5 Minuman Untuk Menghilangkan Nyeri Haid dan yang Harus Dihindari

minuman untuk menghilangkan nyeri haid

Nyeri haid pada saat menstruasi tentu membuat rasa tidak nyaman. Rasa sakit yang ditandai dengan kram di bagian bawah perut terkadang membuat aktivitas terganggu. Biasanya, nyeri haid dirasakan pada saat sebelum hingga masa haid berakhir. Mengonsumsi minuman untuk menghilangkan nyeri haid bisa menjadi alternatifnya.

Nyeri haid atau yang disebut dismonorea terbagi menjadi dua, dismonorea primer dan dismonorea sekunder. Penyebab nyeri haid keduanya masing-masing berbeda.

Dismonorea merupakan nyeri haid yang paling umum dialami wanita pada saat menstruasi. Rasa sakitnya disebabkan oleh konstraksi rahim. Tak perlu khawatir, dismonorea primer merupakan hal wajar pada saat menstruasi.

Penyebab dismonorea primer diantaranya mengalami menstruasi pertama sebelum usia 11 tahun, perokok aktif, stress berlebihan, dan memiliki periode menstruasi lebih lama.

Sementara, dismonorea sekunder merupakan nyeri haid yang disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Dismonorea sekunder atau nyeri haid tidak normal disebabkan oleh beberapa kondisi medis seperti endometriosis, miom, kista, adenomiosis, penyakit radang panggul, cacat tertentu pada organ produksi sejak lahir, hingga kondisi medis penyakit crohn dan gangguan pada kemih.

Penyebab dismonorea sekunder harus lebih diwaspadai. Jika mengalami penyakit-penyakit tersebut maka harus segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Selain itu, nyeri haid juga bisa disebabkan oleh siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh aliran darah yang mengalir lebih berat daripada biasanya. Siklus menstruasi normalnya adalah 28 hari dengan masa priode menstruasi selama 7 hingga 8 hari.

Nyeri haid membuat rasa tidak nyaman hingga kerap mengganggu aktivitas, hal ini tentu sangat mengganggu. Tak sedikit para wanita memilih untuk mengonsumsi minuman untuk menghilangkan rasa nyeri haid.

Minuman Untuk Menghilangkan Nyeri Haid

Minuman yang dapat menghilangkan nyeri haid biasanya terbuat dari bahan alami seperti rempah-rempah yang dapat membantu mengurangi sakit kram pada perut. Namun tak jarang banyak wanita mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung ibuprofen.

Minuman alami ini selain dapat ditemui di pusat perbelanjaan juga dapat dibuat sendiri dengan mudah. Berikut minuman yang dapat menghilangkan rasa nyeri haid.

Air Putih Hangat

Minuman alami yang dapat membantu untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid adalah air putih hangat. Air putih hangat dipercaya bisa membantu meredakan rasa nyeri kram pada perut saat menstruasi. Selain itu, air putih hangat diperlukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selain meredakan rasa nyeri, air putih hangat sangat baik untuk kesehatan juga dapat memberikan energi pada tubuh.

Air Jahe

Air jahe juga menjadi salah satu minuman pereda rasa nyeri pada haid. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan rasa nyeri. Selain itu, salah satu rempah yang mudah ditemukan ini juga dapat menghambat produksi prostaglandin yang dapat memicu konstraksi.

Cara membuat minuman air jahe ini juga cukup mudah.

  1.   Bersihkan jahe dari kulitnya kemudian iris tipis-tipis.
  2.   Masukkan irisan jahe ke dalam panci yang berisikan air.
  3.   Masak air jahe hingga mendidih agar jahe meresap.
  4.   Saring air jahe, diamkan selama 5 menit sebelum dikonsumsi.
  5.   Air jahe siap disajikan.

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam dipercaya sebagai salah satu minuman yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri pada saat menstruasi. Minuman yang mengandung rempah alami ini selalu menjadi pilihan para wanita pada saat nyeri haid melanda.

Cukup populer untuk meredakan nyeri haid membuat jamu kunyit asam kini dibuat dalam bentuk kemasan sehingga mudah ditemui di minimarket atau supermarket. Namun jika ingin membuat jamu kunyit asam, caranya cukup mudah.

  1.   Bersihkan kunyit dari kulitnya
  2.   Iris kunyit menjadi beberapa bagian
  3.   Parut atau blender hingga kunyit halus
  4.   Rebus campuran kunyit dengan air
  5.   Tambahkan asam jawa, biarkan hingga asam jawa larut dengan campuran kunyit
  6.   Jamu kunyit asam siap disajikan

Teh Chamomile

Teh chamomile dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri haid. Teh chamomile mengandung senyawa hippurate dan glisin yang dapat membantu meredakan kejang otot dan dapat membuat rahim lebih rileks.

Seperti jahe, teh chamomile juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kram pada bagian perut bawah. Selain itu, bunga chamomile juga memiliki kandungan penenang yang bekerja ke langsung pada sistem saraf sehingga membantu menenangkan suasana hati pada saat menstruasi.

Saat ini, jenis teh chamomile banyak diperjual belikan di minimarket maupun supermarket. Jika ingin membuat sendiri teh chamomile sendiri juga caranya cukup mudah.

  1.   Rebus air di dalam panci
  2.   Masukkan satu sendok teh chamomile, masak hingga mendidih
  3.   Angkat rebusan teh chamomile dari api
  4.   Diamkan selama 5 menit, teh chamomile siap disajikan

Jus Nanas

Nanas merupakan buah yang memiliki kandungan kaya akan mineral. Sifat antioksidan yang dimiliki nanas juga dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada saat menstruasi.

Nanas juga mengandung enzim bromelain yang terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan dapat membantu relaksasi otot pada saat kontraksi haid.

Cara membuat jus nanas sendiri cukup mudah.

  1.   Siapkan buah nanas yang telah dikupas kulitnya.
  2.   Potong buah nanas menjadi beberapa bagian.
  3.   Campur buah nanas dengan air kemudian blender hingga halus.
  4.   Jus nanas siap disajikan.
teh chamomile untuk menghilangkan nyeri haid

Minuman yang Harus Dihindari Saat Haid

Tak hanya minuman yang dapat menghilangkan nyeri, ada beberapa minuman yang juga harus dihindari saat menstruasi. Biasanya, minuman yang harus dihindari adalah minuman yang dapat membuat rasa tidak nyaman pada saat menstruasi.

Berikut minuman yang harus dihindari pada saat haid.

Minuman yang mengandung kafein

Minuman yang mengandung kafein menjadi salah satu minuman yang harus dihindari pada saat menstruasi.  Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dapat meredakan rasa nyeri dan perut kembung.

Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol juga harus dihindari pada saat menstruasi. Alkohol dapat meningkatkan produksi estrogen dan testoteron dalam tubuh. Sebab jika produksi estrogen dan testosterone terlalu banyak dapat membuat perubahan suasana hati. Alkohol juga dapat menurunkan kadar gula darah yang membuat tubuh menjadi lemas hingga pusing.

Minuman yang mengandung banyak gula

Minuman bersoda atua minuman yang mengandung banyak gula juga harus dihindari pada saat menstruasi. Minuman bersoda dapat membuat perut kembung sehingga membuat rasa tidak nyaman pada saat menstruasi.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid bisa diatasi dengan cara yang mudah dilakukan di rumah, seperti mengompres perut bagian bawah dengan air hangat, olahraga, atau minum obat Pereda nyeri jika diperlukan. Jika nyeri haid terasa berlebihan maka pengobatan akan diberikan oleh dokter berdasarkan penyebabnya. Perawatan yang akan diberikan mulai dari obat-obatan hingga penanganan serius seperti operasi.

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum juga hamil setelah berupaya selama dua belas bulan atau lebih (atau enam bulan jika usia perempuan di atas 35 tahun), kami menyarankan Anda untuk melakukan penilaian kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Jadwalkan konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau dengan mengisi formulir melalui tombol dibawah.

  1. Hi Pontianak. “4 Minuman Pereda Nyeri Saat Haid” Source . Diakses 16 Agustus. 2021.
  2. Junia In, Xandra. “5 Minuman Pereda Nyeri Haid, Jangan Langsung Obat!” Source. Diakses 16 Agustus. 2021
  3. https://www.avogel.co.uk/health/periods/6-drinks-to-help-period-cramps/
  4. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30545531/
  5. https://www.healthline.com/nutrition/tea-for-cramps
bocah indonesia green
Share:
  • 176
    Shares

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

doctors

Silahkan isi data berikut untuk mengetahui Paket/Layanan yang cocok untuk Ayah/Bunda.

Cek layanan?
ferly slime