Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres dan Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres

Wanita yang mengalami telat haid bisa disebabkan oleh stres. Hal ini menyebabkan gangguan haid yang disertai dengan gejala lainnya.

Wanita yang mengalami stres bisa mengalami gangguan haid seperti siklusnya menjadi lebih panjang, siklusnya yang tidak teratur, atau bahkan tidak haid sama sekali. Stres dapat memengaruhi bagian otak, yakni hipotalamus, kelenjar yang mengatur siklus menstruasi. Kondisi tersebut dapat memengaruhi produksi hormon reproduksi, estrogen dan progesteron.

BACA JUGA: Wajib Diketahui, 10 Tanda-Tanda Haid Akan Datang

Selain itu, stres bisa menyebabkan produksi hormon kortisol tinggi sehingga dapat mengganggu fungsi hormon lainnya. Bahkan pada kasus tertentu, stres juga bisa memicu nyeri saat menstruasi. Maka dari itu, tidak heran jika kondisi tersebut bisa memengaruhi siklus menstruasi.

Lantas, bagaimana ciri-ciri telat haid karena stres?

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Ciri-Ciri Haid Telat Karena Stres

Umumnya, siklus haid yang normal adalah 24-38 hari. Namun, siklus menstruasi berbeda masing-masing wanita. Bagi wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur, maka periode haid bisa berlangsung lebih panjang, pendek, atau tidak sama sekali.

Gangguan menstruasi yang disebabkan stres bisa ditandai dengan beberapa ciri-ciri, seperti:

  • Periode haid lebih pendek atau lebih lama dari biasanya
  • Tidak menstruasi lebih dari 6 minggu hingga berbulan-bulan
  • Haid mungkin disertai nyeri
  • Periode haid bisa lebih singkat atau lebih lama

Telat menstruasi yang disebabkan stres juga bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Frekuensi buang air kecil yang lebih sering
  • Bernapas lebih cepat
  • Sakit perut
  • Diare

Baca Juga : 5 Obat Nyeri Haid yang Aman Dikonsumsi

Selain disebabkan oleh stres, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan menstruasi Anda terlambat, seperti:

  • Penggunaan alat kontrasepsi (KB) hormonal
  • Berat badan rendah atau berlebihan
  • Melakukan olahraga secara berlebihan
  • Mengonsumsi obat tertentu
  • Hamil

Telat Haid Karena Stres Berapa Hari?

Wanita yang mengalami telat haid karena stres bisa berlangsung selama lima hari atau lebih dari jadwal menstruasi. Namun, durasinya sendiri berbeda-beda tergantung faktor yang memengaruhi, seperti siklus haid individu, tingkat stres yang dialami, dan kemampuan dalam mengatasi stres.

Jika tingkat stres yang dialami akut maka bisa menyebabkan telat haid selama beberapa hari namun jika stres telah mencapai tingkat kronis bisa berbulan-bulan tidak mengalami menstruasi.

Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat Karena Stres?

Telat menstruasi karena stres bisa diatasi dengan cara mengelola stres dengan baik. Anda bisa menguranginya dengan beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengembalikan siklus menstruasi kembali normal.

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari konsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan, kafein, alkohol, dan makanan olahan.

  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Melakukan latihan pernapasan atau meditasi
  • Berhenti merokok
  • Istirahat yang cukup.

Melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton film, berkumpul dengan temanl hingga melakukan sesuatu yang Anda sukai.

Jika stres yang dialami telah mencapai tingkat yang akut maka Anda perlu berbicara atau melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Nantinya, psikolog atau psiliater dapat membantu Anda memahami penyebab stres.

Pada beberapa kasus mungkin akan membutuhkan terapi perilaku kognitif dan obat-obatan seperti antidepresan. Obat antidepresan bisa diberikan jika Anda mengalami tingkat kecemasan atau depresi dengan tingkat yang akut.

Jangan anggap remeh jika Anda mengalami telat haid. Kondisi ini bisa menjadi suatu gejala kondisi medis tertentu.  Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab telat haid. Jika penyebabnya akibat stres maka Anda dapat melakukan konsultasi pada psikolog atau psikiater.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Sievert, L. L., et al. (2018). Stress and midlife women’s health. Womens Midlife Health. 2018 Mar 16; 4:4. 
  • National Health Service. Stopped or missed periods.
Avatar photo
Share:

 

6 Responses

  1. Riska berkata:

    Bulan kemarin saya haid tanggal 11 bulan sekarang saya belum haid sampe saat ini tapi sering sakit perut,lemas dan pegal” Dan biasanya keputihan tetapi sekarang keputihannya mengurang.gejala apa yang saya alami?

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Riska,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter.

      Klik disini

  2. Nanda hul zakiyah berkata:

    Kemari saya pergi mundok nah waktu saya mondok selama dua bulan kok belum haid gitu, sebelumya perut saya udah sakit saya kirain haid malh ndk kirakira apa penyebab nya

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Nanda,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter

      Klik disini

  3. Anisha berkata:

    Haid saya buln ini selama 5 hari berturut keluar nya sangat banyak hingga bisa 1 jam 1x gnti pembalut perut keram pinggul nyeri biasanya ga pernah bgni

    • Avatar photo Bocah Indonesia berkata:

      Hallo Bunda Anisha,

      untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat sebaiknya konsultasi lebih lanjut ke Ferly (Admin Bocah Indonesia) untuk penjadwalan Dokter yang tepat

      Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji