Cek Ukuran Sel Telur, Yakin Pasti Subur?

Cek Ukuran Sel Telur, Yakin Pasti Subur

Sel telur memiliki peranan penting pada sistem reproduksi wanita, terutama dalam proses pembuahan. Pembuahan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sperma Pembuahan ini akan terjadi ketika sel telur matang dan dilepaskan oleh ovarium untuk dibuahi.

Pada dasarnya, ukuran sel telur yang normal mencapai 18-24 mm. Ukuran sel telur ini bisa dikatakan lebih besar daripada sel sperma sendiri dan memiliki bentuk yang bulat. Ketika sel telur telah mencapai ukuran tersebut maka sel telur siap dibuahi.

Sel telur yang matang akan dilepaskan oleh ovarium ke tuba falopi. Proses ini yang disebut sebagai ovulasi. Jika sel telur bertemu dengan sel sperma maka akan dibuahi dan terjadi kehamilan.

Baca juga: Apakah Sel Telur Wanita Bisa Habis? 

Cek Ukuran Sel Telur Dilakukan Hari ke Berapa?

Sel telur bisa diketahui dengan melakukan USG transvaginal. Nah, pemeriksaan ini bisa dilakukan pada hari ke-2 hingga ke-5 menstruasi. Melalui USG transvaginal ini juga membantu mengetahui berapa jumlah dan ukuran folikel pada ovarium.

Tanya Ferly tentang Promil?

New CTA WA

Perlu diketahui, sel telur telah diproduksi sejak berada di dalam kandungan. Pada saat usia kehamilan 6 bulan, janin telah memproduksi 7 juta oosit atau sel telur yang belum matang. Dari 7 juta oosit tersebut, sebagian besar akan mati ketika bayi lahir. Jangan khawatir, itu merupakan hal yang normal terjadi.

Seiring bertambahnya usia, jumlah sel telur juga akan menurun. Bahkan ketika wanita memasuki masa pubertas, jumlah sel telur hanya 500 ribu dan jumlahnya akan terus berkurang hingga dewasa.

Menurut dr. Beeleonie, BMedSc, SpOG – KFER, dokter spesialis obstetri dan kandungan Bocah Indonesia, menyebutkan jika jumlah indung telur atau ovarium akan mengeluarkan 1000 sel telur setiap bulannya melalui menstruasi.

Meski begitu, jumlah sel telur yang sedikit bukan berarti seorang wanita tidak dapat hamil karena hanya satu sel telur yang akan dibuahi oleh sperma. Apalagi ketika seorang wanita telah menginjak usia 35 tahun maka sel telur akan berkurang dan kualitasnya akan menurun.

Baca juga: Fakta Mengenai Sel Telur dan Efeknya pada Kehamilan

Bagaimana Jika Ukuran Sel Telur Kecil?

Ukuran sel telur yang kecil merupakan istilah medis yang sering digunakan ketika sel telur belum berkembang atau matang. Kondisi ini disebut sebagai immature ovum. Sel telur yang belum matang akan mulai aktif saat wanita memasuki masa pubertas.

Jika sel telur belum matang maka ukurannya belum atau tidak mencapai ukuran normal pada umumnya. Ketika wanita memasuki masa pubertas maka kelenjar pituitari pada otak akan bekerja. Kelenjar ini akan membuat hormon yang merangsang ovarium untuk memproduksi hormon seks wanita dan mematangkan sel telur.

Kondisi immature ovum ini yang membuat sperma tidak dapat membuahi karena kondisinya yang belum matang sehingga sulit untuk cepat hamil. Meski begitu, kondisi sel telur kecil bisa diatasi dengan beberapa metode pengobatan yang disesuaikan dengan penyebabnya masing-masing sehingga masih ada peluang kehamilan.

Setelah bunda mengetahui cara melihat ukuran sel telur melalui USG transvaginal pada hari kedua hingga kelima menstruasi,pastinya kita semakin sadar akan kesehatan reproduksi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Jangan lupa, bagikan artikel ini untuk para Bunda lainnya, yuk!

cheer

Jadwalkan Konsultasi

Jika Anda belum hamil setelah satu tahun usia pernikahan, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kesuburan dengan spesialis fertilitas kami.

Buat janji konsultasi dengan menghubungi kami di (021) 50200800 atau chat melalui Whatsapp melalui tombol di bawah.

  • Anderson, R.A., Telfer, E.F. (2018). Being a good egg in the 21st century. Br Med Bull. 2018 Sep 1;127(1):83-89. 
  • Dilawar, M.A., et al. (2021). Egg Quality Parameters, Production Performance and Immunity of Laying Hens Supplemented with Plant Extracts. Animals (Basel). 2021 Apr; 11(4): 975. 
  • Scheffer, G.J., et al. (2003). The number of antral follicles in normal women with proven fertility is the best reflection of reproductive age. Human Reproduction, Volume 18, Issue 4, April 2003, Pages 700–706. 
  • Palatnik, A., et al. (2012). What is the optimal follicular size before triggering ovulation in intrauterine insemination cycles with clomiphene citrate or letrozole? An analysis of 988 cycles. Volume 97, Issue 5, P1089-1094.E3, May 2012.
Avatar photo
Share:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

doctors
Buat Janji