8 Jenis Buah Kaya Antioksidan yang Baik untuk Kesuburan

8 Jenis Buah Kaya Antioksidan yang Baik untuk Kesuburan

Mengonsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan kesuburan.

Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki peran dalam memperlambat maupun mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Senyawa ini terdapat pada makanan maupun buah-buahan. Jika kebutuhannya terpenuhi di dalam tubuh maka dapat membantu tubuh terlindungi dari efek radikal bebas.

Pasalnya, radikal bebas yang menumpuk dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker. Oleh sebab itu, kebutuhan antioksidan yang cukup diperlukan oleh tubuh. Senyawa antioksidan bisa didapatkan dari suplemen maupun konsumsi buah-buahan.

Baca juga: Antioksidan, Benarkah Meningkatkan Kesuburan Pria? 

Buah yang Mengandung Antioksidan Tinggi

Berikut beberapa buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang baik untuk kesehatan dan juga dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

1. Stroberi

Buah yang memiliki warna merah ini kaya akan antioksidan. Stroberi memiliki kandungan asam elagik yang merupakan senyawa antioksidan. Berperan dalam mencegah radikal bebas serta mencegah beberapa penyakit, seperti kanker. Tidak jarang, asam elagik juga digunakan dalam produk-produk kecantikan.

2. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beragam kandungan, mulai dari protein, vitamin C, kalsium, kalium, hingga serat. Tidak hanya itu, jeruk juga kaya akan antioksidan flavonoid dan karotenoid.

Keduanya membantu dalam menambah daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi pembuluh darah dalam tubuh, hingga menurunkan tekanan darah.

3. Kiwi

Kiwi termasuk sebagai salah satu yang mengandung antioksidan tinggi. Kiwi memiliki daging berwarna hijau serta rasa manis yang segar membuat buah ini digemari oleh semua kalangan.

Vitamin C pada kiwi berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan imun tubuh serta membentuk kolagen dan neurotransmitter.

4. Bluberi

Salah satu jenis buah beri yang kaya akan antioksidan adalah bluberi. Bluberi mengandung berbagai jenis antioksidan, salah satunya antosianin.

Jenis antioksidan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah peningkatkan kolesterol jahat (LDL).

Mengonsumsi buah bluberi secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini, mencegah infeksi saluran kemih, hingga meningkatkan fungsi otak.

5. Rasberi

Sama seperti jenis buah beri lainnya, rasberi merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada buah rasberi dapat mencegah kanker payudara dan kanker lambung.

Buah ini juga menjadi salah satu sumber serat, vitamin C, bahkan mineral yang baik untuk tubuh.

6. Alpukat

Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini? Alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta membantu fungsi kognitif.

7. Delima

Jika Ayah Bunda ingin mengonsumsi jenis buah lain yang mengandung antioksidan tinggi, maka buah delima bisa menjadi pilihan. Terdapat beberapa jenis antioksidan pada buah ini, seperti tanin terhidrolisis, punikalagin, dan antosianin. Ketiganya memiliki sifat sebagai antiinflamasi, antihipertensi, serta antiatherogenik. Sehingga jika mengonsumsi buah ini secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh.

8. Mangga

Mangga memiliki berbagai kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat pada mangga adalah beta-karoten. Perannya dalam memberikan warna kuning-oranye pada mangga, zat ini juga berperan dalam melawan radikal bebas.

Baca juga: Resep Tumis Wortel, Menu Sehat yang Baik untuk Kesuburan Pria

Peran Antioksidan untuk Kesuburan

Antioksidan memiliki peranan penting dalam mencegah radikal bebas. Radikal bebas yang tinggi bisa menyebabkan kondisi stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak sel, termasuk sel telur dan sperma sehingga dapat mengganggu kesuburan.

Bahkan, stres oksidatif bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti keguguran berulang, preeklampsia, hingga kematian janin. Dengan adanya antioksidan dalam tubuh dapat membantu mengatasi hal tersebut.

Tidak hanya membantu menunda proses penuaan dan meningkatkan kesehatan, antioksidan juga dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi pria dan wanita.

Demikian penjelasan terkait beberapa jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi serta peran antioksidan terhadap kesuburan. Ayah Bunda jangan khawatir, imbangi dengan melakukan gaya hidup sehat seperti olahraga secara rutin, serta mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar promil yang dijalani memiliki peluang keberhasilan yang tinggi.

Artikel ini ditinjau secara medis oleh dr. Chitra Fatimah

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

Referensi
  • Cioppi, F., et al. (2021). Genetics of Azoospermia. Int J Mol Sci. 2021 Mar; 22(6): 3264. 
  • Chiu, YH., et al. (2017). What Does a Single Semen Sample Tell You? Implications for Male Factor Infertility Research. Am J Epidemiol. 2017 Oct 15; 186(8): 918–926. 
  • Kumar, N., Singh, AK. (2015). Trends of male factor infertility, an important cause of infertility: A review of literature. J Hum Reprod Sci. 2015 Oct-Dec; 8(4): 191–196.
Avatar photo
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
[caldera_form id="CF6195e2bd61123"]
Buat Janji