kembali ke dalam rahim.

Baca juga: Segala Hal yang Perlu Anda Tahu Soal Bayi Tabung

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Alasan Program Bayi Tabung Dilakukan

Biasanya, bayi tabung dipilih ketika pasangan Ayah Bunda telah mencoba berbagai jenis promil lainnya dilakukan namun belum juga hamil. Cara ini dilakukan bagi pasangan Ayah Bunda yang memiliki infertilitas atau gangguan kesehatan lainnya, seperti:

  • Adanya gangguan endometriosis derajat sedang-berat
  • Terdapat oklusi bilateral yang tidak dapat dikoreksi
  • Faktor sperma Ayah yang tidak dapat dikoreksi dengan obat atau operasi
  • Bunda yang telah melakukan inseminasi intrauterine 3-4 kali namun tidak kunjung hamil
  • Mengalami infertilitas idiopatik
  • Bunda yang mengalami gangguan ovulasi serta penurunan cadangan sel telur
  • Terjadi keguguran idiopatik berulang 
  • Bunda yang mengalami gangguan cadangan ovarium
  • Terdapat kondisi medis turunan yang dapat diatasi dengan Preimplantation Genetic Testing (PGT)

Manfaat Program Bayi Tabung

Program hamil bayi tabung memiliki proses yang panjang dan memakan beberapa waktu. Meski begitu, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan Ayah Bunda, seperti:

1. Memiliki peluang kehamilan tinggi

Salah satu manfaat yang bisa Ayah Bunda peroleh dari program hamil bayi tabung ini adalah memiliki peluang kehamilan yang tinggi. Tentunya, kondisi ini dipengaruhi oleh usia sel telur, kualitas embrio, respons tubuh calon Bunda, gaya hidup, kualitas kromosom pada embrio, hingga proses pada saat penempelan embrio di dinding rahim (implantasi).

Maka ada beberapa hal yang dapat meningkatkan peluang Ayah Bunda untuk mendapatkan kehamilan, seperti menerapkan pola hidup sehat selama promil bayi tabung; mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan misalnya asam folat; pola tidur yang cukup; hingga kelola stres yang cukup baik.

Baca juga: Proses Bayi Tabung dan Persiapan Pasangan Sebelum Menjalani Bayi Tabung 

2. Menentukan jenis kelamin calon bayi

Nah, manfaat lainnya bagi Ayah Bunda yang ingin menjalani program hamil bayi tabung adalah memiliki peluang untuk memilih jenis kelamin, lho. Di Bocah Indonesia, prosedur ini dilakukan melalui preimplantation genetic testing (PGT) atau tes genetik praimplantasi.

3. Memiliki peluang anak kembar

Bagi Ayah Bunda yang ingin memiliki anak kembar, program hamil Bayi Tabung bisa membantu mewujudkannya. Pada prosesnya, sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi embrio yang jumlahnya bisa lebih dari satu. Kehamilan kembar bisa terjadi jika embrio yang dimasukkan ke dalam rahim lebih dari satu. Jika embrio-embrio yang dimasukkan ke dalam rahim berhasil menempel pada dinding rahim maka peluang kehamilan kembar semakin tinggi.

Itu dia Ayah Bunda beberapa alasan dan manfaat melakukan bayi tabung. Jika Ayah Bunda bingung menentukan program hamil maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Mau berbagi informasi ini untuk Ayah Bunda pejuang dua garis lainnya? Yuk, jangan lupa bagikan artikel ini ya!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Luke, B., et al. (2017). Adverse pregnancy, birth, and infant outcomes in twins: effects of maternal fertility status and infant gender combinations; the Massachusetts Outcomes Study of Assisted Reproductive Technology. Am J Obstet Gynecol. 2017 Sep;217(3):330.e1-330.e15. 
  • Andrijasevic, S., et al. (2014). Impact of Conception Method on Twin Pregnancy Course and Outcome. Geburtshilfe Frauenheilkd 2014; 74(10): 933-939. 
  • Lazarov, S., et al. (2016). Multiple Pregnancy And Birth: Twins, Triplets And High-Order Multiples. Overview. Trakia Journal of Sciences, No 1, pp 103-107, 2016.
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari terakhir untuk hemat 11%
Checkout Sekarang

Hari
Jam
Menit
Detik
doctors
Buat Janji