Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung Bisa Dihitung?

Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung Bisa Dihitung

Program bayi tabung merupakan salah satu prosedur teknologi reproduksi berbantu yang memiliki prosedur cukup kompleks. Terdapat beberapa cara untuk membuat peluang tingkat keberhasilan IVF meningkat.

Program hamil bayi tabung menjadi salah satu opsi bagi pasangan suami istri yang mengalami permasalahan infertilitas. Bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) adalah salah satu prosedur teknologi reproduksi berbantu. Prosedur ini dijalani dengan melakukan proses pembuahan di luar tubuh, tepatnya di laboratorium.

Berbeda dengan jenis promil lainnya, pada program bayi tabung ini sel telur Bunda dan sperma Ayah akan diambil dan dibuahi di laboratorium. Hasil pembuahan ini nantinya akan berkembang menjadi embrio atau cikal bakal janin. Perkembangan embrio yang dinyatakan cukup maka akan dimasukkan kembali ke dalam rahim Bunda.

Baca juga: 4 Manfaat Bayi Tabung, Solusi Masalah Kesuburan 

Berapa Tingkat Keberhasilan Bayi Tabung?

Menurut dr. Febriyan Nicolas, Sp.OG, M.Kes, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika hingga kini belum ada program hamil yang memiliki tingkat keberhasilan 100 persen. Peluang keberhasilan bayi tabung tergantung pada masing-masing kondisi pasien. Hal ini lantaran, tiap pasien memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Sedangkan, menurut dr. Cynthia Agnes Susanto, BMedSc, Sp.OG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi Bocah Indonesia, menyebutkan jika faktor keberhasilan bayi tabung ditentukan oleh usia Bunda, pola hidup sehat, kondisi rahim Bunda, hingga kondisi Ayah. Dapat disimpulkan jika tingkat keberhasilan IVF disesuaikan dengan kondisi Bunda dan juga Ayah.

Cara Meningkatkan Peluang Keberhasilan Bayi Tabung

Tidak sedikit banyak pasangan suami istri yang bertanya terkait “berapa lama durasi program hamil bayi tabung?” namun kondisi ini kembali pada kondisi masing-masing pasien. Pasalnya, setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda sama dengan peluang keberhasilan bayi tabung.

Namun, Ayah Bunda bisa mendapatkan peluang tinggi kehamilan dengan melakukan beberapa cara untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, seperti:

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang keberhasilan adalah mengonsumsi makanan bergizi. Jenis makanan yang dikonsumsi, seperti protein, serat, lemak sehat. Makanan-makanan tersebut bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan agar tetap stabil dan membantu meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih baik sehingga peluang keberhasilan bayi tabung juga meningkat.

2. Kebutuhan vitamin D yang cukup

Bunda juga bisa meningkatkan peluang keberhasilan bayi tabung dengan mencukupi kebutuhan vitamin D pada tubuh. Hal ini bisa terpenuhi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti keju, ikan tuna, hati sapi, dan telur. Selain itu, Bunda juga bisa melakukan berjemur di bawah sinar matahari pagi, lho.

Baca juga: Syarat Bayi Tabung, Promil Makin Untung

3. Waktu tidur yang cukup

Tidur yang cukup bisa memengaruhi kondisi kesehatan. Hal ini juga bisa memengaruhi keberhasilan dalam program bayi tabung Ayah Bunda. Oleh sebab itu, usahakan untuk miliki waktu tidur sebanyak 8-9 jam setiap malamnya. Ingat, hindari kebiasaan begadang ya.

4. Kelola stres

Penting untuk Ayah Bunda yang ingin berhasil menjalani program bayi tabung, sebaiknya hindari stres berlebihan. Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa berdampak terhadap kesehatan dan juga kesuburan. Hal ini tentu menghambat proses reproduksi. Sebaiknya, kelola stres dengan melakukan hal-hal yang membuat suasana hati bahagia dan selalu berpikiran positif.

5. Berhenti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol

Jika Ayah Bunda, merencanakan program hamil sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Kedua hal tersebut justru bisa menurunkan peluang keberhasilan promil, termasuk bayi tabung karena dapat menurunkan kualitas sel telur maupun sperma.

Kesimpulan

Ayah Bunda, hingga kini belum ada program hamil yang memiliki tingkat keberhasilan mencapai 100 persen, termasuk program bayi tabung. Tingkat keberhasilan tergantung pada masing-masing kondisi pasien. Jangan khawatir, jika Ayah Bunda ingin memulai program bayi tabung, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • American Pregnancy Association. What is In Vitro Fertilization (IVF)?
  • Rooney, K. (2018). The relationship between stress and infertility. Dialogues Clin Neurosci. 2018 Mar; 20(1): 41–47. 
  • Zhou, X., et al. (2022). Effect of Vitamin D Supplementation on In Vitro Fertilization Outcomes: A Trial Sequential Meta-Analysis of 5 Randomized Controlled Trials. Front Endocrinol (Lausanne). 2022 Mar 17:13:852428.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tingkat keberhasilan bayi tabung

tingkat keberhasilan bayi tabung bocah indonesia

Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung (IVF)

Bocah Indonesia telah melakukan prosedur bayi tabung pada 350 pasien, di antaranya 101 bayi telah lahir melalui prosedur ini. Tingkat keberhasilan bayi tabung di Bocah Indonesia pada tahun 2021 mencapai 34,3%.

meningkatkan keberhasilan

Berapa tingkat keberhasilan bayi tabung (IVF) di Bocah Indonesia?

Tingkat keberhasilan bayi tabung tergantung beberapa faktor, di antaranya riwayat reproduksi, penyebab infertilitas, gaya hidup, dan usia. Faktor usia pasangan suami istri memengaruhi tingkat keberhasilan program bayi tabung yang dijalani.

dots
Berikut adalah perbandingan tingkat keberhasilan Bayi Tabung rata-rata dibandingkan dengan tingkat keberhasilan Bayi Tabung di Bocah Indonesia

Sumber: Report VARTA (Victorian Assisted Reproduction Treatment Authority) Tahun 2022

Usia Wanita Kurang Dari 35 Tahun

Rata-rata tingkat keberhasilan program bayi tabung bagi wanita berusia di bawah 35 tahun adalah 44.04%.

Tingkat keberhasilan rata-rata
44.04%
0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia

Usia Wanita 35 - 39 Tahun

Sedangkan rata-rata tingkat keberhasilan bayi tabung bagi wanita berusia 35 – 39 tahun adalah 37.77%.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Tingkat keberhasilan rata-rata
37.77%
0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia

Usia Wanita 40 Tahun Atau Lebih

Sementara itu, rata-rata tingkat keberhasilan bayi tabung bagi wanita berusia di atas 40 tahun adalah 23.99%

Tingkat keberhasilan rata-rata
23.99%
0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia

Sumber Data: Bocah Indonesia Januari-Desember 2023

dots

Tingkat keberhasilan fertilisasi

Pembuahan sel telur dengan sperma ini dilakukan dengan salah satu dari dua proses, yakni dengan metode ICSI dan metode konvensional.

Metode ICSI

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
65%

Metode Konvensional

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
60%

Pasien bayi tabung (IVF) yang ditangani Bocah Indonesia sudah melalui proses hamil alami, inseminasi, atau memiliki riwayat gagal bayi tabung sebelumnya. Kami hanya melakukan pembuahan pada sel telur yang memiliki kualitas terbaik sehingga tingkat perkembangan embrio 2 kali lipat dibandingkan standar kompetensi.

dots

Tingkat keberhasilan perkembangan embrio

Setelah sel telur dibuahi sperma maka embrio akan dipantau oleh ahli embriologi di laboratorium. Tingkat keberhasilan perkembangan embrio dipantau pada hari pertama, ketiga, dan kelima.

Day 3

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
45%

Day 5

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
40%
dots

Tingkat keberhasilan biopsi embrio

Biopsi embrio dilakukan untuk menguji embrio secara genetik. Prosesnya, embrio akan dibelah menjadi beberapa sel untuk diuji.

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
90%
dots

Tingkat keberhasilan freeze & thaw embrio

Pembekuan dan pencairan embrio yang dilakukan di laboratorium Bocah Indonesia.

Cleavage rate (Day 3)
0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Blastocyst rate (Day 5)
0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
90%
dots

Tingkat keberhasilan implantasi

Tingkat keberhasilan implantasi embrio yang ditanam dalam rahim Bunda.

0 %
Tingkat Keberhasilan Bocah Indonesia
Standar kompetensi
35%

dokter spesialis andrologi & kepala laboratorium embriologi

Kita berusaha membangun lab dengan standar bukan hanya nasional tetapi internasional, salah satunya adalah tempat saya belajar di Monash University, Melbourne, Australia. Di sana laboratorium bayi tabungnya menggunakan standar yang sangat optimal menurut saya dan kita berusaha bisa menyamai atau memperbaiki yang bisa kita perbaiki di tempat kami ini. Kita mengatur tekanan di laboratorium menjadi yang paling tinggi dengan tingkat kebersihan yang paling optimal dengan menggunakan sistem Hepa Filter yang sangat berguna untuk menyaring udara yang sangat bersih.

Buat Jadwal Konsultasi

Kami dengan senang hati akan mendiskusikan opsi finansial yang ada dan membantu menjawab pertanyaan Anda.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

dots

Frequently Asked Question

Pada IVF konvensional, sperma tetap akan berenang dengan sendirinya menuju sel telur.

Sementara pada prosedur intracytoplasmic sperm injection (ICSI), sperma akan disuntikkan langsung ke dalam sel telur.

Indikator penilaian laboratorium Bocah Indonesia berdasarkan skor laboratorium bayi tabung internasional.

Berita dan Artikel

5 Faktor yang Pengaruhi Penempelan Embrio

5 Faktor yang Pengaruhi Penempelan Embrio

Sejumlah faktor berikut bisa memengaruhi proses penempelan embrio di dinding rahim sehingga pengaruhi peluang kehamilan.  Salah satu tahap yang berperan penting terhadap tingkat keberhasilan…
Selengkapnya

5 Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan, Baik Juga untuk Kesuburan

5 Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan, Baik Juga untuk Kesuburan

Teh herbal menjadi salah satu minuman tradisional yang dijadikan sebagai metode pengobatan untuk kesehatan. Bahkan banyak yang percaya manfaat teh herbal untuk kesuburan. Ayah…
Selengkapnya

Buah untuk Memperbaiki Motilitas Sperma

Kualitas Sperma Meningkat Berkat Konsumsi Buah Sehat

Ketika sedang menjalani promil, mengonsumsi buah-buahan diperlukan untuk meningkatkan kondisi kesuburan. Termasuk untuk meningkatkan kualitas sperma hingga memperbaiki motilitas sperma. Pembuahan yang berhasil didukung…
Selengkapnya

Avatar photo
doctors
Buat Janji