Heartburn Saat Hamil, Bikin Khawatir Bumil

Heartburn Saat Hamil, Bikin Khawatir Bumil

Beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat mencegah serta meredakan gejala heartburn. Yuk cari tahu penyebab dan cara atasi heartburn saat hamil di sini. 

Heartburn adalah sensasi terbakar di dada. Sensasi tidak nyaman ini dapat naik ke tenggorokan dan juga dapat menimbulkan rasa pahit atau asam di belakang tenggorokan. Meskipun disebut “heartburn“, ini tidak terkait dengan kondisi jantung. 

Kondisi ini terjadi dikarenakan asam lambung bergerak dari perut ke kerongkongan. Kerongkongan adalah tabung yang membawa makanan, cairan, dan air liur ke perut. Sebuah otot yang disebut sfingter esofagus bawah yang terletak di antara kerongkongan dan perut. 

Otot ini membuka untuk membiarkan makanan melewati, lalu menutup agar asam tidak kembali naik ke kerongkongan. Tetapi jika otot ini tidak menutup dengan benar, asam dapat bergerak ke kerongkongan, menyebabkan heartburn.

Baca juga: Hamil Muda Alami Sakit Pinggang? Ini Dia Penyebabnya! 

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Apa Itu Heartburn Saat Hamil?

Wanita mungkin mengalami refluks asam lambung selama kehamilan dan merasakan heartburn akibat perubahan tingkat hormon dan pertumbuhan bayi. Berikut ini beberapa gejala yang mungkin Bunda alami selama mengalami heartburn: 

  • Merasakan sensasi terbakar atau nyeri di dada. 
  • Merasakan perut kembung atau merasa penuh. 
  • Sering bersendawa. 
  • Merasa mual. 
  • Muntah. 

Lebih dari setengah wanita hamil melaporkan mengalami heartburn yang parah, terutama selama trimester ketiga. Kondisi ini lebih umum terjadi pada mereka yang telah mengalami kehamilan sebelumnya dan juga pada orang-orang yang pernah mengalami heartburn sebelum hamil.

Penyebab Heartburn pada Ibu Hamil

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami heartburn. Berikut beberapa penyebab heartburn selama kehamilan meliputi:

1. Perubahan Tingkat Hormon

Tingkat hormon wanita berubah selama kehamilan, ini mempengaruhi toleransi dan pencernaan makanan yang dikonsumsi. Hormon-hormon ini sering memperlambat sistem pencernaan. Makanan yang bergerak lebih lambat, menyebabkan kembung dan heartburn.

2. Relaksasi Sfingter Kerongkongan

Progesteron, yang dikenal sebagai hormon kehamilan, dapat menyebabkan sfingter kerongkongan bawah menjadi rileks. Ketika ia rileks, asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

3. Pembesaran Rahim

Saat bayi tumbuh, rahim Bunda menjadi lebih besar. Ini bisa membuat perut penuh, mendorong asam lambung naik dan masuk ke kerongkongan. Itulah mengapa heartburn lebih umum terjadi selama trimester ketiga, beberapa bulan terakhir kehamilan. Karena pada saat itu, bayi dan rahim mencapai ukuran terbesar, sehingga menekan organ-organ lain.

Baca juga: Hamil Muda Minum Air Kelapa

Cara Meredakan dan Mencegah Heartburn saat Hamil

Jika Bunda mengalami heartburn selama kehamilan. Coba beberapa cara alami berikut untuk meredakan gejala atau ketidaknyamanan yang terjadi:

  • Makan yoghurt atau minum susu. 
  • Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam susu hangat dan minum. 
  • Konsumsi obat antasida, namun dengan catatan harus dengan izin dokter. 

Untuk mencegah nyeri ulu hati atau heartburn selama kehamilan, Bunda dapat melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mengurangi nyeri tanpa membahayakan bayi yang sedang ada di dalam kandungan. Cobalah lakukan perubahan pola makan berikut ini:

  • Cobalah untuk mengurangi porsi makan dan makan lebih sering daripada makan dalam porsi yang besar. 
  • Makan dengan perlahan. 
  • Minum di antara waktu makan, tetapi jangan saat makan. 
  • Hindari makanan digoreng, pedas, atau berlemak. 
  • Hindari makan buah-buahan yang asam dan jus jeruk. 
  • Batasilah konsumsi kafein. 
  • Jangan merokok dan hindari alkohol. Selain menyebabkan nyeri ulu hati, merokok dan minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi. 

Selain pola makan, berikut ini tips lain untuk menghindari nyeri ulu hati selama kehamilan:

  • Duduk tegak saat makan. 
  • Jangan makan terlalu larut malam. 
  • Jangan berbaring atau tidur setelah makan. 
  • Saat tidur dan berbaring, tempatkan kepala lebih tinggi daripada bagian kaki tempat tidur. Atau cobalah meletakkan bantal di bawah bahu. Hal ini membantu mencegah asam lambung naik ke dada.

Tanda Heartburn Perlu Pertolongan Dokter

Jika Bunda sudah mencoba cara di atas, namun nyeri ulu hati tidak kunjung hilang atau membaik, sebaiknya Ayah dan Bunda bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan saran yang tepat.

Dokter dapat meresepkan obat yang aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil. Bunda juga perlu menghubungi dokter jika mengalami gejala berikut ini:

  • Mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu tidur di malam hari. 
  • Mengalami kesulitan menelan. 
  • Mengeluarkan darah saat muntah. 
  • Mengalami tinja berwarna hitam. 
  • Mengalami penurunan berat badan. 

Nyeri ulu hati dapat memiliki gejala yang mirip dengan serangan jantung. Jika Bunda sebelumnya tidak pernah mengalami nyeri ulu hati dan merasakan nyeri dada, segera hubungi dokter atau segera menuju unit gawat darurat terdekat.

Kesimpulannya, agar gejala heartburn bisa dicegah atau diredakan dengan langkah-langkah seperti mengubah pola makan menjadi lebih sering dengan porsi lebih kecil dan menghindari makanan pedas atau digoreng.

Beberapa produk yoghurt atau susu juga bisa membantu mengurangi gejala. Sebelum menggunakan antasida, sangat penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan guna memastikan pilihan yang paling aman selama masa kehamilan

Itu dia tadi penjelasan mengenai penyebab heartburn pada ibu hamil dan cara mencegahnya. Jika Ayah dan Bunda ingin baca informasi lainnya mengenai program hamil dan masalah infertilitas, bisa membaca artikel lainnya di Bocah Indonesia.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • American Pregnancy Association. Heartburn During Pregnancy. Diakses 2023. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/heartburn-during-pregnancy-982/
  • March of Dimes. Common Discomforts of Pregnancy. Diakses 2023. https://www.marchofdimes.org/pregnancy/common-discomforts-of-pregnancy.aspx
  • NHS. Indigestion and Heartburn in Pregnancy. Diakses 2023. https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/indigestion-and-heartburn/
  • Office on Women’s Health. U.S. Department of Health & Human Services. Pregnancy: Body Changes and Discomforts. Diakses 2023. https://www.womenshealth.gov/pregnancy/youre-pregnant-now-what/body-changes-and-discomforts
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji