Adakah Batasan Berapa Kali IVF Bisa Dilakukan?

Adakah Batasan Berapa Kali IVF Bisa Dilakukan

Program bayi tabung merupakan salah satu teknologi reproduksi berbantu dengan prosedur yang cukup kompleks. Hingga kini, tidak ada batasan berapa kali melakukan IVF bagi Ayah Bunda.

Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan salah satu opsi bagi pasangan yang memiliki masalah kesuburan atau infertilitas. Tidak semua pasangan harus melakukan bayi tabung, hanya pasangan suami istri yang memiliki sejumlah indikasi tertentu seperti yang dijabarkan oleh dr. Beeleonie, BMedSc, Sp.OG, Subsp. FER, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, konsultan fertilitas Bocah Indonesia, menjabarkan jika ada beberapa indikasi yang mengharuskan Ayah Bunda melakukan program bayi tabung, yaitu:

  • Kedua saluran tuba Bunda yang tersumbat
  • Bunda yang pernah melakukan sterilisasi
  • Kondisi sel telur yang sudah sangat sedikit sehingga kemungkinan kualitasnya yang menurun
  • Jumlah sperma Ayah sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali
  • Ayah yang pernah melakukan sterilisasi atau vasektomi

Baca juga: 6 Perbedaan Inseminasi dan Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui

IVF Bisa Dilakukan Lebih dari Satu Kali

Hingga kini, tidak ada aturan pasti terkait berapa kali bayi tabung atau IVF bisa dilakukan sebab siklus IVF berikutnya bisa dilakukan tergantung pada faktor kegagalannya. Salah satu yang pernah melakukan program bayi tabung lebih dari sekali adalah penyanyi Coco Lee. Mendiang Coco Lee dan sang suami, Kanada Bruce Rockowitz, telah menikah selama 12 tahun namun belum juga memiliki keturunan. Pasangan ini pun telah melakukan IVF sebanyak 9 kali.

Namun, yang perlu Ayah Bunda perhatikan adalah usia Bunda saat menjalani program bayi tabung. Semakin muda usia Bunda maka tingkat keberhasilan IVF yang dimiliki pun semakin tinggi. Hal ini lantaran semakin muda usia Bunda maka kualitas sel telurnya pun semakin baik. Sebaliknya, semakin bertambahnya usia Bunda maka kualitas sel telur juga akan menurun.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Baca juga: Bayi Tabung Gagal? Konseling Bantu Hasil Optimal

Apa yang Perlu Persiapkan Jika Ingin Memulai IVF Kembali?

Menurut dr. Maitra Djiang Wen, Sp.And, Subs. FER, MClinEmbryol (Aus), dokter spesialis andrologi, konsultan fertilitas dan kepala tim laboratorium embriologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika terdapat beberapa data yang perlu dipersiapkan bagi Ayah Bunda yang pernah gagal bayi tabung sebelumnya dan ingin memulai kembali.

“Jika Ayah Bunda pernah mengalami kegagalan sebelumnya maka penting untuk Ayah Bunda untuk menyiapkan berbagai data, yang pertama adalah data pemeriksaan ayah dan bunda, kemudian juga data dari IVF sebelumnya yang meliputi, data stimulasi, data hormonal, juga data perkembangan embrio dari lab embrio sebelumnya,” ujar dr. Maitra.

Itu dia Ayah Bunda informasi terkait berapa kali IVF yang bisa dilakukan. Jangan khawatir, jika Ayah Bunda memiliki indikasi di atas maka segera periksakan diri ke dokter sebelum memulai program bayi tabung.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Choe, J., Shanks, A.L. (2023). In Vitro Fertilization. NCBI Bookshelf. 
  • American Pregnancy Association. IVF – In Vitro Fertilization. 
  • Eskew, A.M. (2017). A History of Developments to Improve in vitro Fertilization. Mo Med. 2017 May-Jun; 114(3): 156–159. 
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji