Konsumsi Mangga Agar Kesuburan Terjaga

Konsumsi Mangga Agar Kesuburan Terjaga

Mangga menjadi salah satu jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi karena banyak kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk kesehatan dan juga kesuburan.

Salah satu jenis buah-buahan yang banyak disukai orang adalah mangga. Rasanya yang manis asam menyegarkan membuat mangga bisa dikonsumsi baik secara utuh maupun diolah menjadi berbagai hidangan.

Mangga memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, kandungannya bahkan juga baik untuk meningkatkan kondisi kesuburan. Yuk, simak sejumlah manfaat mengonsumsi buah mangga yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Buah Mangga

Komposisi gizi pada buah mangga dihitung per 100 gram berdasarkan Data Panganku:

  • Air: 86,6 gram
  • Kalori: 52 Kal
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat: 12,3 gram
  • Serat: 1,6 gram
  • Kalsium: 20 mg
  • Kalium: 140 mg
  • Fosfor: 16 mg
  • Vitamin C: 12 mg
  • Beta-karoten: 316 mcg
  • Vitamin A: 35 persen
  • Folat: 20 persen
  • Vitamin K dan Kalium: 8 persen

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada mangga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Berikut manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Menurunkan tekanan darah

Jika Ayah Bunda memiliki masalah dengan tekanan gula darah karena mengonsumsi makanan manis, jangan khawatir mangga memberikan efek yang berbeda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Oklahoma State University, menyebutkan jika kadar gula darah orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan menurun setelah rutin mengonsumsi mangga dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat penurunan kadar gula darah ini diduga karena kandungan senyawa aktif serta antioksidan yang terkandung pada buah mangga.

2. Baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kandungan vitamin A pada mangga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit serta rambut agar keduanya tetap lembab dan sehat. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin C, yang mana kombinasi keduanya diperlukan tubuh dalam menghasilkan kolagen.

Kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kulit keriput dan mengendur sebelum waktunya.

3. Menjaga kesehatan mata

Salah satu manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi mangga adalah membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini lantaran buah mangga mengandung dua jenis antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin, yang mana keduanya dapat membantu menjaga fungsi retina serta lensa mata.

Selain itu, dua antioksidan tersebut juga membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya dan dapat memperlambat perkembangan katarak hingga bahaya degenerasi makula.

Baca juga: 5 Makanan yang Ganggu Kesuburan 

4. Mencegah penyakit jantung

Mengonsumsi mangga dalam jumlah yang tepat juga membantu tubuh mencegah penyakit jantung. Pasalnya, mangga memiliki kandungan serat, vitamin, dan kalium yang dapat mencegah masalah jantung. Perlu Ayah Bunda ketahui, asupan kalium yang meningkat akan sebanding dengan zat sodium yang menurun dalam tubuh.

Jika Ayah Bunda mengonsumsi asupan buah manis dalam sehari maka kondisi ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaat Mangga untuk Kesuburan

Selain untuk manfaat bagi kesehatan, mangga juga baik untuk meningkatkan kesuburan. Mangga kaya akan sejumlah nutrisi, seperti antioksidan, vitamin B, vitamin C, dan karotenoid yang baik untuk Ayah Bunda yang menjalani promil.

Kandungan asam folat dan B6 pada mangga memiliki fungsi dalam melancarkan siklus menstruasi. Bahkan kandungan kalium di dalamnya dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Meski mangga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan membantu meningkatkan kesuburan, namun Ayah Bunda perlu melengkapi dengan asupan bergizi lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga yang teratur dan ubah gaya hidup menjadi sehat. Yuk, segera periksakan diri ke klinik fertilitas terdekat!

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Khoo, HE., et al. (2019). Nutrients for Prevention of Macular Degeneration and Eye-Related Diseases. Antioxidants (Basel). 2019 Apr; 8(4): 85. 
  • Okuyama, Y., et al. (2014). Inverse associations between serum concentrations of zeaxanthin and other carotenoids and colorectal neoplasm in Japanese. Int J Clin Oncol 19, 87–97 (2014). 
  • Jahurul, MHA., et al. (2015). Mango (Mangifera indica L.) by-products and their valuable components: a review. Food Chem. 2015 Sep 15:183:173-80.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji